404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Bupati dan Wakil Bupati Karo Tebar Benih Ikan Nila di Tambak Mbelang Susuk, Kecamatan Tiganderket

Tanah Karo, AgaraNews. Com // Bupati Karo , Cory Sriwaty Sebayang bersama Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting melakukan Re Stocking atau Penebaran Benih Ikan Nila di Tambak Mbelang Susuk, Desa Susuk Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo, Senin (18/03/2024). Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa “dalam rangka menjaga dan melestarikan keanekaragaman ekosistem hayati dan meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum khususnya di Desa Susuk yang berpotensi untuk pengembangan perikanan yang berkelanjutan maka dilakukan Re Stocking atau Penebaran Ikan Nila di Tambak Mbelang Desa Susuk ini sebanyak 110.000 ekor”, ungkap Bupati Karo. Pada kegiatan ini Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang berharap dengan adanya kegiatan ini maka pelestarian sumber daya ikan yang ada di Tambak Mbelang Susuk mampu meningkatkan stok ikan yang dapat ditangkap oleh masyarakat serta dapat melestarikan “Budaya Ndurung” untuk menyambut kerja tahun Desa Susuk. Masyarakat desa Susuk juga menyampaikan aspirasi kepada Bupati Karo terkait jalan rusak menuju Desa Susuk. Menanggapi hal tersebut, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang melalui Kadis PUTR Kab. Karo Edward Sinulingga, ST menyampaikan bahwa terkait perbaikan jalan ke Desa Susuk sudah diusulkan bantuan keuangan ke Provinsi. “Ini sudah menjadi perhatian kami, untuk perbaikan jalan ke Desa Susuk ini sudah diusulkan bantuan keuangan ke Provinsi dan mudah-mudahan terealisasikan tahun ini”, ungkap Kadis PUTR.

Dalam hal ini, masyarakat Desa Susuk melalui Kepala Desa Susuk, Jesaya Muham juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Karo yang sudah menepati janji atas terealisasinya Penebaran Benih Ikan Nila Tahun 2024 di Desa Susuk.            ( Lia Hambali)

(Sumber : Diskominfo)

Bupati Karo Terima Kunjungan Diskusi Dari Pusat Unggulan IPTEK Pariwisata Berkelanjutan Universitas Sumatera Utara

 

Tanah Karo, AgaraNews. Com // Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang terima kunjungan diskusi dari Pusat Unggulan IPTEK Pariwisata Berkelanjutan Universitas Sumatera Utara (USU) di ruang rapat bupati, Kantor Bupati Karo Senin, 18/03/2024. Diskusi ini terkait dengan penelitian yang sedang dijalankan oleh Pusat Unggulan IPTEK Pariwisata Berkelanjutan USU dengan judul “ Kajian Penerapan Pariwisata Berkelanjutan di Merek, Karo Indonesia” dan sekaligus memperkenalkan Prof. Sarah Gardiner dari Griffith University Institute For Tourism, Australia yang merupakan mitra dalam penelitian ini.

Dalam sambutannya, Bupati Karo menyambut baik atas kunjungan ini. Peran akademis sangatlah penting dalam memberikan masukan untuk pembangunan sektor pariwisata antara lain melalui kajian ilmiah. Harapan ke depan tim dari USU beserta Griffith University Institute For Tourism Australia dapat memberikan masukan terkait pengembangan objek wisata di karo, khususnya di Kecamatan Merek. Bupati Karo juga berkesempatan memberikan oleh- oleh khas karo kepada Prof. Sarah Gardiner dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir dalam dalam diskusi ini Prof. Ir. Nurlisa Ginting, M. Sc. PHd. IPM, Kepala Pusat Unggulan IPTEK Pariwisata Berkelanjutan USU; Prof. Sarah Gardiner perwakilan Griffith University Institute For Tourism Australia; Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kab. Karo.(Lia Hambali)

Sumber : DISKOMINFO

Bupati Dairi Eddy Berutu, Serahkan Sembako untuk Lansia dan Penyandang Disabilitas

 

Dairi, Agara News.com // Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata ( Ny.Eddy Berutu ), menyerahkan sembako kepada Lanjut Usia ( Lansia ) dan penyandang Cacat Pisik (disabilitas ) yang ada di Kecamatan Siempat Nempu, dan juga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebanyak 10 paket kepada Balita, di halaman Kantor Camat Siempat Nempu, pada hari Senin,18/3/2024.

Saat menyerahkan sembako, Eddy Berutu berpesan “agar bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin dan kiranya dapat meringankan sedikit beban para penerima. “Ini adalah sebagai bentuk ketulusan hati kami. Jangan di lihat seberapa banyak nilai yang bisa kami berikan, namun, lihatlah ketulusan hati kami. Semoga hal ini bisa meringankan sedikit beban amang/inang,” Ujar Bupati Edy Berutu.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri para pimpinan OPD Pemkab Dairi, Camat Siempat Nempu Binuar Malau, Kades Se-Kecamatan Siempat Nempu, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA Se-Kecamatan Siempat Nempu.

( Biro Agara News.com_Pakpak Bharat dan Dairi, JB )

Sumber: Pemkab Dairi (JoBe)

—000–

Bupati Eddy Berutu Tegaskan.! Akan Membereskan Infrastruktur Jalan, Jembatan, Irigasi yang Tertunda

 

Dairi, Agara News.com // Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memastikan, akan melakukan perbaikan infrastuktur ( jalan ), irigasi yang sempat terhambat Pembangunannya, akan terus dibenahi.

Hal demikian disampaikan oleh Bupati Dairi Eddy Berutu, saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Siempat Nempu, pada hari Senin, 18/03/2024.

Lanjutnya “Pembangunan di Desa, kecamatan, dan kabupaten seluruh pelosok Dairi yang sempat tertunda. Hal itu disebabkan Covid-19 yang lalu. Namun saya tegaskan “saya bersama jajaran Pemkab Dairi akan tetap memperbaikinya,” kata Bupati Eddy keleng ate Berutu.

Selanjutnya, Terkait pembangunan infrastruktur, Eddy Berutu menyampaikan “Pemerintah memang sudah bekerja keras untuk melanjutkan pembangunan.

“Di tengah keterbatasan, saya dan jajaran bekerja untuk mengejar ketinggalan itu. Memang masih banyak diperbaiki, tapi itulah yang kita kejar untuk lima tahun mendatang,” ucap Beliau

Di tambahkan Eddy Berutu lagi, bahwa pemerintah senantiasa berfikir cerdas dan bekerja keras, untuk selalu mengupayakan kesejahteraan rakyat, seperti melalui kunjungan kerja untuk turut merasakan bagaimana kesulitan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Guna mengatasi hal tersebut, pemerintah memberikan bantuan dengan turun langsung ke masyarakat. Bersabarlah kita, berdoa kepada Tuhan semoga semua pimpinan kita sehat, dan Pemerintahan kita lima (5) tahun kedepan, tidak mengalami hambatan yang berarti. Saya mohon, khususnya orang tua lansia untuk mendoakan dan mendukung pembangunan ini,” kata Eddy Berutu. Namun demikian, Bupati menegaskan! bahwa masyarakat harus tahu, Pemerintah Kabupaten Dairi juga telah melakukan pemeliharaan Jalan di Desa Juma Siulok, pengaspalan jalan lingkungan Dusun Pisang Desa Maju, pemeliharaan Jalan di Lingkungan Desa Gomit, peningkatan Jalan ke Sinampang – Batu Kapur, Lau Pakpak (Hutang Belanja /KDP), serta lanjutan Pengaspalan Jalan Juma Siulok.

Dalam kunjungan ini, Pemerintah Kabupaten Dairi juga melaksanakan pelayanan Administrasi kependudukan ( adminduk ), pelayanan kesehatan, operasi pasar murah, layanan KB, dan pelayanan publik lainnya.

Selain itu, dalam kunjungan yang dirangkai dengan pelaksanaan pelayanan adminduk, pelayanan kesehatan, operasi pasar murah, layanan KB, dan pelayanan publik lainnya ini, Eddy Berutu juga menjabarkan beberapa pembangunan lainnya yang telah dilakukan di Siempat Nempu, antara lain: rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi Huta Imbaru, rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi Lae Mboang, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Adian Gupa, pemeliharaan Jalan di Dusun Kuta Maha Desa Amborgang, pemeliharaan Periodik Jalan Jrs. Amborgang – Lumban Sinaga, Link.138, pemeliharaan Periodik Jalan Jrs. Huta Imbaru – Sosor Sikula – Km. 2, Link. 076, pemeliharaan Periodik Jalan Jrs. Soban-Sp. Sinampang, Link. 325, pengaspalan Jalan Jrs. Adian Gundaling – Gunung Gajah, Link.212, pemeliharaan Periodik Jalan Jrs. Juma Teguh – Tualang, Link. 016, lanjutan Pemeliharaan Periodik Jalan Jrs. Huta Imbaru – Sosor Sikula – Km.2, Link. 076, serta pemeliharaan Periodik Jalan Jrs. Amborgang – Sp. Ht. Maha, Link. 114.

( Biro Agara News.com_Pakpak Bharat dan Dairi, JB )

Sumber: Pemkab Dairi (yS/**)

—-$$$—

Dandim 0209/LB Bersama Plt Bupati & Kapolres Sambangi Rumah Duka Alm M. Harahap

 

Labuhanbatu, AgaraNews. Com // Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro, S.IP, dan Plt Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. serta Kapolres Labuhanbatu AKBP Dr. Bernhard L. Malau, S.I.K.,M.H., menyambangi rumah duka almarhum Marhan Harahap yang meninggal dunia saat berlangsungnya kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Adapun alamat rumah duka berada di jalan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Senin (18/3/2024), sekira pukul 10.00 Wib. Dimana, kehadiran Dandim 0209/LB beserta Plt Bupati dan Kapolres Labuhanbatu merupakan bentuk, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum Marhan Harahap saat berlangsungnya kunjungan kerja Presiden RI Ir. Joko Widodo ke Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara beberapa hari lalu.

Disamping itu, hadirnya Dandim 0209/LB, Plt Bupati dan Kapolres kerumah duka untuk memberikan santunan yang disampaikan kepada istri almarhum serta pihak keluarga, yang mana salah satunya mendorong keluarga yang ditinggalkan agar senantiasa bersabar, membesarkan hati dan menghibur orang-orang yang ditinggalkan. Dalam hal ini, Dandim 0209/LB Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro menyampaikan keprihatinannya kepada pihak keluarga atas musibah yang menimpa almarhum.

“Kami doakan semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan kami keluarga besar Kodim 0209/LB berdoa semoga almarhum Husnul Khatimah,” ujar Dandim.

Diketahui sebelumnya, Presiden RI sesuai jadwal melaksanakan ibadah sholat Jum’at di Masjid Agung Rantauprapat, yang mana kondisi Masjid saat itu sudah penuh, karena banyaknya masyarakat yang menanti dan akan melaksanakan sholat Jum’at berjamaah bersama orang nomor satu di Republik Indonesia.

Kunjungan Presiden RI ke Masjid Agung Rantauprapat, mendapat pengamanan yang super ketat dari Paspampres dan petugas yang dilibatkan dalam pengamanan VVIP RI 1. Sehingga tidak seorangpun warga masyarakat dibiarkan bebas berkeliaran di zona yang sudah disterilkan.

Namun, kejadian yang tidak di inginkan terjadi, dimana pada saat detik-detik Presiden RI akan sampai dilokasi, almarhum Marhan Harahap tiba-tiba masuk ke zona yang sudah di sterilisasikan, berjalan menerobos pengamanan hendak menyeberang jalan menuju ke Masjid Agung yang akan menunaikan ibadah sholat Jum’at. Pada saat itu, melihat almarhum menerobos masuk ke zona sterilisasi, kemudian oleh petugas yang melakukan pengamanan dihimbau untuk tidak masuk kedalam karena jamaah di dalam Masjid sudah penuh, juga rombongan Presiden Jokowi sudah akan masuk, sehingga petugas menghimbau kepada almarhum agar melaksanakan sholat di Mesjid lain.

Pada saat disampaikan, tiba-tiba bapak Marhan Harahap jatuh pingsan dan langsung di evakuasi oleh personel pengamanan ke Klinik Chairil Anwar tepat di sebrang Masjid Agung Rantauprapat.

Kejadian itu berlangsung cepat dan belakangan baru diketahui bahwa almarhum telah meninggal dunia setelah videonya viral di media sosial yang sempat terekam kamera salah seorang warga yang datang menyaksikan kunjungan Presiden RI. Hingga kini video tersebut, masih berseliweran di media sosial dan menuai beragam komentar serta empati dari masyarakat karena melihat tayangan video singkat almarhum saat dihalau dan jatuh serta ditolong oleh petugas pengamanan Ring 1.(Lia Hambali)

Pendim 0209/Labuhanbatu

Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1715 Yahukimo Berikan Penyuluhan Stunting dan Pengobatan Gratis

 

Yahikimo, AgaraNews. Com // Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 yang berada di bawah Kodim 1715 Yahukimo, kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat di Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin (18/03/24).

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah stunting dan memberikan akses pengobatan yang mudah, Satgas TMMD ke-119 Kodim 1715 Yahukimo melaksanakan kegiatan penyuluhan stunting dan pengobatan gratis. Kegiatan penyuluhan stunting dan pengobatan gratis ini dilaksanakan di Desa Aplim Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diberikan informasi penting mengenai stunting, dampaknya terhadap pertumbuhan anak, serta cara pencegahannya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo, kondisi stunting cukup serius di daerah tersebut dan dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam pencegahan masalah kesehatan tersebut. Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos.,M.Han. Komandan Satgas TMMD ke-119 Kodim 1715 Yahukimo, menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap stunting.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami dampak buruk stunting serta cara-cara untuk mencegahnya. Kesehatan anak merupakan investasi bagi masa depan yang lebih baik”, ujarnya.

Selain penyuluhan stunting, dalam kegiatan ini juga disediakan layanan pengobatan gratis bagi masyarakat setempat.

“Tim medis yang hadir dari Pos Kesehatan Terpadu Kodim 1715 Yahukimo, memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan”, terang Dansatgas. Dengan adanya pelayanan kesehatan yang mudah diakses, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan mereka serta mengurangi angka stunting di daerah tersebut.

Kegiatan penyuluhan stunting dan pengobatan gratis oleh Satgas TMMD ke-119 Kodim 1715 Yahukimo mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.                    (Lia Hambali)

Pendim1715

Kasrem 081/DSJ Sambut Baik Kedatangan Tim Pos Audit Itdam V/Brawijaya

 

Madiun, AgaraNews. Com // Korem 081/DSJ menerima Tim Pos Audit dari Itdam V/Brawijaya. Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menyambut baik kedatangan Tim Pos Audit yang dipimpin oleh Letkol Cba Afid Handoko.

Untuk itu, dirinya memerintahkan kepada anggotanya supaya dapat mendukung jalannya pemeriksaan yang akan dilakukan. “Saya ingin setiap obyek pengawasan dan pemeriksaan harus dapat menyajikan data nyata, memberikan keterangan yang diperlukan, serta bersikap terbuka, sehingga atensi hasil pemeriksaan dapat ditindaklanjuti dengan perbaikan pada masing-masing obyek pemeriksaan,” kata Kasrem dalam sambutannya di Ruang Command Center Supriyadi Makorem, Jalan Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Senin (18/3/2024). Lebih dari itu, ia berharap, kehadiran Tim Post Audit akan dapat memberikan banyak manfaat, baik dari pengetahuan maupun pengalaman, serta nilai tambah bagi personel dan satuan Korem 081/DSJ.

Sementara itu, Letkol Cba Afid Handoko dalam sambutannya menjelaskan tujuan dari kegiatan yang dilakukan. “Pos Audit ini merupakan bentuk fungsi kontrol dan merupakan alat kendali bagi penyelenggaraan sistem pengawasan oleh satuan fungsional,” ujarnya. Afid menambahkan, audit yang dilakukan juga sebagai upaya preventif dan langkah efisiensi agar terhindar dari terjadinya kesalahan dan penyimpangan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.    ( Lia Hambali)

Satgas 330 Berbagi Di Bulan Penuh Berkah, Buat Warga Intan Jaya Tersenyum Bahagia

 

Intan Jaya, AgaraNews. Com // Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma terus mengisi bulan Ramadhan yang penuh berkah dengan berbagai kegiatan positif. Seperti yang dilakukan pada Senin (18/3/24), saat para Ksatria Tri Dharma membagikan baju layak pakai untuk warga di kampung Mamba, Kab. Intan Jaya, Papua Tengah. Lettu Inf A.H.K.Y. Timor selaku kordinator kegiatan menjelaskan bahwa Satgas 330 telah menyiapkan berbagai jenis baju layak pakai untuk dibagikan kepada Warga Kampung Mamba. “Ini ada baju ibadah, baju santai untuk orang dewasa dan anak-anak. Jangan berebut. Ayo antri. Tenang semua dapat”, ucapnya seraya mengarahkan para warga. Lebih lanjut, Lettu Inf Timor menegaskan bahwa kegiatan berbagi di bulan Ramadhan dilaksanakan setiap hari dengan jenis barang yang bergonta ganti. Mama Alesia Sani dan anaknya yang turut hadir dalam kegiatan senang bukan kepalang. “Puji Tuhan, hari ini saya dapat 2 baju ibadah. Anak saya juga dapat baju bagus-bagus. Om Satgas 330 tiap hari ada bagi-bagi hadiah terus. Semoga Tuhan Berkati Satgas 330. Amakanie”, ujarnya seraya tersenyum bahagia.(Lia Hambali)

Pesud Puspenerbal Laksanakan Misi Kemanusiaan Evakuasi Jenazah Anggota Posal Subi

 

Kalimantan Barat TNl AL Puspenerbal (18/3/2024), AgaraNews. Com //  Pesawat Udara Casa NC 212-200 Aviocar di bawah Skuadron Udara 600 Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang, melaksanakan misi kemanusiaan evakuasi Jenazah anggota Posal Subi, Pangkalan TNL AL (Lanal) Ranai, Alm. Serda Bah Robertus Bellamirnus menuju Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (17/3/2024). Pesawat Udara Casa NC 212-200 Aviocar diawaki Captain Pilot, Kapten Laut (P) Musmuliadi dan Copilot Lettu Laut (P) Jonathan beserta Crew yang bertugas.

Menurut Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu, Pesud Casa NC 212-200 Aviocar berangkat dari Lanudal Tanjungpinang menuju Lanal Ranai untuk menjemput Jenazah dengan tujuan akhir di Pontianak, Kalbar. Dimana sebelumnya, jenazah tersebut di bawa oleh KRI dari Pulau Subi menuju Pulau Natuna, kemudian digeser ke Bandara Raden Sadjad Ranai untuk di evakuasi menggunakan Pesud Casa.

Danwing berpesan kepada Crew Pesud untuk melaksanakan penerbangan dengan memperhatikan keselamatan, perhatikan perkembangan cuaca dan keselamatan penerbangan lainnya. Jenazah tersebut dapat diberangkatkan dari Ranai sekitar sore hari dan mendarat di Pontianak menjelang Magrib yang disambut para pejabat utama Lantamal XII Pontianak kemudian diantarkan ke rumah keluarga duka.

“Alhamdulillah, dengan kesiapsiagaan dan semangat crew serta penyiapan Pesud yang maksimal kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.( Lia Hambali)

Kepercayaan Rakyat Kepada TNI , Di Buktikannya Penyerahan Senjata Api Lengkap Dengan Amunisi Dan Bahan Peledak Ke Kodim 0418/Palembang

 

Palembang, AgaraNews. Com // Kodim 0418/Palembang menerima Penyerahan Satu Pucuk Senjata dan Amunisi, Handak, berbagai jenis dari Darmansyah (60) anak dari Letkol Purn H.A Zaidin.AK anggota Ajendam II/Swj bertempat di Ruangan Transit Kodim 0418/Palembang Jalan Diponegoro Kecamatan Bukit Kecil Palembang , Senin (18/03/2024). Penyerahan Satu Pucuk Senjata jenis Garen dan Muhandak di terima langsung Dandim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat didampingi Kasdim dan Pasintel kodim 0418/Palembang dan menindak lanjuti secara administrasi penindakan lebih lanjut .

Menurut keterangan Darmansyah anak dari pensiunan TNI bahwa senjata dan amunisi tersebut adalah diduga milik orang tuanya yang tersimpan dalam koper di rumah nya ,Letkol Purn H.A.Zaidin terakhir bertugas di Ajendam II/Sriwijaya. Komandan Kodim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han sangat mengapresiasi dengan atas tindakan warga yang berinisiatif menyerahkan senjata tersebut kepada pihak TNI.

Untuk kronologi sendiri Kodim 0418/Plg mendapat laporan dari DarmanSyah anak pensiunan TNI menghubungi Serka Prayitno dan Anggota Unit Intel Kodim 0418/Palembang melalui Via WhatsApp memberitahukan bahwa di rumahnya terdapat Senjata dan Muhandak peninggalan dari orang tuanya Letkol (Purn) H.A.Zaidin.AK yang selama ini tidak diketahui oleh pihak keluarga dan langsung memberitahukan untuk menyerahkan Senjata dan Muhandak tersebut.,”jelasnya

Pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2024 melalui mediasi Serka Prayitno dan Anggota Unit Intel Peltu Irwansyah menyarankan kepada saudara DarmanSyah agar segera menyerahkan Senjata dan Muhandak tersebut ke Kodim 0418/Palembang,”katanya. Dan hari ini Senin 18 Maret 2024 Saudara Darmansyah yang orang tuanya mantan tentara yang telah meninggal bertugas di Ajendam II/Swj Beliau memiliki 1 Pucuk senjata Garend dengan Nomor Senjata 5534871 (Pindad) ,1Buah Magazen ,79 Butir amunisi tajam 7.62 MM ,100 Butir 5.6 MM ,3 Butir Amunisi Tajam 7.62 Mm (Ak 47),7 Butir Kelongsong,11 Butir Tajam,1Buah Granat Tangan , 2 Buah Tas Magazen, 1 Buah Tas Munisi, 1 Buah Tas Senjata Garend, 2 Buah Granat Nanas.,”terang nya

Untuk sementara ini Senjata dan Muhandak saat ini masih diamankan di Gudang Senjata Kodim 0418/Palembang,yang selanjutnya akan diserahkan kepada pihak Paldam II/Sriwijaya.,”Ungkap Dandim 0418/Plg.( Lia Hambali)

Satuan Tugas Trisula TNI AL 2024 Tiba di Sabang

 

Jakarta, 18 Maret 2024, AgaraNews. Com // Tiga unsur KRI milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Trisila 2024 yaitu KRI Teluk Celukan Bawang-532, KRI Kerambit-627 dan KRI Parang-647, tiba di Dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang, Minggu (17/03). Satgas yang dikomandani oleh Komandan Satgas Trisila 2024 Laksamana Pertama TNI Tony Hardijanto ini disambut oleh Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko.

Selama berada di Sabang tanggal 17-19 Maret 2024, Satgas Trisila TNI AL akan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, open ship, edukasi TNI AL kepada pelajar dan masyarakat, karya bakti pembersihan museum, serta pembersihan di Taman Edukasi Sabang. Operasi Trisila TNI AL 2024 ini merupakan implementasi dari Operasi Armada TNI Angkatan Laut. Dimana selain bertugas menjaga keamanan dan kedaulatan laut diseluruh wilayah NKRI, kegiatan ini juga untuk menggali potensi maritim yang ada di daerah yang dikunjungi.

Satgas Trisila TNI AL tahun 2024 mengerahkan sejumlah Alutsista, seperti KRI, tank dan kendaraan amfibi Korps Marinir, serta pesawat udara heli dan fix wing dari Puspenerbal. Untuk alutsista dan personel yang tergabung dalam Satgas Trisila TNI AL tahun 2024, yaitu KRI Teluk Celukan Bawang-532, KRI Kerambit-627, KRI Cucut-866, KRI Cakalang-852, KRI Parang-647, 1 Kompi Pasmar 1 Jakarta, 1 Hely Phanter, 1 Pesawat Cassa dan 1 Pesawat CN 235. Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa dengan adanya satuan tugas operasi TNI AL yang ditunaikan oleh prajurit Jalasena akan memberikan dampak yang cukup besar bagi keamanan laut nusantara.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.( Lia Hambali)

Warga Desa Alue Manggota Antusias Dukung TMMD

Aceh Barat Daya, AgaraNews. Com // Warga Desa Alue Manggota, Kecamatan Blangpidie, begitu antusias dengan kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 0110 Aceh Barat Daya di Desa mereka.

Sejumlah warga pun mengungkapkan pandangannya tentang program TMMD Ke-119 yang berlangsung di desanya. Menurut mereka, kehadiran TMMD merupakan sebuah terobosan yang signifikan dalam memajukan desa.

Warga menilai TMMD telah membawa kemajuan baik dari segi fisik maupun non-fisik.

“Ini sebuah terobosan memajukan sebuah desa. Kehadiran TMMD ini membuat desa kami lebih maju terlebih ada beberapa progres baik fisik maupun non fisik,” kata Laisa warga Desa setempat.

Selain itu, T. Fakri, Keuchik Gampong Alue Manggota juga mengapresiasi upaya Satgas TMMD yang telah melakukan kegiatan suka rela untuk menyelesaikan program-program yang telah diatur dalam TMMD tahun ini.

Menurutnya, hubungan antara masyarakat dan TNI semakin dekat berkat pemikiran luar biasa dari Pak Dandim. TNI dan masyarakat, menurut T. Fakri, adalah anak kandung negara kesatuan Republik Indonesia (RI).

Dansatgas TMMD Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Beni Maradona, juga menegaskan komitmen tim satgas dalam memajukan desa melalui pembangunan fisik.

Ia berharap agar semua program TMMD dapat selesai tepat waktu tanpa kendala dan hambatan.

“Semoga memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi masyarakat,”katanya.(Lia Hambali)

Sah,..!!? PPAD Sumut Resmi Berikan KTA Buat Purna Wira Kodam I/BB

 

Medan, AgaraNews. Com // Setelah sempat tertunda beberapa saat, akhirnya Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Provinsi Sumatera Utara bisa secara resmi memberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PPAD kepada Prajurit Kodam I/Bukit Barisan yang menjalani wisuda purna wira. Momen bersejarah ini terjadi pada Senin (18/3/2024) pagi, ketika Ketua PPAD Provinsi Sumut, Kolonel Purn Ganda Simanjuntak, S.Sos, tampil memberikan sambutan sekaligus menyerahkan KTA PPAD kepada tiga Pamen (Perwira Menengah) Kodam I/BB yang wisuda purna wira di Lapangan Hijau Makodam Bukit Barisan, Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan. “Kami bersyukur dan bangga bisa menghadiri acara wisuda purna wira ini. Karena, selaku Pengurus PPAD Provinsi Sumut, kami diberi kesempatan untuk menyerahkan KTA PPAD dan bahan baju PDH (Pakaian Dinas Harian) PPAD kepada Prajurit Kodam I/BB yang mengakhiri dinas keprajuritannya, dan ini sebagai simbol keanggotaan PPAD,” ucap Ganda Simanjuntak. Ganda menjelaskan, setiap purna wira TNI AD sudah secara otomatis menjadi anggota PPAD. Hal ini tertuang dalam AD/ART PPAD Pasal 2. Yaitu; Setiap Prajurit TNI AD yang purna tugas secara otomatis menjadi anggota PPAD, dan setiap anggota PPAD diberikan KTA dan dicatat dibuku registrasi anggota PPAD.

“Selamat kepada purna wira remaja, Kolonel Inf Purn Drs Nelson Rajagukguk, Mayor Inf Purn Bosten Lumbanraja, dan Mayor Caj Purn Hadi Tumi Setyanto yang kini telah memasuki pengabdian baru di PPAD. Kami tunggu kiprah dan darma baktinya di PPAD Sumut,” ujar Ganda. Mengutip pesan Ketua Pengurus Pusat PPAD, almarhum Letjen Doni Monardo yang dibacakan Ganda, bahwa sebagai prajurit, kita harus memaknai kalau pensiun itu hanya masalah administrasi. Kita tidak boleh berhenti mengabdi kepada negara, sebagaimana filosofi Angkatan Bersenjata; Kita adalah Tentara Pejuang, Tentara Rakyat dan Tentara Profesional.

“Pengabdian kita kepada negara baru akan berhenti ketika tembakan Salvo di samping telinga tak lagi terdengar,” ungkap Ganda mengutip kalimat heroik sesepuh PPAD, Jenderal Purn Widjojo Soedjono. Di kesempatan yang sama, Ganda yang hadir bersama Sekretaris PPAD Sumut, Kolonel Purn Drs Hardjito HS, MSc, Bendara PPAD Sumut, Kolonel Purn M Siagian, Ketua Bidang Ekonomi PPAD Sumut, Kolonel Purn Toto Budiharto, serta Ketua Bidang Organisasi dan Hubungan Kelembagaan PPAD Sumut, Kolonel Purn Drs Tomson Pangaribuan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan selaku Pembina PPAD Sumut atas bimbingan, arahan serta bantuan sembako dan materi selama ini.

“Semua bantuan dari Pangdam telah kami salurkan kepada purnawirawan TNI AD yang ada di Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang, Tebingtinggi, Batubara dan Pematangsiantar. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa akan membalas kebaikan Pangdam serta selalu dalam keadaan sehat wal’afiat,” ucap Ganda mengakhiri.

Motivasi Sebelumnya, Pangdam yang memimpin acara Wisuda Purna Wira tiga Pamen Kodam I/BB ini menjelaskan, bingkisan akhir purna tugas yang diberikan komando adalah wujud perhatian dan ungkapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian terbaik yang telah diberikan selama ini kepada TNI AD khususnya Kodam I/BB. “Saya bangga bisa melepas para senior untuk mengakhiri masa dinasnya di TNI AD. Dan ini bukti bahwa senior telah menunaikan tugas dengan baik, sehingga bisa tampil di acara ini. Mudah-mudahan kami bisa mengikuti jejak para senior untuk mampu menyelesaikan dan menuntaskan tugas dengan baik,” ucap Mayjen Hasan,” ungkap Mayjen Hasan.

Kepada Kolonel Inf Purn Drs Nelson Rajagukguk, Mayor Inf Purn Bosten Lumbanraja, dan Mayor Caj Purn Hadi Tumi Setyanto, Pangdam berharap untuk bisa terus menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan Prajurit Kodam I/BB.

“Para senior menjadi motivasi bagi kami untuk melaksanakan tugas secara paripurna, dan karenanya acara tradisi purna bakti yang sudah keempat kali ini akan terus kita lakukan sebagai bentuk pembinaan dan mengeratkan tali silaturahmi,” pungkas Mayjen Hasan. Sebelum acara wisuda purna bakti ini, lebih dulu digelar apel Upacara Bendera 17-an bulan Maret 2024 dengan Irup Pangdam I/BB, serta Komandan Upacara, Danyonif 100/PS, Mayor Inf Agus Muchtadi.

Hadir di acara, antara lain Kasdam I/BB, Irdam, Kapoksahli, para Pamen Ahli, LO TNI AL, LO TNI AU, para Asisten, para Kabalak serta para Dansat BS Kodam I/BB wilayah Medan.( Lia Hambali)

Sumber : Humas PPAD Sumut

Kapolsek Sukarame Bersama Personil dan Angkatan Putri Al- Wasliyah Pakpak Bharat, Berbagi Berkah Dengan Memberi Takjil Gratis Untuk Buka Puasa

 

Pakpak Bharat, Agara News.com // Senin, 18/03/2024. Di bulan Suci Ramadhan, Kapolsek Sukarame bersama jajarannya dan Angkatan Putri Al- Wasliyah ( APA ) Pakpak Bharat, lakukan berbagi berkah dengan pemberian Takjil untuk buka Puasa. Terkait pemberian tersebut, Kapolsek Sukarame AKP Suko Hastadi mengatakan kepada media ini “kegiatan ini kita lakukan di bulan Suci Ramadhan, sebagai wujud cinta kasih sesama Umat, karena beramal tanpa di Elemenplentasikan dengan perbuatan yang baik, itu adalah semu, walaupun nilainya secara materi tak seberapa, tapi ketulusan kita memberi, itu sangat penting. Dan tujuan kita adalah mendorong dan memotivasi Umat Muslim untuk melaksanakan Ibadah Puasa. Karena di Bulan Suci melakukan Puasa sangat Besar Pahalanya. Jadi kegiatan pemberian Takjil ini di lakukan oleh Polsek Sukarame bersama Angkatan Putri Al- Wasliyah, sebagai tanda bukti Polisi itu betul-betul pengayom Masyarakat. Dan selanjutnya kata Kapolsek Sukarame, Saya juga mengajak Masyarakat yang sudah mampu “belajarlah memberi tanpa mengharapkan imbalan, kepada saudara-saudara kita yang masih kurang mampu, karena semakin kita banyak memberi semakin banyak juga rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, ucap Kapolsek Sukarame AKP Suko Hastadi. Terkait giat tersebut, salah satu warga yang menerima Takjil tersebut mengatakan “kami dari penerima Takjil mengucapkan, terimakasih kepada Pak Kapolsek serta jajarannya, dan kepada Angkatan Putri Al -Wasliyah Pakpak Bharat, semoga Tuhan Allah SWT memberikan kesehatan dan rezeki kepada beliau semua. Karena kami dari penerima Takjil tidak dapat membalas kebaikan ini semua, sekali lagi terimakasih, ucapnya.

Pemberian Takjil itu lakukan pada hari Senin, 18/03/2024, sekira pukul 17.00 s/d 18.00 Wib, didepan Mapolsek Sukarame, Pakpak Bharat.

( Biro Agara News.com_Pakpak Bharat dan Dairi, JB )

—-$$$—

Siswa-siswi SMAN 17 Bandung BagikanTajil Gratis Untuk Warga

Bandung, AgaraNews.com – Siswa –siswi SMA Negeri 17 Bandung membagikan takjil gratis kepada para pengguna jalan di jalan Caringin Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung, Senin 18 Maret 2024

Pembagian hidangan berbuka puasa ini dengan tema 17 Ber Berbagi merupakan bakti sosial siswa –siswi dan bentuk keperdulian terhadap para pengguna jalan yang sedang melaksanakan ibadah puasanya.

 

Cegah Kejahatan Malam Selama Ramadhan, Polres Dairi Lakukan Patroli Gabungan

 

Dairi, AgaraNews. Com // Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pada malam Bulan suci Ramadhan, Polres dairi tingkatkan Patroli gabungan Presisi Dalam menindak lanjuti Commander Wish Kapolda Sumut tentang Keamanan dan Kenyamanan di Area Publik guna mengantisipasi terjadinya Guan Kamtibmas demi terciptanya Harkamtibmas yang aman dan kondusif Di kabupaten Dairi.

Kegiatan Patroli ini, dilakukan diberbagai titik persimpangan maupun Jalan Lintas Sidikalang Medan dan kegiatan yang ramai masyarakat, Minggu (17/03/2024).

Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari P.A., SIK, SH, M.Si Melalui kasat Samapta Polres Dairi AKP Tugono, SH menyampaikan, bahwa kegiatan patroli malam ini selain bertujuan mencegah gangguan kamtibmas, kegiatan Patroli ini juga bertujuan menghimbau dan memberikan pesan- pesan kamtibmas kepada warga masyarakat serta menjalin tali silaturahmi dan membuka komunikasi yang baik dengan warga, untuk menciptakan situasi aman kondusif di Bulan Suci Ramadhan ini.

“Akan tetapi kami butuh bantuan dan dukungan dari masyarakat untuk ikut berperan aktif membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban serta menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat” Ucapnya.

Sementara itu, Kasat Samapta Polres Dairi juga menyampaikan Selama bulan ramadhan ini, kita akan rutin melakukan patroli baik oleh Personil Polres maupun Polsek jajaran ditempat-tempat yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas.( Lia Hambali)

Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Karo Sosialisasi Ops Keselamatan Toba 2024 di Kabanjahe

 

Tanah Karo, Agar. Com // Dalam rangka Ops Keselamatan Toba 2024, Satgas 2 Preemtif Polres Tanah Karo, pada Senin(18/03/2024) pukul : 10.00 WIB, di wilayah Kecamatan Kabanjahe, melaksanakan sosialisasi dan memberikan pendidikan masyarakat (Dikmas) terkait keselamatan dan kepatuhan dalam berlalu lintas untuk menekan angka laka lantas.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Kamsel Ipda Feri Galingging, S.H, menyambangi tempat tempat bengkel mobil dan juga terminal Kabanjahe.

Bersama tim, Kanit Kamsel Ipda Feri memberikan imbauan kepada para sopir di lokasi yang melaksanakan service kendaraan dan juga beberapa masyarakat di terminal bawah Kabanjahe.

Imbauan dilaksanakan dengan sarana spanduk dan berdialogis langsung kepada masyarakat pengendara/pengemudi kendaraan dan pengguna jalan lainnya di sekitaran lokasi sasaran sosialisasi.

Dihimbaukan kepada masyarakat, yakni dilarang menggunakan ponsel saat berkendara, larangan melawan arus, larangan anak dibawah umur untuk berkendara, larangan berboncengan lebih dari 1 (satu) orang, larangan mengemudi dalam pengaruh Alkohol / Minuman Keras, penggunaan helm sni, larangan melanggar Marka dan Rambu Lalu Lintas, larangan penggunaan Knalpot tidak sesuai Spektek (Brong), Over Dimensi dan Over Load (ODOL), dan menerobos Traffic Light.

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, melalui Kasat Lantas AKP M. Ridho Rasyd, S. Trk, yang diwakili Kanit Kamsel Ipda Feri mengatakan, di hari keenam Ops Keselamatan Toba, pihaknya terus gencar melaksanakan dikmas keselamatan berlalu lintas melalui sosialisasi menyambangi masyarakat.

“Sosialisasi kita laksanakan dibeberapa tempat bengkel mobil dan juga terminal, dengan harapan sasaran yakni para supir khususnya angkutan umum benar benar paham pentingnya keselamatan dan aturan berlalu lintas sehingga laka lantas dapat ditekan mengingat sebentar lagi kita akan memasuki masa mudik lebaran”, ujar Kanit Kamsel.( Donal)

#humaspolrestanahkaro

Ratusan Tamtama TNI AL Satdik – 2 Makassar Resmi Ikuti Pendidikan Militer

 

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 18 Maret 2024, AgaraNews. Com // Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Upacara Pembukaan 100 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 44 TA. 2024 Satdik-2 Kodiklatal Makassar, bertempat di Lapangan Apel Mako Satdik-2 Kodiklatal Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 17 Kota Makassar. Senin (18/03/2024). Adapun Satdik-2 Makassar yang mendidik 100 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 44 TA. 2024 diantaranya berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) : 47 orang (Kupang : 33 orang, Maumere : 6 orang, Mataram : 5 orang, Rote : 3 orang), Sulawesi Selatan : 39 orang (Makassar : 34 orang, Mamuju : 2 orang, Palu : 3 orang), Sulawesi Utara (Sulut) : 9 orang (Manado : 8 orang dan Melonguane : 1 orang), Kalimantan Utara (Kaltara) : 5 orang (Balikpapan : 1 orang dan Tarakan : 4 orang).

Dankodiklatal dalam amanatnya mengucapkan selamat atas keberhasilan para Siswa melewati tahapan-tahapan seleksi dalam proses rekrutmen penerimaan calon Siswa Dikmata yang penuh tantangan. Namun, dengan segala kemauan, kemampuan dan kesamaptaan jasmani yang prima, maka saudara dinyatakan lulus seleksi dan berhasil mengikuti pendidikan yang dibuka pada hari ini. Menurut Dankodiklatal, Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL bertujuan untuk mendidik dan membekali Calon Tamtama TNI AL yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani sesuai dengan Binjas TNI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan matra laut, sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai Tamtama TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

“Pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, pendidikan dasar keprajuritan tiga bulan, pendidikan dasar golongan satu bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan”, jelasnya.

Letjen Marinir Nur Alamsyah mengatakan bahwa, tahap dasar keprajuritan akan dibina fisik dan mental secara intensif dan sistematis dengan tidak memandang waktu baik siang maupun malam, hal yang dimaksud untuk menyiapkan saudara yang semula berasal dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit matra laut yang tanggap, tanggon dan trengginas. Selain itu, menurutnya bahwa dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara di laut, TNI AL perlu memusatkan perhatian dan konsentrasi di pulau-pulau terdepan dan wilayah perbatasan guna mencegah segala bentuk ancaman, TNI AL harus proaktif dengan membangun kekuatan tempur secara optimal, untuk mencapai kesiapan operasional yang tinggi kapanpun negara memanggil.

Usai pembukaan Dikmata TNI AL Angkatan 44 TA. 2024, Dankodiklatal didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah berkesempatan memberikan pengarahan kepada para Siswa, dan Anggota Tetap (Antap) beserta Jalasenastri Satdik-2 Makassar, yang dilanjutkan dengan pemberian Tali Asih kepada Anak-Anak dari Panti Asuhan Murni dan Panti Asuhan Al Aqsa, serta Tour Facility di beberapa tempat yaitu, Ksatrian Satdik – 2, Pil Box Lempar Granat Baddoka, Lapangan Tembak Lanraki, Kolam Renang Tirto Sagoro-05 dan Gudang Logistik Satdik – 2, Lantamal VI Makassar.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.( Lia Hambali)

Sat Binmas Polres Tebingtinggi Sampaikan Arahan kepada Masyarakat Padang Hulu

 

 

 

Tebingtinggi,AgaraNews.com // Menjalin silaturahmi guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kota Tebingtinggi pada saat bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun1445 H, Kasat Binmas Polres Tebingtinggi AKP BSM Tarigan diwakili Kanit Binpolmas Sat Binmas Polres Tebingtinggi Ipda Rinal Khair didampingi Kanit Binkamsa Ipda Hayati Siahaan dan Aipda Handi Oky Manalu melaksanakan sambang dan arahan kepada masyarakat di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Lubuk Baru Kecamatan Padang Hulu Kota Tebingtinggi – Sumut, Senin (18/03/2024).

Pada kesempatan itu, Sat Binmas Polres Tebingtinggi menyampaikan hal ini sebagai tindak lanjut atas arahan dari Kapolda Sumut agar selama bulan suci Ramadhan 1445 H seluruh pimpinan jajaran Polres menjalin komunikasi dan silaturahmi ke tokoh tokoh agama maupun masyarakat.

“Kami meminta kepada tokoh agama Kota Tebingtinggi untuk memberikan himbauan kepada masyarakat dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif pada bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri Tahun1445 H sesuai dengan Fatwa MUI No 02 dan No 03 tahun 2017, baik melalui dakwah/tausiyah dan khutbah serta melalui video testimoni agar diketahui masyarakat luas,” papar Ipda Rinal Khair.

Selanjutnya himbauan yang disampaikan agar para orang tua mengontrol anaknya untuk tidak membeli dan membakar petasan sehingga dapat mengganggu kenyamanan warga yang melaksanakan ibadah sholat.

“Haram hukumnya bagi para muda mudi melakukan asmara subuh, untuk masyarakat yang tidak berpuasa agar menghormati (bertoleransi) terhadap masyarakat yang berpuasa,” pesannya.

Begitu juga kepada masyarakat Kota Tebingtinggi untuk tetap bersinergi bersama Polres Tebing Tinggi dalam menjaga situasi kamtibmas kondusif selama bulan suci Ramadhan 1445 H.

Seperti diketahui, selama bulan suci Ramadhan 1445 H dalam menjaga situasi kamtibmas, Polres Tebingtinggi melakukan pengamanan terbuka sholat tarawih di masjid-masjid dengan membentuk tim patroli blue light untuk mengantisipasi asmara subuh, mencegah kenakalan remaja, aksi tawuran, bermain petasan, balap liar dan perbuatan lain yang melanggar hukum selama bulan suci Ramadhan 1445 H di wilayah Kota Tebingtinggi. (MS)

Jalin Kebersamaan di Bulan Ramadhan, Polres Tebingtinggi Bersihkan Masjid Bersama Masyarakat

 

 

Tebingtinggi,AgaraNews.com // Dalam rangka menjalin kebersamaan di bulan suci ramadhan, personel Polsek Padang Hilir Polres Tebingtinggi bersama masyarakat melakukan pembersihan rumah ibadah Mesjid Taqwa yang terletak di Jalan Batik Kelurahan Satria Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi, Senin (18/03/2024).

Pembersihan dilakukan oleh Kanit Binmas Aiptu Suwandi, bhabinkamtibmas Aiptu Eddy Silalahi, bhabinkamtibmas Carly Parapat, masyarakat sekitar dan BKM Mesjid Taqwa, dengan mengumpulkan sampah, menyapu dalam Mesjid, dan membersihkan gorong gorong areal Mesjid.

“Pelaksanaan ini merupakan spontanitas dan tidak terjadwal kan oleh Polres Tebingtinggi. Dan ini merupakan bentuk nyata personel Polres Tebing Tinggi menjalin kebersamaan kepada masyarakat termasuk BKM Mesjid”, sebut Kasi Humas Polres Tebingtinggi AKP Agus Arianto dalam keterangannya, Senin (18/03/2024).

Selain membersihkan mesjid, Kanit Binmas juga memberi himbauan kepada masyarakat untuk sama sama menjaga kebersihan mesjid dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga masyarakat yang melaksanakan sholat tidak terganggu akan adanya sampah. (MS)

Kodim 0418/Palembang Gelar Upacara 17 – an Bulan Maret Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj

Palembang, AgaraNews. Com // Komandan Kodim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han Menjadi Inspektur Upacara (IRUP) 17 an yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodim 0418/Plg di Lapangan Upacara Makodim 0418/Palembang Jalan Diponegoro Kecamatan Bukit Kecil Palembang , Senin (18/03/2024). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han Membacakan amanat Pangdam II/Swj Mayjend TNI Yanuar Adil.

Dalam amanatnya Pangdam II/ Swj pada kesempatan ini mengucapkan selamat hari raya Nyepi bagi yang beragama Hindu dan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan 1445H bagi yang beragama Islam.

Pada Upacara Bendera Tujuh belasan kali ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan khususnya yang terkait dengan isu terkini dan berkaitan tugas pokok kita sebagai Satuan Kewilayahan .

Yang pertama yaitu tentang kelanjutan proses Pilpres yang saat ini masih tahapan perhitungan dan ramai terkait dengan isu hak angket dari partai politik.ini perlu saya sampaikan supaya kita sebagai aparat negara memahami peran dan posisi kita . Hak Angket itu merupakan hak politik dari legislatif yang dijamin oleh konstitusi,sehingga dalam menyikapinya kita hanya memonitor perkembangan sesuai dengan konstelasi dan tidak terlarut dalam polemik karena kita netral dan prosesnya sendiri telah diatur pada UUD 1945 dan tata tertib di DPR RI .

Kedua adalah terkait perkembangan cuaca saat ini .Dimana iklim tahun ini berbanding terbalik dengan tahun 2023 dimana tahun 2024 ditenggarai bencana banjir dan longsor di seluruh wilayah Indonesia dan secara khusus sejak Januari Sampai dengan Februari, Mayoritas bencana yang terjadi adalah banjir yaitu sebesar 63,69% dari 292 bencana yang terjadi .

Selain banjir ,bencana alam yang terjadi tahun ini diantaranya cuaca ekstrim,tanah longsor , karhutla,dan gempa Sumsel khusunya berada pada urutan ke lima dari provinsi yang mengalami bencana ,sehingga kita perlu antisipasi terjadi bencana alam karena tidak di pungkiri TNI merupakan garda terdepan dalam tugas bantuan ini .

Jika berkaca dari pengalaman bencana yang terjadi di Sumbagsel tahun lalu , maka wilayah Sumsel,Jambi ,dan Bengkulu perlu mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor , Kemudian potensi karhutla di wilayah OKI ,Bangka Tengah, Belitung Timur, pesawaran lainya Lampung dan wilayah

Untuk penanganan bencana diatas MK perlu disiapkan bukan hanya dalam rangka darurat bencana,namun lebih kepada upaya mitigasi baik berupa penanaman pohon, pembersihan aliran air/sungai , pengendalian sampah,pembuatan tanggul air dan penyiapan air bersih memalui TNI manunggal air ,serta sosialisasi bencana kepada masyarakat secara dini.

Termasuk ke depan ,untuk mencegah banjir yang lebih besar ,maka program optimasi lahan rawa yang merupakan kerjasama TNI AD dengan kementerian pertanian yang harus selesai pada Juni 2014 ,bisa di selaraskan dengan upaya pengendalian air . Di akhir amanatnya Pangdam II/Swj menekankan beberapa hal diantaranya Pertama tetap tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas .

Kedua sikapi secara cerdas perkembangan situasi di lingkungan sekitar kita .

Ketiga lapor cepat apabila menghadapi permasalahan dan bijak dalam mengambil keputusan di era digital yang serba cepat seperti sekarang ini.

Keempat segera direncanakan dan laksanakan program kerja sebagaimana sasaran yang telah di tetapkan komando atas.

Selesai Upacara Dandim 0418/Plg Kolonel Czi Arief Hidayat.M.Han memberikan bingkisan bagi anggota yang berulang tahun sebagai wujud perhatian kepada anggota dan kegiatan ini rutin setiap bulannya di lakukan untuk membangun kedekatan kodim 0418/Plg Berkomitmen untuk merayakan setiap anggota yang berulang tahun setiap bulannya melalui sentuhan kecil ini,Kita menghadirkan nuansa yang hangat dan solid di setiap langkah kami , Selamat Ulang tahun Bagi anggota yang berulang ulang tahun,”tutupnya.( Lia Hambali)

Takes Satgas Yonif 122/TS, Gerak Cepat Berikan Perawatan Luka Infeksi Pada Masyarakat Kampung Mosso

Jayapura, AgaraNews. Com // Bulan suci ramadhan tak menyurutkan semangat personil Satgas Yonif 122/TS untuk melayani masyarakat yang membutuhkan terutama dalam bidang kesehatan yang mendesak seperti yang dilakukan Takes Pos Mosso berikan pertolongan pada Pace Aerok (32) yang terdapat luka dan pembengkakan di bagian kakinya serta memerlukan perawatan di kediamannya di Kampung Mosso Distrik Muaratami, Kota Jayapura.(18/03/2024) Sesuai dengan penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S Hub. Int., agar seluruh prajurit melaksanakan kegiatan positif yang bersifat membangun, melayani dan mengayomi masyarakat yang ada disekitaran pos.

Pace Aerok (32) yang terluka di bagian kaki kirinya serta kurangnya penanganan medis sehingga luka tersebut mengalami infeksi dan terjadinya pembengkakan, kemudian pihak keluarga Pace Aerok pergi ke Pos Mosso untuk meminta pertolongan dari Satgas Pamtas Yonif 122/TS dan juga segera ditangani oleh personil Tenaga Kesehatan Pos Mosso Prada Harfan Sitepu. Luka pada Pace Aerok (32) akan mendapat perawatan yang teratur oleh Tenaga kesehatan Pos Mosso serta akan diawasi secara langsung sampai bisa beraktivitas seperti biasanya.

Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar serta personil Pos Mosso memberikan nasihat supaya berhati-hati dalam melakukan aktivitas apapun.

Salah satu keluarga Pace Aerok berterimakasih kepada abang-abang pos yang sudah datang dan memberikan pengobatan dengan sukarela, semoga apa yang abang-abang Pos kerjakan bermanfaat bagi warga Kampung Mosso.                         ( Lia Hambali)

(Yonif 122/TS)

Berbagi di Bulan Suci Ramadhan, Pos Inbate Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Bagikan Sembako Untuk Masyarakat

 

Inbate, NTT, AgaraNews. Com // Berikan bantuan sembako kepada masyarakat, Pos Nino Satgas Yonkav 6/Naga Karimata berikan Sembako kepada masyarakat yang berada di Desa Inbate, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten TTU, Provinsi NTT. (18/3/24) Dalam bulan suci ramadhan, Pos Inbate Satgas Yonkav 6/Naga Karimata berbagi sembako kepada masyarakat perbatasan yang membutuhkan bantuan, Program ini sudah berjalan tiap bulannya sebagai usaha membantu masyarakat di perbatasan. Pembagian sembako yang dilaksanakan Pos Inbate ini tidak hanya memberikan bantuan materi kepada masyarakat yang membutuhkan, tetapi juga memberikan dampak yang lebih luas. Dengan memberikan sembako, masyarakat perbatasan merasakan dukungan dan perhatian dari Pos Inbate. Hal ini membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat antara Pos Inbate dan masyarakat, menciptakan ikatan solidaritas dan persatuan di daerah perbatasan. “Dengan bantuan ini kami harap dapat meningkatkan hubungan emosional kami dengan masyarakat sekitar perbatasan. Selain itu program ini merupakan program unggulan kami Pos Inbate setiap bulannya untuk membantu masyarakat di daerah perbatasan.” Ungkap Wadanpos Inbate Sertu Cukardi.( Lia Hambali)

(Yonkav 6/NK)

Hari Ke 5 Operasi Keselamatan, Sat Lantas Polres Tebingtinggi Menindak Pelanggar Lalu Lintas

 

 

Tebingtinggi,AgaraNews.com // Dalam rangka menekan angka kecelakaan dan fatalitas dalam berlalu lintas serta meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas, Sat Lantas Polres Tebingtinggi kembali melaksanakan Operasi Keselamatan Toba 2024, Minggu (17/03/2024).

Dalam pelaksanaannya, dipimpin oleh Ipda Andi selaku Kasatgas III Preventif dan Ipda HST Purba selaku Kasubsatgas Turjagwali, serta diikuti 8 personel Polres Tebingtinggi lainnya. Adapun lokasi operasi yaitu Jalan Yos Sudarso Simpang Beo dan Jalan HM. Yamin Kota Tebingtinggi – Sumut, karena dianggap rawan akan kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas. Pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2024 dihari kelima ini, petugas masih menemukan adanya beberapa pelanggaran di jalanan. Pelanggaran didominan dengan ditemukannya pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm berstandard SNI.

Selain itu petugas juga masih menemukan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi dan pengendara sepeda motor yang membawa boncengan lebih dari 1 orang.

“Dihari kelima ini, kami masih menemukan banyak pelanggaran lalu lintas yang di dominan oleh pengendara roda 2. Ada sekitar 80 pelanggar, dan kami berikan teguran kepada pelanggarnya sebagai efek jera supaya tidak terulang kembali dikemudian hari”, sebut Ipda Andi dalam keterangannya, Minggu (17/03/2024). (MS)

Pasca Pemilu, Bhabinkamtibmas Polres Tebingtinggi Beri Himbauan Kamtibmas

 

 

Tebingtinggi,AgaraNews.com // Pasca pemilu serentak yang jatuh pada 14 februari 2024 lalu, bhabinkamtibmas Polsek Bandar Khalifah Polres Tebingtinggi Bripka Mhd. Junaidy melaksanakan sambang ke Dusun III Desa Gelam Sei Serimah Kecamatan Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) – Sumut, Senin (18/03/2024).

Kedatangan bhabinkamtibmas ke desa itu untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat berupa ajakan agar bersama sama mengawasi anak remaja supaya tidak terlibat dalam kenakalan remaja seperti balap liar, pergaulan bebas maupun penyalahgunaan narkoba.

Selain itu agar tetap bersinergi menjaga situasi kamtibmas yang aman dan melaporkan kepada bhabinkamtibmas dan perangkat desa bila mempunyai masalah. Dan dapat juga menghubungi Call Center 110 dan Wa Polres Tebingtinggi 081260664044 bila memerlukan dan membutuhkan kehadiran pihak Kepolisian, karena nomor tersebut diperuntukkan menerima informasi dan keluhan masyarakat. Bhabinkamtibmas juga menginformasikan bahwa saat ini jajaran Polres Tebingtinggi sedang melaksanakan Operasi Keselamatan Toba 2024, untuk itu diharapkan bagi masyarakat yang akan bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor agar melengkapi kendaraannya dan menggunakan helm berstandar SNI dan safety belt. (MS)

Cooling System Bulan Ramadhan, Polsek Mardingding Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

 

Tanah Karo, AgaraNews. Com // Dalam upaya menjaga ketertiban aktivitas masyarakat selama bulan suci Ramadhan, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Mardingding Polres Tanah Karo Aiptu HP. Barus, melaksanakan kegiatan Cooling System, menemui warga masyarakat di desa Mbal Mbal Petarum Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Senin (18/03/2024).

Dalam kegiatan yang dilakukan tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada warga masyarakat, untuk menghormati bulan puasa dengan tidak melakukan perbuatan perbuatan menganggu ketenangan dan ketertiban umum.

Hal tersebut dimaksudkan agar umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dengan rasa aman dan nyaman.

“Hal ini kita lakukan juga dalam bentuk penghormatan terhadap bulan suci Ramadhan serta untuk menjaga kekhusyukan warga dalam menjalankan ibadah puasa dan solat tarawih”, kata HP. Barus.

Sementara itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, melalui Kapolsek Mardingding, menambahkan bahwa kegiatan Cooling System ini merupakan salah satu upaya pihak kepolisian dalam menciptakan lingkungan yang kondusif selama bulan suci Ramadhan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, akan tercipta suasana yang lebih tenang dan damai di lingkungan sekitar”, kata Kapolsek.

Dengan adanya imbauan dan kegiatan Cooling System yang dilakukan oleh pihak Kepolisian, diharapkan masyarakat dapat memahami pentingnya menjaga kekhusyukan bulan suci Ramadhan serta turut mendukung upaya Kepolisian dalam menciptakan lingkungan yang kondusif selama bulan penuh berkah ini.(Donal)

Polres Tanah Karo Patroli Malam Jaga Kondusifitas Malam Ramadhan

 

Tanah Karo, AgaraNews.com // Jajaran Piket Fungsi Polres Tanah Karo melalui giat rutin Patroli Malam, mobile ke jalur rawan gangguan kamtibmas untuk memberikan rasa aman sekaligus wujud kehadiran Polri di tengah masyarakat di malam bulan Ramadhan 1445 H / 2024.

Kegiatan rutinitas ini dilaksanakan dini hari, di moment saat masyarakat yang beragama muslim melaksanakan kegiatan sahur. Patroli dilaksanakan di jalur kota Kabanjahe, sambil menyalakan cahaya biri sambil sesekali menghidupkan sirine patroli, Selasa(18/03/2024) pukul 03.00 WIB.

Perwira Pengendali (Padal) Ipda Nisan Depari yang memimpin jalannya patroli, mengatakan pihaknya gencar lakukan patrol malam secara mobile dan stasioner mengantisipasi gangguan kamtibmas khususnya kejahatan jalanan.

“Kita mengantisipasi dan melakukan penindakan kejahatan jalanan antara lain Curat, Curas, Curanmor, Begal, Balap liar maupun kejahatan lainnya, mengingat malam ini juga sudah memasuki Bulan Ramadhan”, ujarnya.

Patroli dilaksanakan dari rute jalan protokol mulai Jalan. Jamin Ginting Kabanjahe, Jalan. Selamat ketaren, Simpang Enam Kabanjahe, Jalan. Lingkar Kabanjahe, Jalan. Kota Cane, Jalan. Kapten. Bangsi Sembiring dan Jalan. Veteran Kabanjahe. Dalam rute tersebut juga berhenti menyambangi objek vital Perkantoran Pemerintahan, BUMN dan tempat publik seperti Terminal dan SPBU.

Dilaporkannya, selama dalam pelaksanaan patroli tidak ditemukan adanya Tindak Pidana maupun kegiatan yang dapat meresahkan masyarakat, namun demikian pelaksanaan patroli terus dilakukan stand by hingga pagi hari. ( Donal)

Komunitas Gappura & Kodamas Deli Serdang Berbagi Keberkahan Dengan Membagikan Takjil di Bulan Ramadhan

 

Deli Serdang, AgaraNews. Com // Komunitas Gabungan Pandu Purna Pramuka, Komunitas Daun Emas berbagi keberkahan di pekan pertama Ramadhan. Dalam pelaksanaan programnya yaitu di bidang Kerohanian dan pengabdian masyarakat melaksanakan acara buka bersama dan pembagian Takjil Ramadhan , Minggu 17-03-2024 bertempat di Desa Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang tepatnya di depan Polsek Beringin. Acara tersebut di hadiri oleh kurang lebih 80 orang anggota Gappura dan Kodamas Kebun PTPN II Kuala Namu. Sebanyak 1000 paket di bagikan kepada masyarakat yang melintas di Jalan Umum Pantai Labu.

Kegiatan pembagian Takjil dihadiri juga oleh tokoh – tokoh masyarakat, Personel Polsek Beringin .

Kegiatan yang bernilai positif bersamaan dengan suasana Ramadhan bulan yang penuh berkah mendapatkan antusias dan apresiasi dari masyarakat. Setelah acara pembagian Takjil, kegiatan dilanjutkan musyawarah menentukan acara buka bersama dan pembagian Takjil berikutnya serta menentukan acara halal bil halal yang dipandu oleh ketua Gappura Deli Serdang Subagio kemudian dilanjutkan acara siraman rohani/kultum oleh pembina Gappura, Kodamas Z. Haris Wijaya. Kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama dan sholat Magrib berjamaah kegiatan Ini merupakan program awal Perdana Gappura setelah dilantik pada awal bulan Maret 2024.

Sebagai Organisasi yang baru lahir, dengan komponen warga Pramuka yang masih aktif dan yang sudah tidak, Gappura Deli Serdang kembali eksiss dalam mengembangkan program – program yang mendukung perkembangan serta pembangunan khususnya Kabupaten Deli Serdang yang saat ini di pimpin oleh bupati Deli Serdang sekaligus sebagai Ka. Kwarcab Deli Serdang.

Menjadi salah satu komponen masyarakat yang akan mendukung M. Ali Yusuf Siregar untuk maju sebagai Bupati Deli Serdang yang akan datang, kata Elman Siswanto selaku koordinator kegiatan.(Donal)

Personil Polsek Tigabinanga Melaksanakan Pengaturan Lalu Lintas Strong Point di Pagi Hari

 

Tanah Karo, AgaraNews. Com // Personil Polsek Tigabinanga melaksanakan pengaturan pagi di Simpang SMP Swasta Katholik Asisi Tigabinanga, wujudkan Kamseltibcarlantas, Kamis (18/03/2024) pukul 07.00 WIB.

Pengaturan lalu lintas di awal pagi adalah bentuk pelayanan rutin yang kita laksanakan untuk masyarakat.

Petugas Pengaturan lalin Bripka Samuel Sitepu dan Briptu Evan Andi Rajagukguk sangat bersemangat mengatur lalu lintas pagi.

Personil yang bertugas Bripka Samuel Sitepu memberhentikan pengendara untuk memprioritaskan pejalan kaki khususnya pelajar sekolah agar tidak terjadi laka lantas.

pada saat pengaturan lalin petugas juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu patuhi aturan berlalu lintas dan berhati hati saat berkendara.

Terpantau situasi arus lalu lintas saat ini ramai dan lancar.                     ( Lia Hambali)

#humaspolrestanahkaro

Polres Tanah Karo Laksanakan Pam Solat Tarawih di Mesjid Jajaran

 

Tanah Karo, AgaraNews. Com // Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman, dan lancar serta kondusif pada saat pelaksanaan Shalat Tarawih, Personel Polres Tanah Karo melaksanakan kegiatan pengamanan di Masjid di wilayah hukum Polres Tanah Karo, selama bulan Ramadhan.

Pengamanan dilaksanakan personel Polres Tanah Karo dan Polsek Jajaran di Wilkum masing masing, Minggu (18/03/2024) malam, di Mesjid – Masjid.

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, mengatakan bahwa pengamanan yang dilakukan personelnya ini, merupakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat khususnya umat muslim, Kabupaten Karo yang melaksanakan shalat Tarawih di bulan suci Ramadhan.

“Dengan kehadiran personel pengamanan, personel mengantisipasi segala bentuk gangguan kemanan sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman selama pelaksanaan ibadah”, ujar Kapolres.

Dilanjutkan Kapolres, pihaknya menjamin rasa aman untuk seluruh masyarakat, salah satu bentuknya adalah dengan menempatkan personel Polri untuk berpatroli dan berjaga pada mesjid mesjid tempat pelaksanaan Sholat Tarawih.

“Bersama kita menjaga Harkamtibmas khususnya selama bulan suci ramadhan ini, mari kita hormati bulan suci ramadhan dengan tidak melakukan perbuatan perbuatan yang dapat menganggu Kamtibmas”, pesan Kapolres.(Donal)

#humaspolrestanahkaro

Tabrakan Beruntun Dua Mobil Dan Satu Septor di Firdaus, Satu Orang Meninggal Dunia

 

 

Sergai,AgaraNews.com // Tabrakan beruntun melibatkan dua unit mobil dan satu sepeda motor terjadi di Jalan Medan-Tebingtinggi KM 55-56, tepatnya di depan Pesantren Zakiyun Nazah Dusun II Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) – Sumut, Minggu (17/03/2024).

Peristiwa lakalantas tersebut mengakibatkan seorang meninggal dunia di lokasi kejadian, serta 5 lainnya mengalami luka ringan dan menjalani perawatan di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah.

Mendapat informasi adanya lakalantas, Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu bersama personel Unit Gakkum langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TkP, mengevakuasi korban ke rumah sakit, dan mengamankan barang bukti, serta mengatur arus lalulintas. Kasat Lantas Polres Sergai, AKP Andita Sitepu melalui Ps Kasi Humas Iptu Edward Sidauruk, S.E., M.M., mengungkapkan, berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan saksi di lokasi kejadian, kecelakaan berawal saat minibus BK 1106 IB yang dikemudikan Iskandar Dinata (40), warga Kelurahan Pangkalan Mansyur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, dengan berpenumpang 4 orang yang merupakan istri dan 3 anaknya, datang dari arah Tebingtinggi menuju Medan.

Tiba di lokasi kejadian, diduga hendak mendahului kendaraan yang ada didepannya, namun tidak memiliki ruang yang cukup, serta tidak memerhatikan minibus penumpang BK 1497 HZ yang dikemudikan Sudarman (34), warga Dusun II Desa Bartong, Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai – Sumut, yang datang dari arah berlawanan, sehingga terjadi tabrakan.

Tidak hanya itu, sepeda motor BK 3802 TBW yang dikendarai Bambang Purwanto (42), warga Dusun Sawo VI Desa Seisuka Deras, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batubara, yang berada persis di belakang minibus penumpang BK 1497 HZ, juga ikut tertabrak.

“Akibat tabrakan tersebut, pengendara sepeda motor atas nama Bambang Purwanto mengalami luka berat dan meninggal dunia di lokasi kejadian,” sebutnya.

Sementara itu, lanjut edward, pengemudi minibus BK 1106 IB atas nama Iskandar Dinata beserta istri dan ketiga anaknya masing-masing atas nama Siti Sundari (36), Nazli Riskanaya (14), Abdullah Alkalifi (8), dan Umaizah Tisa Syafiya (1,5), hanya mengalami luka ringan berupa memar dan lecet, dan menjalani perawatan di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah. Sedangkan pengemudi minibus penumpang BK 1497 HZ atas nama Sudarman tidak mengalami luka.

“Kasusnya sudah ditangani. Barang bukti ketiga kendaraan yang terlibat tabrakan telah diamankan di Unit Gakkum Satlantas Polres Sergai guna proses lanjut,” jelasnya. (MS)

2 Hari Ops Keselamatan Digelar, Polda Sumut Tilang 520 Kendaraan

Medan, Agaranews.com //
Polda Sumut gelar Ops Keselamatan Toba 2024 , selama 2 hari Operasi (Ops) Keselamatan Toba 2024 digelar secara serentak di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Direktorat (Dit) Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Sumut mencatat pelanggaran lalu lintas.

Dari data yang diterima, Jumat (15/2/2024), selama 2 hari Ops Keselamatan Toba 2024 sebanyak 94 kendaraan terkena tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Statis, 14 kendaraan tilang ETLE Mobile, 520 kendaraan diberikan tilang manual dan 2.234 diberikan teguran karena melanggar aturan lalu lintas.

Kemudian, Ditlantas Polda Sumut juga mencatat sejumlah kejadian kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) dari dua hari Operasi Keselamatan Toba 2024 di antaranya dua orang meninggal dunia, lima orang luka berat, dua orang luka ringan, serta kerugian materi mencapai Rp28.200.000.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, saat dikonfirmasi mengatakan, digelarnya Operasi (Ops) Keselamatan Toba 2024 untuk mewujudkan tertib berlalulintas di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

“Polisi bertindak tegas terhadap pengendara yang berpotensi kecelakaan, seperti melawan arus dan melanggar marka jalan,” tegas Hadi.

Untuk diketahui, Polda Sumut dan jajaran secara serentak menggelar Operasi (Ops) Keselamatan Toba 2024 selama 14 hari sejak 12 hingga 25 Maret.

Kabid Humas mengungkapkan, keamanan, keselamatan dan ketertiban serta kelancaran (kamseltibcar) sangat diharapkan dan dibutuhkan masyarakat selaku pengguna jalan.

Berdasarkan data yang pada 2023 angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 6.739, terjadi peningkatan 4,2 persen. Sedangkan penindakan pelanggaran lalu lintas selama 2023 sebanyak 29.770 kasus.

“Selain meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, operasi juga bertujuan mewujudkan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan nyaman menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah,” pungkasnya.(Endi Nababan)

Pangdam Tanjungpura Pimpin Sertijab Danbrigif 19/KH

 

Singkawang, Minggu (17/3/2024), AgaraNews. Com // Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., pimpin Serah Terima Jabatan dan tradisi Komandan Brigade Infanteri 19/Khatulistiwa. Upacara Sertijab berlangsung di Lapangan Equator, Mabrigif 19/KH, Kota Singkawang. Jabatan Danbrigif 19/KH diserahterimakan dari Kolonel Inf Hasan Abdullah, M.Si (Han). M.P.M., kepada Letkol Inf Arief Wicaksana, S.H., M.Han., sebelumnya menjabat Pabandya 2/Pampers Spaban IV/Pam Sintelad. Pejabat lama menjabat Pamen Denmabesad.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, serah terima jabatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan profesionalitas dan produktivitas Komandan Satuan dalam membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien serta berguna bagi kemajuan TNI AD. Untuk itu dalam kesempatan berbahagia ini Mayjen TNI Iwan Setiawan mengucapkan terimakasih kepada Kolonel Inf Hasan Abdullah beserta istri, atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilaksanakan selama ini serta selamat bertugas di satuan baru.

“Semoga keberhasilan, kesehatan dan kesuksesan senantiasa menyertai saudara sekalian,” ucapnya.

Sedangkan kepada pejabat Danbrigif 19/KH yang baru beserta istri, Jenderal Bintang Dua ini mengucapkan selamat datang di Bumi Khatulistiwa dan selamat bertugas di Kodam XII/Tpr. Ia yakin Letkol Inf Arief Wicaksana mampu memimpin Brigif 19/KH dengan baik. “Saya yakin dan percaya berbekal wawasan, pengetahuan dan pengalaman dalam mengemban berbagai tugas dan jabatan sebelumnya, saudara akan mampu mengemban amanah ini dengan baik,” harapnya. Usai memimpin Sertijab, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan melaksanakan Safari Ramadhan dan acara lepas sambut Danbrigif 19/KH. Dalam kesempatan ini Pangdam XII/Tpr didampingi Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr memberikan santunan kepada anak yatim dilanjutkan buka puasa bersama.( Lia Hambali)

(Pendam XII/Tpr)

Menarik Perhatian Anggota Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Beginilah Kondisi Sekolah Di Wilayah Terpencil Perbatasan

 

Boven Digoel, AgaraNews. Com // Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB yang bertugas dibawah Kolakops Korem 174/Anim Ti Waninggap melalui Program binter Kitorang Basudara terus memberikan motivasi dan semangat belajar kepada murid sekolah di wilayah terpencil Papua Selatan, Senin (18/03/2024) Melalui Program Kampung Pancasila Anggota Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB melaksanakan kegiatan mengajar di SD YPPK Santos Andreas bertempat di Kampung Maju Distrik Arimob Kabupaten Boven Digoel Perbatasan Papua Selatan dalam rangkan membantu kekurangan tenaga pengajar disekolah tersebut,

Dansatgas Letnan Kolonel Inf.Agus Satrio Wibowo S.I.P, Mengungkapkan”, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian Satgas dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan pendidikan, selain membantu kekurangan guru, melalui program kampung pancasila ini saya berharap dapat memberikan motivasi dan semangat belajar kepada murid sekolah di wilayah terpencil Perbatasan Papua Selatan sehingga kehadiran satgas dapat dirasakan langsung manfaatnya,”Ujar Dansatgas. Bapak Lukman, selaku kepala sekolah mengatakan”,, Kami sangat senang dengan Program Pendidikan Satgas selain membantu kekurangan guru, materi yang diajarkan juga sangat bagus untuk generasi muda penerus bangsa ini, saya lihat mereka senang dan antusias menerima materi yang diberikan anggota Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB dan kami mengucapkan banyak terimakasih,”Ujarnya. Materi yang diajarkan juga bervariasi dari pengenalan tentang Pancasila, sejarah dan budaya serta materi lapangan seperti baris berbaris dan lainnya,

Dengan ditanamkannya wawasan kebangsaan kepada generasi muda ini diharapkan ke depan mereka dapat mewujudkan generasi yang kuat, rukun, sejahtera, bersatu dan menjadi penerus bangsa yang berdaya saing tinggi.(Lia Hambali)

Danrem 023/KS Irup pada Upacara Bendera 17-an bulan Maret TA.2024

 

Sibolga, AgaraNews. Com // Bertempat di lapangan Apel Komandan Korem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera 17an Senin (18/03/2024) Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan yang dibacakan Danrem 023/KS mengatakan alhamdulillah kita telah sukses menjadi tuan rumah event internasional F1H2O pada seri kedua yang diselenggarakan pada tanggal 29 februari sampai dengan 3 maret 2024 yang lalu di Balige Danau Toba.

Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi
kita, oleh karena itu saya selaku Pangdam I/BB dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan yang terlibat langsung maupun tidak langsung. Lebih lanjut Pangdam mengatakan kita sudah memasuki hari ketujuh puasa ramadhan 1445 Hijriah, dimana bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. sehubungan dengan hal tersebut,

saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1445 hijriah
kepada Prajurit dan Pns beserta keluarga yang beragama islam dimanapun berada dan
bertugas.

Jadikan ibadah puasa ini sebagai sarana Interopeksi diri dan mendekatkan diri kepada sang maha pencipta, baik secara pribadi maupun kedinasan. jangan dijadikan sebagai
alasan untuk tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan optimal namun jadikan tugas sebagai ladang ibadah yang bernilai. Untuk kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 5 maret 2024 yang lalu telah dilaksanakan rapat pimpinan Kodam I/BB dimana pada Rapim tersebut telah disahkan program kerja dan anggaran Kodam I/BB tahun 2024, yang merupakan pedoman bagi satuan kerja jajaran Kodam I/BB dalam melaksanakan tugas pokok selama tahun 2024.

Melalui kesempatan yang baik ini,
saya menginstruksikan kepada para
komandan satuan jajaran Kodam I/BB untuk mensosialisasikan pokok-pokok kebijakan Pangdam kepada seluruh prajurit dan pns di satuan jajaran masing-masing.

diakhir amanat ini marilah kita menyikapi situasi pasca Pemilu 2024 yang sampai saat ini masih dalam proses rekapitulasi perhitungan suara oleh KPU, agar kita selalu
monitor dan siap membantu kepolisian jika dibutuhkan.

Untuk itu, tegakkan komitmen kita untuk tetap netralitas. selalu monitor dengan melakukan deteksi dini dan cegah dini potensi kerawanan yang mungkin dapat terjadi.( Lia Hambali)

(riilpenrem023ks)

Danrem 022/PT ajak Masyarakat Sukseskan Proyek Bendungan Lau Simeme Kecamatan Biru Biru

 

Pematang Siantar, AgaraNews. Com // Proyek Bendungan Lau Simeme di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, saat ini masih dalam proses pengerjaan oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera II. Korem 022/PT Beserta jajaran Siap mendukung demi suksesnya proyek ini hingga tuntas.
“Proyek Strategis Nasional ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Korem 022/PT akan siap mendukung suksesnya proyek ini sampai tuntas,” ujar Danrem 022/PT Kolonel Agustatius Sitepu S.Sos, M,Si, M,Han , Minggu (17/3/2024). Kolonel Agustatius Sitepu terjun langsung untuk mengecek proyek bendungan itu. Menurutnya, bendungan ini sangat dibutuhkan masyarakat guna mendukung lahan pertanian di Sumut. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat agar turut bekerjasama dalam mendukung suksesnya proyek tersebut. Hal ini disampaikan oleh Danrem 022/PT saat melakukan peninjauan dan Tatap Muka dengan Tokoh Masyarakat serta perwakilan masyarakat di wilayah tersebut. Pada kesempatan tersebut, Kolonel Agustatius menyampaikan beberapa hal yaitu yang Pertama Menghimbau agar para Kepala Desa membantu menjadi mediator sehingga permasalahan dapat selesai dengan cepat. Kedua Agar masing-masing pihak masyarakat dan Kontraktor menepati kesepakatan tanpa ada kepentingan yang bersifat pribadi. Ketiga Membuka persoalan secara jujur dan terbuka demi percepatan penyelesaian. Keempat Agar masyarakat tidak mengganggu jalannya percepatan penyelesaian proyek sampai dengan selesai pekerjaan. Kelima Apabila ada aspirasi dan masalah yang belum selesai agar di laporkan dan di selesaikan bersama, jangan menggunakan aksi yang dapat menghambat penyelesaian proyek. “Kendati masih ada beberapa masalah yang belum selesai, saya berharap agar semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik”, Ujar Danrem.

Pada kesempatan yang sama, salah satu Tokoh Masyarakat yaitu Camat Biru Biru Bpk. Dany Mulyawan mengatakan “Jika proyek ini selesai, pasti sangat bermanfaat untuk masyarakat, karena air yang disimpan di dalam bendungan dapat dialirkan ke lahan pertanian melalui sistem irigasi, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian,sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan produksi pangan,” ujarnya. Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu, S.Sos., M.Si., M.Han, Dandim 0204/DS (Letkol Inf Alex Sandri, S.Hub.Int, M.H.I), Danramil 04/SBB Kapten Arh AW Sembiring, Camat SBB Rahmad Hidayat S.IP, Kades Kuala Deka (Komando Ginting), Kades Rumah Gerat (Pengerpan Ginting), kades Mardinding (Amaran Ginting) , Kades Sarilaba Jahe (Horas Hutapea) , Desa Penen (Gunanta Tarigan) , Koorlap (Piter Tarigan).                         ( Lia Hambali)

Cegah Pencemaran Lingkungan, Serda Parji Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Sungai

 

Tulungagung, AgaraNews. Com // Babinsa Desa Balerejo Serda Parji dan Bhabinkamtibmas Bripka Pratama bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sungai di Desa Balerejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Minggu (17/03/2024).

Musim penghujan seringkali membawa berbagai macam dampak negatif, salah satunya adalah meningkatnya potensi pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama-sama dengan masyarakat setempat turun ke lapangan untuk membersihkan lingkungan sekitar sungai.

Serda Parji selaku Babinsa Desa Balerejo menyatakan, “Kegiatan kerja bakti ini bukan hanya sekedar membersihkan lingkungan fisik, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari gotong-royong dan kepedulian terhadap lingkungan.”

Selain itu, Serda Parji juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. “Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk selalu berperan aktif dalam menjaga kamtibmas. Lingkungan yang bersih dan terawat juga merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua,” ujarnya.(Lia Hambali)

Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Danmen Arhanud 2/SSM dan Penyerahan Jabatan Kabintaljarahdam serta Tradisi Korps

Medan, AgaraNews. Com // Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab) Danmen Arhanud 2/SSM dan penyerahan jabatan Kabintaljarahdam I/BB serta Tradisi Korps Penerimaan /Pelepasan, bertempat di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan, Minggu (17/3/2024). Danmen Arhanud 2/SSM diserahterimakan dari Kolonel Arh Aji Prasetyo Nugroho, S.Sos, MM (Akmil 2000) kepada Letkol Arh R Jatmiko Adhi PC, SE, MIPol (Akmil 2001).

Sedangkan jabatan Kabintaljarahdam I/BB diserahkan Kolonel Caj Antony Tambunan (Akmil 1997) kepada Pangdam I/BB. Di waktu dan tempat yang sama juga digelar Tradisi Korps Penerimaan Perwira Menengah (Pamen), yakni Kolonel Inf Mochammad Ridwan, SIP (Akmil 1994) sebagai Pamen Ahli Kodam I/BB yang baru. Dalam kesempatan itu, Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama beserta istri masing-masing, dan mendoakan sukses dalam mengemban tugas dan tanggung jawab pada jabatan selanjutnya. Begitu juga kepada pejabat baru beserta istri masing-masing, Pangdam mengucapkan selamat datang dan bergabung menjadi Keluarga Besar Kodam I/BB. “Segera beradaptasi dengan tugas dan lingkungan sekitar serta kembangkan hasil yang telah dicapai oleh pejabat lama dengan menciptakan kreasi dan inovasi baru agar kinerja satuan terus meningkat,” pesan Mayjen Hasan. Hadir dalam acara, antara lain Kasdam, Irdam, Kapoksahli, para Pamen Ahli, para Asisten, LO TNI AL, LO TNI AU, para Kabalak serta para Dansat jajaran Kodam I/BB, dan Ketua Persit KCK PD I/BB beserta pengurus dan jajaran.             ( Lia Hambali )

Sumber: Pendam I/BB

Berbagi Berkah di Bulan Suci : DPD KNPI Lampung Gandeng SKIn Lampung

 

Bandar Lampung, AgaraNews. Com // Di bulan Ramadhan ini (1445 Hijrah) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Lampung kembali melakukan giat berbagi sembako. Kali ini dilakukan di area Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung. Minggu, 17 Maret 2024. Dalam giat kali ini, DPD KNPI Lampung berkolaborasi dengan Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Lampung. Ada sekitar puluhan paket sembako yang dibagikan di beberapa Kelurahan Kecamatan. Sukarame, yaitu Kelurahan Waydadi, Kelurahan Waydadi Baru, Kelurahan Korpri Raya dan Kelurahan Sukarame. Paket sembako tersebut ditargetkan kepada warga yang membutuhkan (tepat sasaran). Adapun tujuan kegiatan ialah membantu warga agar kebutuhan pangan dapat tercukupi atau meringankan warga. Ketua DPD KNPI Lampung, Iqbal Ardiansyah, S.Si.,MM berharap kehadiran KNPI ditengah-tengah masyarakat dapat berdampak positif.

“Sebagai pemuda, kita harus bergerak melakukan hal-hal positif, dan berdampak pada masyarakat,” tuturnya. Disamping itu, ketua SKIn Lampung, Wawan Sah mengajak semua komponen pemuda dan masyarakat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah. “Kami senang bisa berkontribusi di bulan Ramadhan ini, kami harap semua komponen masyarakat bisa Fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan),” tuturnya.                 ( Lia Hambali)

Walikota Tanjungbalai Hadiri Safari Ramadhan 1445.H.DPD KNPI Energi of Harmoni Tanjungbalai di Masjid Rahmad Syuhada

Tanjungbalai, Agara News. Com //  Walikota Tanjungbalai H.Waris Tholib, S.Ag,MM Hadiri Safari Ramadhan 1445.H/2024 di Masjid Rahmad Syuhada Jl.Yos Sudarso Kelurahan Kapias Pulau Buaya Kecamatan Teluk Nibung 14/03/2024 Sekitar Pukul 20.00 Wib.

Dalam Kesempatan itu Rombongan DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai yang Dipimpin Oleh Ketua DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai Zulham Effendi,S.sos,SH dan Sekretaris Azri,SH Mengatakan Bahwa Safari Ramadhan ini Sudah Menjadi Kalender DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai Setiap Tahunnya Ujar Zulham Effendi,S.sos,SH yang diliput oleh Agara News.Com dari Masjid Rahmad Syuhada. Walikota Tanjungbalai H.Waris Tholib, S.Ag,MM Dalam Sambutannya Mengatakan Bahwa Mengapresiasi DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai yang Mengagendakan Kegiatan Safari Ramadhan sebagai Kalender DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai Setiap Tahunnya Berarti DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai Peduli Terhadap Kegiatan Keagamaan ujar Walikota Tanjungbalai.

DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai juga Memberikan Penalih Kasih Kepada BKM Masjid Rahmad Syuhada Berupa Sembako dan Sajadah sebagai Pendukung Kegiatan Selama Ramadhan Beelangsung yang diserahkan Ketua DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai Zulham Effendi,S.sos, SH yang di dampingi Sekretaris Azri, SH diterima Oleh Ketua BKM Masjid Rahmad Syuhada Jamaluddin Purba,SPd.

Hadir Dalam Safari Ramadhan 1445.H Tahun 2024 di Masjid Rahmad Syuhada Walikota Tanjungbalai H.Waris Tholib, SAg,MM Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Drs.Syahrial Bakti, SH Ketua DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai Zulham Effendi,S.sos, SH Sekretaris Azri,SH Pengurus DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai OKI dan OKP Ketua BKM Masjid Rahmad Syuhada Jamaluddin Purba,SPd dan Jama’ah Tarawih Masjid Rahmad Syuhada.

Acara Safari Ramadhan 1445.H DPD KNPI Energi of Harmoni Kota Tanjungbalai di Masjid Rahmad Syuhada Berakhir Pada Pukul 22.15 Wib Dengan Situasi Aman tertib lancar dan Kondusif.
(Laporan : Sofyan Parinduri BA-Kabir)