Dandim 0613/Ciamis Bersama Pentahelix Dan Masyarakat Lakukan Serbuan Penanaman Pohon di Lahan Kritis

LIA HAMBALI

- Redaksi

Kamis, 7 Desember 2023 - 22:53 WIB

50169 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Ciamis, AgaraNews. Com // Komando Distrik Militer 0613/Ciamis melaksanakan gerakan menanam pohon di area lahan kritis di wilayah Kecamatan Cisaga. Tepatnya di kawasan PTPN VIII Batulawang, Blok Cibelah Manggu, Dusun Tanjolaya, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu kemarin (6/12/2023).

Gerakan menanam pohon bersama ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., Kapolsek Cisaga Iptu Aceng Narayana, Camat Cisaga, Manager PTPN VIII Batulawang, Kepala Desa dan Masyarakat Desa Tanjungjaya. Selain itu tampak hadir Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV Kodim 0613/Ciamis dr. Hera Fitriasari beserta pengurus. Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, hari ini Kodim 0613/Ciamis bersama dengan Forkopimcam dan Manager PTPN VIII Batulawang serta masyarakat kita melaksanakan penanaman pohon.

“Para Dandim Se -Indonesia mendapat perintah melaksanakan penanaman pohon. Sehingga pada hari ini di Kecamatan Cisaga dan seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis kita akan melaksanakan gerakan menanam pohon,” kata Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu AR.

“Hari ini kita tanam 235 berbagai jenis bibit pohon. Adapun jenis pohon yang ditanam seperti Akasia, Albasia, Pucuk Merah, Sirsak, Mahoni dan Durian,” ucap Letkol Inf Wahyu AR menambahkan.

Dandim 0613/Ciamis menjelaskan, penanaman pohon ini dilaksanakan juga dalam rangka untuk menjaga kelestarian alam dan meningkatkan oksigen untuk kehidupan sehari-hari. Ini juga dalam upaya bersama mencegah terjadinya longsor disaat memasuki musim penghujan.

“Penanaman pohon kita laksanakan dalam rangka peningkatan oksigen untuk kehidupan sehari hari dan dapat mencegah terjadinya longsor. Guna mencegah dan mengurangi dampak dari pada musim penghujan yang saat ini mulai turun,” kata Letkol Inf Wahyu AR. Tak hanya gerakan menanam pohon, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, jajaran Kodim 0613/Ciamis turut melaksanakan gerakan bersih-bersih lingkungan. Mulai dari membersihkan aliran sungai, parit, got dan pasar tradisional.

“Kegiatan bersih bersih baru kita laksanakan di 6 kecamatan yang ada pasat tradisional dan itu akan terus berlangsung. Gerakan pembersihan saluran air itu di 26 kecamatam sudah dilaksanakan. Gerakan ini tidak hanya sekali, tetapi stimultan sehingga kita lebih banyak melaksanakan kegiatan dalam bentuk aksi. Untuk seremonial itu kita kesampingkan karena kita lebih melaksanakan kegiatan langsung aksi di lapangan. Sehingga kita dapat menekan dampak negatif seperti sampah kalau tidak kita kurangi akan berdampak pada kesehatan dan menghambat aliran dan mengakibatkan banjir,” kata Letkol Inf Wahyu AR.

Dandim berharap kepada semua masyarakat untuk bersama-sama mencegah banjir dengan meningkatkan kesadaran. Yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memelihara tanaman yang ada di sekitarnya. “Peduli terhadap saluran air ataupun saluran di sekitar daerah sungai,” kata Letkol Inf Wahyu AR.      ( Lia Hambali)

(Pendim 0613/Ciamis)

Berita Terkait

Upaya Kendalikan inflasi, Pemerintah Melalui Dishub Berikan Bantuan Angkut Beras.
Buntut Kemarau Panjang, Warga Pemuka Krisis Air Bersih, Ini Tindakan Pemkam Pemuka Kecamatan Singkil
*Pangdam IM Bersama Pejabat Pati Kodam IM Laksanakan Latihan Menembak Pistol Eksekutif di Kesatria Sanggamara Shooting Range*
Bentuk Disiplin Sejak Dini Babinsa Latih Siswa SD Peraturan Baris Berbaris.
Komsos Dengan Petani Sawit Babinsa Ingatkan warga Tentang Keselamatan Kerja.
Babinsa Jalin Komsos Dengan Peternak Ikan Mas Di Desa Binaan.
Perkuat Silaturahmi Babinsa Sambangi Warga Binaan Pembuat Kusen Pintu
Ciptakan Lingkungan Sekolah Bersih, Satgas Yonif 762/VYS Laksanakan Karya Bhakti

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:57 WIB

Memperkenalkan fotokita: Aplikasi Berbagi Foto Terbaik untuk Keluarga

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:53 WIB

Generasi Z & Milenial Mendapatkan Informasi Lebih Cepat dengan Peluncuran Mata Today di Android

Selasa, 23 Juli 2024 - 21:55 WIB

Temukan Lokasi Properti Terbaik di Indonesia

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:29 WIB

Bitcoin (BTC) Melesat Tembus $65.000 USD Didukung Elektabilitas Donald Trump

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:55 WIB

Raih Keahlian Manajemen Keuangan pada BRIncubator 2024 Fashion and Beauty, Webinar Online Bersama Dedy Sidarta

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:40 WIB

Mengulik Dampak ETF Bitcoin pada Harga Bitcoin dan Industri Kripto

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:38 WIB

Intip Cara Kerja Workflow Automation di Barantum CRM Yang Bikin Mudah Perkerjaan

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:36 WIB

Limbah Plastik Ancam Lingkungan, MASINDO Dorong Penguatan Edukasi Sadar Risiko

Berita Terbaru

EKONOMI DAN BISNIS

Memperkenalkan fotokita: Aplikasi Berbagi Foto Terbaik untuk Keluarga

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:57 WIB