Wakil Bupati Aceh Tenggara Buka Musrenbang Kabupaten

oleh

Kutacane (AGARANEWS)  Wakil Bupati Aceh Tenggara, Bukhari membuka Forum Satuan kerja perangkat kabupaten(SKPK) dan Musrenbang RKPK Kabupaten, pada hari Senin(26/3) Pukul 09.50 Wib di Gedung Bappeda Aceh Tenggara. Dalam sambutannya, Bukhari mengatakan  bahwa pelaksanaan rapat forum SKPK Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2018 merupakan amanat UU no.25 Tahun 2004 tentang system  perencanaan pembangunan nasional, PP no.40 Tahun 2006, PP,no.8 Tahun 2008, dan Permendagri no.86 Tahun 2017,dan visi-misi Kabupaten Aceh Tenggara.

Adapun bidang-bidang yang akan dibahas dan didiskusikan dalam Forum SKPK dan Musrenbang RKPK Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2018,terdiri dari pembangunan fisik, sosial, dan ekonomi. Pantauan wartawan dalam bidang ekonomi dan ketenagakerjaan yang  mencakup Dinas pertanian, Dinas pangan, Dinas perikanan, Dinas Koperasi,UKM,dan Transmigrasi, dan Dinas perdagangan,perindustrian,dan Tenaga kerja.

Usulan masyarakat dari Musrenbang desa,kecamatan, tidak dapat ditampung oleh Dinas pangan,karena perwakilan Dinas pangan tidak diundang/diikutkan dalam Musrenbang kecamatan. Dalam bidang Dinas Koperasi,UKM,dan Transmigrasi yang terdiri dari 5 kecamatan diusulkan bantuan usaha kecil dan menengah, bantuan modal Koperasi, kewirausahawan Koperasi, pengadaan bantuan usaha kecil menengah yang diusulkan warga dari kecamatan Babul Makmur.

Sedangkan Di Dinas perikanan warga mengusulkan pengadaan bibit Ikan Jurung,dan Ikan Mas, Bantuan budidaya Ikan, Bantuan Bibit Ikan Mas, Lele, dan Pakan; rehabilitasi Kolam ikan masyarakat, dan pembangunan Gedung tempat pelelangan Ikan. Di Dinas pertanian,warga mengusulkan pengadaan bantuan Bibit Jagung,Padi, dan Kakao; pengadaan bantuan Pupuk dan Obat-obatan pertanian, pengadaan bantuan ternak Sapi,Kambing, pengadaan bantuan Bibit Kopi Tim-tim super,penggemukan Sapi, dan bantuan Handtractor 22 desa di kecamatan Deleng Pekhison.

Form usulan kesepakatan program/kegiatan rapat  kecamatan di Dinas Perindustrian, perdagangan, dan ketenagakerjaan adalah pengadaan Mesin jahit,pengadaan Mesin Las, Steling jual Mie goring, Wajan Gula merah 10 liter, bantuan tenda dagang, bantuan untuk Pedagang dan Kios BUMk. Dalam BUMK yang dipertanyakan salah satu peserta Musrenbang kepada Kabid Dinas perdagangan,perindustrian, dan ketenagakerjaan, bahwa BUMk dapat menjual Tabung gas/Gas asal ada badan hukum, rekomendasi kepala desa, rekomendasi Camat ,NPWP, dan koordinasi Distributor,ucapnya.” (P.Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *