Berkunjung Ke Gayo Lues, Kadistanbun Aceh Panen Cabai di Lahan Kelompok Tani Jongok

admin

- Redaksi

Jumat, 30 September 2022 - 00:06 WIB

40172 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GAYO LUES- Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Kadistanbun) Provinsi Aceh , Ir Cut Huzaimah MP.lakukan kegiatan panen perdana tanaman cabai merah (Capsicum annum L) di Lahan Kelompok Tani Jongong, Binaan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Desa Belang bengkik Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues, Kamis (29/9/22).

Selain Kadistanbun Aceh, acara panen perdana juga dihadiri Kadis Pangan Aceh Cut Yusminar A. Pi, M. Si., Bupati Gayo Lues, H. Muhmmad Amru dan Wakilnya H. Said Sani, Kadis Pertanian Gayo Lues Juanda Syahputra, S. H, M. H. bersama para Kabidnya, Forkopimda Gayo Lues, Para Camat, Muspika Blangpegayon serta Penyuluh Pertanian dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Blangpegayon.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kehadiran Kadis tersebut di Kabupaten Gayo Lues memang sebelumnya sudah diagendakan, mengingat dalam waktu dekat Petani tanaman cabai di Kabupaten Gayo Lues akan memasuki Panen raya. Di Desa Belang bengkik kecamatan Blangpegayon saja sekitar 93 hektar dalam waktu dekat akan memasuki masa panen hal itu belum termasuk di desa lain di Gayo Lues.

Baca Juga :  Paska Panen Babinsa 07/Blangjerango Berikan Motivasi Petani Bawang

 

Terkait dengan penen perdana yang dilakukan, Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir Cut Huzaimah, MP. menuturkan, pemenuhan komoditi pertanian merupakan tanggung jawab kita bersama, teruma cabai merah merupakan salah satu komoditi dari sepuluh bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman ini juga sebagai inflasi yang merupakan tugas negara untuk mencapai pengendalian dari inflasi tersebut.

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan cabai yang terus meningkat diselaraskan dengan laju pertumbuhan penduduk, pemerintah akan terus berupaya mendorong produksi tanaman cabai, hingga target produksi yang ditetapkan dapat tercapai dengan baik walaupun begitu besarnya tantangan yang dihadapi, seperti ketersedian lahan dan musim tanam.

“Sebagai mana dimaklumi, aceh merupakan salah satu daerah penghasil cabai dengan katagori surplus, agar ini dapat dipertahankan, dengan ini kami menghimbau kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk bersama-sama melakukan segala upaya dalam rangka mempertahankan produksi tanaman cabai tersebut”, Sampainya.

Cut Huzaimah juga menjelaskan, selama ini permasalahan yang sering terjadi pada komoditi tanaman cabai yaitu oper produksi, sehingga mengakibatkan menurunnya harga jual. Meskipun sewaktu-waktu harga cabai mengalami kenaikan, namun pada saat menjelang panen raya harga menjadi drop. Untuk mengatasi persolan tersebut perlu mengatur pola tanam agar cabai tersedia sepanjang waktu.

Baca Juga :  Gayo Lues GalakkanTolak KDRT Terhadap Kaum Wanita

Huzaimah juga menjelaska, Dinas pertanian akan terus mendukung pengembangan tanaman cabai merah di kabupaten Gayo Lues, salah satu upaya yang dilakukan, Distanbun Aceh akan membantu Sarana produksi (Saprodi) lengkap seluas 5 (Lema) hektar untuk para petani di Desa Blangbengkik kecamatan Blangpegayon

Bukan hanya Saprodi Cabai Merah, Distanbun juga memberikan berbagai bantuan saprodi pertanian kepada Petani Gayo Lues diantaranya, 5 hektar bantuan penangkar bawang merah, 5 kektar pengembangan bawang merah, 2 unit mesin pengolah buah tanaman cabai, 50 batang bibit naman alpukat, 1500 batang bibit tanaman kopi, 4 hektar saprodi tanan kentang untuk petani Blangpegayon dan 280 hektar benih padi yang akan disebar di seluruh Gayo Lues. (Syukri)

Berita Terkait

Satreskrim Polres Gayo Lues Gelar Pengecekan SPBU di Wilayah Hukum Polres Gayo Lues Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024
Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues
Fauzul Iman, ST, MSi. Kembali Dipercaya Menduduki Jabatan Kepala BNNK Gayo Lues
Ketua DPRK Gayo Lues H.Ali Husin Sampaikan Ucapan Marhaban Ya Ramadhan
Kapolres Gayo Lues Serahkan Daging Tradisi Meugang untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan Kepada Personel, Personel Brimob dan Insan Pers
Polres Gayo Lues Temukan Enam Hektar Ladang Ganja di Kaki Gunung Leuser Desa Agusan
Buntut Laporan Dua Tenaga Honorer Tidak Mau Cabut LP Diduga Kecurangan P3K di Puskesmas Rikit Gaib Berbuntut Pemecatan, Ada Apa. ???
Ketua GMBI Gayo Lues Bakal Laporkan Bawaslu Ke DKPP Pusat

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 12:24 WIB

Polres Tanah Karo Berikan Pengamanan Pelaksanan Ibadah Jumat Agung di Gereja Jajaran

Jumat, 29 Maret 2024 - 12:21 WIB

Sat Pam Obvit Polres Tanah Karo Optimalkan Patroli Malam Ramadhan, Sambangi Objek Vital Jajaran

Jumat, 29 Maret 2024 - 12:18 WIB

Bupati Karo Sampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Karo TA. 2023 Unaudited ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara

Jumat, 29 Maret 2024 - 12:11 WIB

Kodim 1702/ Jayawijaya Ajak Pegawai dan Masyarakat Bersihkan Icon Tugu Salib Kota Wamena

Jumat, 29 Maret 2024 - 12:03 WIB

Badan Kemakmuran Masjid Taufiq Kabanjahe Peringati Malam Nuzul Quran Sekaligus Pengumuman Hadiah Gebyar Ramadhan 1445 H 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:52 WIB

Berbagi Senyuman Dengan Takjil, Dandim 1007/Bjm dampingi Ketua Persit KCK Cab XXX Dim 1007/Bjm beserta Jajaran

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:44 WIB

Untuk Mewujudkan Rasa Aman dan Nyaman Menjelang, Pada Saat dan Setelah Idul Fitri 1445H, Polres Pakpak Bharat Melaksanakan Rakor Linsek

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:39 WIB

18 Ramadhan Angkatan Putri Al-washliyah ( APA) Ambil Keberkahan Bagi – bagi Takjil Gratis Didepan Makan Pahlawan Kabanjahe

Berita Terbaru