Akhiri Program Dapur Umum Relawan Tanggap Bencana Mohon Pamit

Redaksi Jawa Tengah

- Redaksi

Rabu, 9 Maret 2022 - 08:58 WIB

40388 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Susel|AGARANEWS.COM Relawan tanggap bencana Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan resmi mohon pamit meninggalkan Kecamatan Pasilambena, usai menuntaskan program dapur umum selama kurang lebih satu bulan.

 

Program dapur umum mulai dioperasikan di lokasi pengungsiang Dusun Tadu-Tadu, di sisi sebelah timur, Desa Garaupa Raya, pada hari, Selasa, (25/01) dan resmi berakhir, pada hari Jumat, (25/02).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

.

Mengusung tagline, kami selalu hadir bekerja dan mengabdi dengan hati, program dapur umum dioperasikan dalam rangka untuk memback up saving ketersediaan logistik bantuan warga korban gempa sampai dengan berakhirnya musim barat tahun 2022.

 

Koordinator Relawan Bencana Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Fadly Daeng Biritta berharap agar kehadiran program dapur umum dapat memback up saving ketersediaan logistik bantuan korban gempa hingga akhir cuaca ekstrem.

 

Kehadiran program dapur umum juga diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka warga korban bencana gempa magnitudo 7,5 SR yang terjadi pada sekira pukul 11.35 Wita, hari, Selasa, 14 Desember 2021 silam.

Baca Juga :  DPR Apresiasi Polri Ungkap Perusahaan Pinjol Ilegal

 

Dihandle dan diback up oleh empat belas orang tenaga relawan lokal, program dapur umum diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya kader-kader relawan tanggap bencana andalan terlatih yang terbiasa bergerak cepat dan agresif dalam menyikapi setiap bentuk kejadian dan potensi bencana di sekitar mereka.

 

Tenaga relawan lokal diharapkan akan menjadi piont-piont penggerak utama yang akan berada digaris terdepan melakukan edukasi, evakuasi, dan penyelamatan, saat terjadi bencana, sebelum tibanya, bantuan komando operasi (BKO) tambahan dari luar.

 

Mereka juga diharapkan akan menjadi prajurit andalan yang akan bergerak menggalang donasi, menyalurkan, dan mendistribusikan logistik bantuan bagi korban bencana dan sekaligus memback up dapur umum, saat dibutuhkan.

 

Lebih lanjut, dia menyampaikan permohonan maaf atas segala bentuk kesalahan, kekhilafan, sepak terjang, tutur kata, dan perbuatan yang menyinggung perasaan warga, dan atau pemerintah, selama berlangsungnya program dapur umum.

 

Ia juga memohon maaf kepada seluruh elemen masyarakat yang sama sekali belum sempat tersentuh suplay bantuan posko relawan tanggap bencana.

Baca Juga :  Kapolda Sulsel Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa Dokter RS. Bhayangkara Penemu Terapi Pengobatan Penderita Covid 19*

 

Ia memohon maaf karena porsi bantuan yang sempat diantar, dikawal, dan didistribusikan di lapangan jumlahnya sangat terbatas, tidak memadai, dan dipastikan tidak dapat memuaskan semua pihak.

 

Logistik bantuan sebanyak kurang lebih enam puluh lima paket yang dibelanjakan dari total bantuan uang tunai, senilai kurang lebih dua belas juta tujuh ratus ribu rupiah hanya mampu menutupi kebutuhan bantuan untuk enam puluh lima kepala keluarga korban dampak gempa dari total jumlah data korban terdampak yang mencapai angka lima ratus enam puluh satu kepala keluarga.

 

Kendati begitu, Andi Fadly berharap agar warga tidak berkecil hati dan tetap bersabar menanti bantuan tahap berikutnya yang masih akan terus didistribusikan posko relawan tanggap bencana sampai dengan akhir bulan Maret 2022.

Biro su sel: dgrita

Red.          : Hansjateng

Berita Terkait

Kasus 167 Barombong Kehilangan Penegakan Hukum Tahbang Polrestabes Makassar
Kawal Pemanggilan H Rahmat Oleh Penyidik Tahbang Polrestabes Makassar ” DALAM PEMERIKSAAN RINCIK” Terindikasi Kecurangan Bisa Terulang Lagi
DPR Apresiasi Polri Ungkap Perusahaan Pinjol Ilegal
Lurah Benteng, Babinsa Dan Ketua LKK Kelurahan Benteng Tandatangani Berita Acara Pemilihan Lingkungan Benteng Dua
Rapikan Data Penerima Bansos Lurah Kumpulkan Tiba-Tiba Perangkat Pemerintahan
Menumpangi KMP. Takabonerate GM PT. ASDP Indonesian Ferry (Persero) Tinggalkan Selayar
Dikemas Dalam Nuansa Syawalan Acara Diskusi Demokrasi dan Pelantikan Pimpinan IMM Cabang Selayar, Dihadiri Ketua KPU Selayar
Pimpin Apel Besar Operasi Ketupat 2022  Drs. Mesdiyono, M., E.c., Dev, Bacakan Sambutan Seragam Kapolri

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 07:38 WIB

Pengadaan Baju Linmas Pegulu Kute Belanja Langsung Ke Usaha Dagang.

Rabu, 24 April 2024 - 23:19 WIB

Yonarmed 11/GG/2/2 Kostrad Latihan Mountaineering dan Senam Praktek

Rabu, 24 April 2024 - 23:15 WIB

Puji Tuhan, Mama Veronica Terima Kasih Bapak TNI Sudah Kasih Obat dan Vitamin Gratis

Rabu, 24 April 2024 - 23:06 WIB

Melalui Patroli Malam, Polres Tanah Karo Pastikan Situasi Kamtibmas Malam Hari Kondusif

Rabu, 24 April 2024 - 15:36 WIB

Babinsa Sertu Sutarman Giat Kumpulkan Data Teritorial Desa Bertungen Julu: Menjaga Ketahanan Wilayah dan Mendukung Pembangunan Desa

Rabu, 24 April 2024 - 15:33 WIB

Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Rabu, 24 April 2024 - 15:30 WIB

Bersama Perangkat Kecamatan, Warga, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Laksanakan Goro Bersama

Rabu, 24 April 2024 - 15:19 WIB

Babinsa Koramil 02/Sidikalang Berbagi Cerita dan Keakraban di Kedai Ibu Tina Simarmata

Berita Terbaru