Lokakarya Mini 2 Puskesmas

oleh

Kutacane (Agaranews) – Lokakarya mini lintas sektoral UPTD. Puskesmas perawatan Lawe Perbunga, dan Puskesmas Gurgur Pardomuan Kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara(Agara) diadakan pada hari Kamis(15/3) pukul 10.05 Wib. Adapun tema Lokakarya mini lintas sektoral adalah “Sehat masyarakatku, sehat Agaraku, sehat Indonesiaku” bersama kita bisa!!

Camat Babul Makmur, Syamsul Hayat, S.Ag dalam sambutannya mengatakan, bahwa Lokakarya ini dilaksanakan karena ada masalah kesehatan di desa. Masalah kesehatan adalah sangat penting, untuk Kepala-kepala desa sisihkan dana desa untuk kesehatan 10 %. Buatlah Tong sampah di rumah-rumah, dan Petugas sampah. Dapat dikutip Rp.10.000,-dari warga untuk pengangkutan sampah, agar dapat juga mengurangi pengangguran, ujarnya.”

Anggota DPRK Aceh Tenggara, Arnold Napitupulu,SH  dalam sambutannya mengucapkan, terkadang kesehatan menjadikan jiwa yang sehat. Sesuai Permenkes no.74,39,44 tentang standarisasi kesehatan.Saya yakin dan percaya Lokakarya ini menghasilkan kesan dan pesan yang baik di masyarakat. Perlunya penggalangan Tong sampah. Lebih lanjut,Arnold Napitupulu,SH  yang berasal dari Fraksi Golkar dan Ketua Baleg DPRK Aceh Tenggara mengutarakan bahwa ada 8 penderita gizi buruk di kecamatan Babul Makmur.

Sedangkan dari Dinas kesehatan Aceh Tenggara, yang diwakili Kabid pelayanan dan SDM, Marlina mengutarakan, bahwa dia hampir 6 tahun jadi Kabid, dan masalah-masalah kesehatan ini seharusnya sudah dimusrenbangkan di desa, serta dapat disepakati di Lokakarya ini. Lokakarya mini kami lakukan 4 kali dalam setahun, sehingga masalah-masalah kesehatan dapat diatasi. Untuk Puskesmas-puskesmas ada Ambulance gratis, Di Ambulance  ada nomor HP. Yang ditempelkan. Bidan –bidan PTT sudah diangkat jadi  PNS. Bidan desa harus tinggal dan aktif di desa, Kalau ada Bidan desa tidak aktif, laporkan kepada Puskesmas. Masalah sampah kalau tidak diangkat akan menimbulkan bau busuk. Dalam kesempatan itu, Kabid pelayanan dan SDM Dinkes Agara memohon kepada anggota DPRK Agara untuk koordinasi  kepada Dinas kebersihan dan Lingkungan hidup. Puskesmas perawatan Lawe Perbunga tahun 2018 akan disurvei untuk akreditasi dari Kementerian kesehatan, dan Puskesmas harus menyiapkan Kotak saran,serta  nomor HP. Untuk masukan dan kritik warga,ucapnya.”

Pantauan Jurnalis Baranews.Aceh, hadir anggota DPRK Agara, Arnold Napitupulu, SH;  Camat Babul Makmur, Syamsul Hayat, S.Ag; Kabid pelayanan dan SDM Dinkes Agara, Marlina; Kapuskesmas  perawatan Lawe Perbunga, Salena, SKM; Kapuskesmas Gurgur Pardomuan, dr. Indah Tambunan; Kasie Pemberdayaan masyarakat desa Kantor Camat Babul Makmur, Junaedy, S.Pdi; Staff Dinas PUPR; Staff PKB; dan Kepala-kepala desa se-kecamatan Babul Makmur.(P.Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *