TAID Kabupaten hadiri Musrenbang desa Sejahtera Baru

oleh

*Masyarakat mempertanyakan Baliho APBDes tidak ada

*Pengurus BUMk belum terbentuk

*Kepala desa ini disinyalir pernah ”menyuap” Rp.10 juta

Kutacane (AGARANEWS) Tenaga ahli inovasi desa(TAID) kabupaten bidang infrastruktur, M.Asri, ST menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) desa sejahtera Baru kecamatan Babul Makmur Kabupaten Aceh Tenggara. Pantauan Jurnalis Baranews.Aceh di lapngan, hadir Kepala desa(Pengulu kute) Sejahtera Baru, M.Hutauruk ; Babinsa; Pendamping desa(PD), Pandi, SE; Pendamping local desa(PLD), Tri Hajrah.

Adapun usulan warga adalah, pembukaan jalan 500 m, pengerasan jalan sepanjang 500 m, Saluran pembuangan air limbah (SPAL) dengan panjang 400 m, Tembok penahan tanah(TPT) sepanjang 100 m, Posyandu untuk lansia dan gizi balita, Drainase,bantuan pendidikan untuk anak sekolah, Pipa air minum, dan simpan pinjam perempuan(SPP).

Konfirmasi Wartawan media ini di desa Sejahtera Baru, bahwa banyak masyarakat kurang puas terhadap kepemimpinan dan kinerja kepala desa, M.Hutauruk. Hal tersebut diungkapkan oleh warga yang tidak bersedia namanya dipublikasikan. “Kami warga desa Sejahtera Baru, sudah lama dan banyak mengadu ke Camat dan inspektorat Aceh Tenggara, tetapi sampai sekarang sepertinya tidak digubris. Kami sudah malas mengikuti musrenbang, karena hasil musrenbang sering tidak sinkron dilapangan,ujarnya.”

Lebih lanjut, warga yang lain mengatakan uneg-unegnya kepada Juru warta ini, bahwa musrenbang tahun yang lalu Kepala desa membuat proyek air minum dengan janji airnya akan muncrat 2 m keatas dan diuji ke Laboratorium, tetapi kenyataannya tidak ada, dan airnya tidak layak diminum, serta tagihan listriknya mahal,ucapnya.” Di himbau kepada Camat, Inspektorat Aceh Tenggara untuk memperhatikan desa Sejahtera Baru sesuai dengan Permendagri no.113 Tahun 2014 tentang Baliho APBDes, Permendes no.19 Tahun 2017 tentang prioritas penggunaan dana desa, BUMk desa Sejahtera Baru, dan audit investigatif  penggunaan dana desa Tahun 2017.(P.Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *