Bupati Tapanuli Utara Sambut Rombongan Ambasador Goes To Kampung KB Lake Toba

Hidayat Desky

- Redaksi

Jumat, 17 Maret 2023 - 15:15 WIB

40287 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Agaranews, Taput Bupati Taput Drs.Nikson Nababan didampingi Kadis Pariwisata Sasma Situmorang, Kadis P2KBP3A Donna Situmeang dan beberapa pimpinan OPD terkait, sambut Rombongan Ambassador Goes to Kampung KB Lake Toba di Hutaginjang.

Rombongan terdiri  Duta Besar Mozambique Belmiro Jose Malate, Duta Besar Polandia Beata Stoczynska, Diplomat Polandia Slawomir Stoczynski, dari USAID Enilda Martin, Yehezkiel Tumewu Dan Wahdini Hakim, Kedutaan Belanda Sophie Van Huut, UN World Food Programme Dr. Ing Rein Suadamara, dan WHO  Dirna Mayasari yang dikomandoi BKKBN RI, dipimpin langsung Deputi Latbang Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, MRep, PhD.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada kesempatan tersebut Bupati Taput mempromosikan keindahan pemandangan Hutaginjang sekaligus Kampung KB Sitanggor yang terlihat indah dari Hutaginjang, Rabu (15/03/2023).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan Pariwisata Tapanuli Utara memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan dari luar negeri. Potensi pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara tersebut dapat digenjot dengan memperbanyak  event-event pariwisata di destinasi pariwisata dengan lingkup tingkat nasional dan internasional. Sesungguhnya destinasi wisata Tapanuli Utara sangat beragam dan memiliki kultur yang beragam serta merupakan potensi yang dapat dikembangkan.  Lokasi wisata menjadi sebuah potensi, meskipun potensi tersebut belum tergali secara maksimal.

Baca Juga :  Diblokir,....??? HGU No.1 Tahun 1997-an, PT BUK Siosar-Kacinambun Masuk Dalam Datebase Indikasi Tanah Terlantar

Kabupaten Tapanuli Utara adalah daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kota wisata melalui pemanfaatan berbagai potensi keindahan alam dan kearifan lokal, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah, meningkatkan perekonomian masyarakat, menumbuhkan sektor usaha, serta memperkenalkan nilai budaya lokal.

Selanjutnya Bupati Drs.Nikson Nababan menyampaikan bahwa Penatapan Huta Ginjang di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, merupakan salah satu tempat wisata untuk menikmati pemandangan Danau Toba yang menawarkan pemandangan yang tidak kalah elok dari spot lainnya yang ada di kawasan Danau Toba. Sejak pertama kali datang pengunjung langsung disodorkan pemandangan yang langsung memperlihatkan panorama Danau Toba nan luas. Di Huta Ginjang pengunjung juga bisa mengambil foto dengan background Danau Toba. Tak hanya menikmati keindahan dari satu lokasi, di sini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari permainan gantole atau layang gantung. Geopark Huta Ginjang merupakan bagian dari kawasan Geosite Kaldera Danau Toba yang memiliki panorama cantik. Saat ini kawasan Geopark Huta Ginjang sudah termasuk sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG).

Bandara Internasional Silangit yang terletak di kabupaten ini merupakan pintu gerbang utama di sekitar Danau Toba serta daerah sekitarnya. Keberadaan bandara ini juga mendorong dibangunnya fasilitas lain seperti Universitas Internasional  dan Rumah Sakit Internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, kami memerlukan dukungan dari investor-investor asing. Besar harapan kami, Bapak dan Ibu sekalian bisa menjadi bagian yang bisa merealisasikan hal tersebut.

Baca Juga :  Bila Kita Berkunjung Ke Kabupaten Langkat Wisata Alami Batu Sembah Simalem di Batang Serangan Wajib Dikunjungi

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menjelaskan Pembangunan UNTARA (Universitas Tapanuli Raya) berpengaruh besar pada peningkatan pengunjung Danau Toba yang berdampak kepada peningkatan perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata. Bupati Nikson Nababan berjanji akan berjuang terus meningkatkan perekonomian daerah itu dari sektor pariwisata. Sebab kehadiran UNTARA nantinya akan berpengaruh besar kepada peningkatan pengunjung Danau Toba.

Kampung KB Sitanggor dicanangkan pada tanggal 20 Oktober 2017 dengan mengusung pariwisata paralayang dan pertanian sebagai brand utama yang dikembangkan. Visi dan Misi Membangun Desa Sitanggor melalui pembangunan Sarana, infastruktur dan jalan usaha tani, Memajukan seni budaya dan olah raga , Memajukan destinasi wisata pengurusan administrasi masyarakat yang cepat dan tepat tanpa dipungut biaya.

Rombongan sangat menikmati keindahan alam Danau Toba dari Ketinggian Hutaginjang, atraksi Paralayang yang disajikan Dinas Pariwisata Taput, membuat rombongan ingin tinggal lebih lama lagi di Hutaginjang.( Jaken Nababan).

Berita Terkait

Mempererat Hubungan Dengan Masyarakat, Satgas Yonif 122/TS Bagikan Sembako Kepada Masyarakat di Perbatasan Papua
Kasat Binmas Polres Pakpak Bharat, Menerima Kepulangan SAKA Bhayangkara, Setelah Mengikuti Kegiatan Berastagi Scounting Challenges
Kapolres Pakpak Bharat AKBP Bambang C. Utomo, S.H., S.I.K., M.Si., Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Surat Suara Tingkat Kabupaten
Warga Binaan dan Pejabat Struktural Rutan I Medan Adakan Bincan-bincang Santai Melalui Coffee Morning
Dandim Abdya dan Pj. Bupati Blusukan Tinjau Relokasi RTLH TMMD
Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, BKM Masjid Agung Bersama Pengajian Akbar Amanah Kabanjahe Laksanakan Isra Mikraj
Polda Sumut Pantau 40 Titik Pengamanan F1 Powerboat Melalui CCTV Canggih
400 Pelajar Agara Ikut Seleksi Atlet Popda 2024

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 20:37 WIB

Mempererat Hubungan Dengan Masyarakat, Satgas Yonif 122/TS Bagikan Sembako Kepada Masyarakat di Perbatasan Papua

Rabu, 28 Februari 2024 - 20:32 WIB

Kasat Binmas Polres Pakpak Bharat, Menerima Kepulangan SAKA Bhayangkara, Setelah Mengikuti Kegiatan Berastagi Scounting Challenges

Rabu, 28 Februari 2024 - 20:27 WIB

Kapolres Pakpak Bharat AKBP Bambang C. Utomo, S.H., S.I.K., M.Si., Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Surat Suara Tingkat Kabupaten

Rabu, 28 Februari 2024 - 20:24 WIB

Warga Binaan dan Pejabat Struktural Rutan I Medan Adakan Bincan-bincang Santai Melalui Coffee Morning

Rabu, 28 Februari 2024 - 20:21 WIB

Dandim Abdya dan Pj. Bupati Blusukan Tinjau Relokasi RTLH TMMD

Rabu, 28 Februari 2024 - 18:17 WIB

400 Pelajar Agara Ikut Seleksi Atlet Popda 2024

Rabu, 28 Februari 2024 - 14:27 WIB

Bentuk Peduli Sesama, Satgas Yonif 623 Berikan Bantuan Sembako

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:41 WIB

Polsek Kutabuluh Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Pagi Hari, Untuk Mewujudkan Kamseltibcarlantas

Berita Terbaru