Berawal Dari Geber Motor, Polresta Deli Serdang Tangkap Tersangka Begal dan Tersangka Geng Motor.

Hidayat Desky

- Redaksi

Sabtu, 9 Maret 2024 - 20:40 WIB

4063 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Deli Serdang AGARANEWS.COM

Polresta Deli Serdang berhasil meringkus geng motor dan begal yang sudah sangat meresahkan masyarakat, Jumat (08/03/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal ini terungkap saat Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol. Raphael Sandhy Cahya Priambodo, SIK di dampingi Wakapolresta Deli Serdang, AKBP. Juliani Prihartini, SIK., MH, Wakasat Reskrim Polresta Deli Serdang, AKP. Natanael Sitepu bersama Kasi Humas Polresta Deli Serdang, Iptu. JM Gabe Napitupulu menggelar konfrensi pers di Aula Terbuka Polresta Deli Serdang terkait pengungkapan selama satu Minggu terakhir atas penangkapan geng motor dan tersangka modus begal di wilayah hukum Polresta Deli Serdang, Jumat (08/03/2024) sore.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta menyampaikan yang di lakukan oleh geng motor ini adalah secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang yang sebagaimana dalam Pasal 170 Ayat 2 huruf kedua dari KUH Pidana Junto Undang-Undang Nomor : 11 Tahun 2012 tentang sistem Peradilan Anak.

Lanjutnya, saat ini sudah di amankan dua orang yang merupakan salah seorang dari kelompok geng motor yang melakukan penyerangan terhadap warga di Jalan Imam Bonjol Perumahan PT. KAI Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

“Tersangka yang kami amankan ada dua orang yaitu adalah DRR (17) laki-laki warga Dusun 7 Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, dan yang kedua adalah DNA (17) laki-laki warga Dusun 1 Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang,” ujar Kapolresta.

Kombes Pol Raphael juga menyebutkan telah mengamankan sejumlah barang bukti.

“Barang bukti yang kami amankan yaitu adalah satu buah sweater hoodie warna merah bertuliskan supreme dan satu buah jaket gojek berwarna hijau kemudian 1 unit sepeda motor Honda Vario 125 warna putih dan juga satu buah kunci kontak sepeda motor. Honda Vario tersebut motif dari para pelaku yang melakukan aksinya,” ucapnya.

Modus penyerangan, lanjutnya pelaku DRR dan DNA tidak terima  karena di lempari oleh korban saat pelaku DRR dan DNA bersama teman pelaku konvoi dengan menggeber sepeda motor. Korban, RJ (38) laki-laki warga Jalan Imam Bonjol Perumahan PT. KAI Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga :  Salurkan Tali Asih Kapolsek Bandara Kualanamu Berikan Sembako ke Petugas Kebersihan Jalan Bandara Kualanamu

“Korban saat ini masih dalam perawatan tapi sudah bisa kembali ke rumah, korban mengalami luka robek di bagian pipi sebelah kiri kemudian luka robek di bagian punggung sebelah kiri kemudian luka lecet dan berdarah di bagian tangan kiri serta luka lecet dan berdarah di bagian lutut kaki sebelah kanan,” sebutnya.

Kombes Pol Rhapael menceritakam kronologi kejadian, pada hari Jumat (01/03/2024) lalu sekira pukul 02.00 WIB tersangka DRR dan DNA berkumpul di Lapangam Purwo Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Tersangka bersama dengan teman dan geng motor SL Geston dan geng motor Parson dengan jumlah kurang lebih 50 orang.

Di ketahui, maksud dan tujuan berkumpul tersebut adalah persiapan untuk berangkat ke Lubuk Pakam menyerang anggota geng motor Lavender dan mereka bersama-sama konvoi melewati wilayah lawan.

“Saat melewati daerah tersebut tersangka melakukan geber-geber sepeda motor sehingga mengundang masyarakat yang telah tidur merasa terganggu yang tentunya saat itu sudah larut malam sekira pukul 02.00 WIB. Masyarakat yang merasa terganggu melempari anak-anak geng motor tersebut. Setelah itu mereka berhenti dan mengejar korban, saat itulah korban mengalami kekerasan,” jelas Kombes Pol Raphael.

Menurutnya, senjata tajam atau celurit mengenai kepala korban, pipi dan tangan, setelah itu mereka melarikan diri.

“Saat ini kami sudah mengamankan dua orang tersangka yakni pelaku utama dan masih kita kembangkan prosesnya. Dan ini juga menjawab kegalauan masyarakat di mana kami dari Polresta Deli Serdang tetap melakukan upaya-upaya untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan di area publik,” tandas Kapolresta.

Kapolresta juga menyampaikan kasus yang berkaitan dengan geng motor juga di mana kemarin apa pada tanggal 3 Maret 2024 pukul 18.00 WIB di Jalan Arteri Kualanamu Desa Penara Kebun telah terjadi tindak pidana secara bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap anak korban atas nama Fitrah Nugraha yang di lakukan oleh terlapor atas nama AK dan kawan-kawan dengan cara korban atas nama Fitrah Nugraha akan kembali pulang ke rumah ketika di jalan tiba-tiba terlapor atas nama AK langsung menarik dan menyekap leher korban atas langsung memukul korban dan pada bagian wajah muka yang membuat korban tidak sadarkan diri, akibat kejadian tersebut korban atas nama Fitrah luka bakar pada bagian kepala sebelah kiri dan dahi titik kiri mata luka memar dan kemerahan telinga dan seluruh badan terasa sakit selanjutnya korban Fitrah Nugraha di tolong oleh dua orang laki-laki yang tidak di ketahui namanya di antara kemasan rumah korban dan korban di bawah Rumah Sakit Sari Mutiara dan di Rawat di Ruang ICU.

Baca Juga :  Kapolresta Deliserdang Pimpin Langsung Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2022.

“Atas kejadian ini kita kenakan pasal yang sama yaitu adalah Pasal 170 Ayat 2 huruf 2 Pidana dan atau Pasal 80 Ayat 2 Undang-Undang Nomor : 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak di mana ancaman hukumannya adalah 5 Tahun 6 Bulan.

Dapat kami sampaikan bahwa untuk para tersangka ini masih di bawah umur dan sudah kita lakukan proses dan masih tetap kita kembangkan supaya kita menjaga keamanan dan kenyamanan area publik,” tegas Kapolresta.

Kapolresta juga menyampaikan bahwasanya tersangka di cek tast urinenya, hasilnya negatif.
Kapolresta juga menyampaikan jelang Bulan Puasa akan lakukan patroli Subuh di mana kita untuk mereduksi atau mitigasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Ia juga meminta para orang tua agar bekerja sama menjaga anak, khususnya jam kritis agar tidak keluar rumah.

(HARIANTO SIAHAAN)

Berita Terkait

DPD Komnas WI Kabupaten Deli Serdang Buka Puasa Bersama Dalam Kesederhanaan
Penetapan Tersangka Atas Kepemilikan Senpi, Edy Suranta Gurusinga Prapidkan Kapolri, Kapoldasu, dan Kapolrestabes
Gappura Deli Serdang Buka Puasa Bersama Dengan Para Santri /Santriwati Rumah Tahfiz Al Qoumi
20 Ramadhan Purna Putra/Putri Paskibra Beringin ,Tetap Aksis Dengan Bagi-bagikan Ratusan Takjil
Komunitas Daun Emas (Kodamas) Pramuka PTP IX Kembali’ Bagikan Takjil di Desa Bili Cina 
Komunitas Gappura & Kodamas Deli Serdang Berbagi Keberkahan Dengan Membagikan Takjil di Bulan Ramadhan
Ketua DPRD Deli Serdang Ikut Melepas Keberangkatan Presiden RI, Joko Widodo Melanjutkan Kunker ke Kota Tanjungbalai
Ternyata Tidak Benar,..!!! Kades Marindal II Diduga Tipu Caleg DPRD Deli Serdang

Berita Terkait

Minggu, 14 April 2024 - 23:20 WIB

Panglima TNI Hadiri Milangkala Ke-5 Paguyuban BMP

Minggu, 14 April 2024 - 23:13 WIB

Lebanese Coffee Sarana Pendekatan Kepada Masyarakat Dier Siriane Lebanon Selatan

Minggu, 14 April 2024 - 23:09 WIB

Presiden Jokowi Berwisata Ke Pasar Buah Berastagi, Dandim 0205/Tanah Karo Perintahkan personel Laksanakan Pengamanan

Minggu, 14 April 2024 - 16:11 WIB

Bravo,..!!! IPDA F Sigalingging Dengan Sigap Membantu Pengunjung Yang Terjatuh di Kamar Mandi Area Wisata Penatapan

Minggu, 14 April 2024 - 14:59 WIB

Presiden Jokowi Belanja Buah dan Sayur di Pasar Buah Berastagi

Minggu, 14 April 2024 - 14:47 WIB

 Sat Lantas Polres Tanjung Balai Gelar Blue Light Patrol Cegah Ugal Ugalan dan Kejahatan Jalanan

Minggu, 14 April 2024 - 14:27 WIB

Pos Napan Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Berikan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat

Minggu, 14 April 2024 - 14:21 WIB

Sigap,..!!! Anggota Pos Pelayanan Ops Ketupat Polres Tanah Karo Berikan Pertolongan Pertama Laka Lantas

Berita Terbaru

HEADLINE

Panglima TNI Hadiri Milangkala Ke-5 Paguyuban BMP

Minggu, 14 Apr 2024 - 23:20 WIB

HEADLINE

Presiden Jokowi Belanja Buah dan Sayur di Pasar Buah Berastagi

Minggu, 14 Apr 2024 - 14:59 WIB