Direktur LBH IPK Sumut Bersama Para Kader IPK Meminta Kapolres Pelabuhan Belawan Menindak Tegas Pelaku Anarkis, Jangan Ada Tebang Pilih

Hidayat Desky

- Redaksi

Senin, 4 September 2023 - 09:00 WIB

50163 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Belawan AGATANEWS.COM

Direktur LBH IPK Sumut Dwi Sinaga, SH MH Pada Saat Konfrensi Pers Dihalaman Mapolres Belawan, Meminta Kapolres Pelabuhan Belawan segera menangkap para pelaku Yang Membacok Sekretaris Pimpinan Anak Cabang IPK Kecamatan Medan Belawan, Jangan Ada Tebang Pilih
Kamis (31/8/2023).

Pernyataan Ini langsung disampaikan Direktur LBH IPK Sumut Dwi Sinaga SH.MH Serta didampingi puluhan kader IPK

Pada Saat Konfrensi Pers Yang Berlangsung Di Halaman Mapolres Belawan, Direktur LBH IPK Sumut didampingi Para Ketua Pimpinan Anak Cabang Yang Ada di 5 Kecamatan, Serta Ketua Satgas Inti Maha Sakti DPD IPK Sumut meminta Kepada Kapolres Pelabuhan Belawan jangan Tebang pilih mengungkap kasus pembacokan dialami Sekertaris PAC IPK Kecamatan Medan Belawan.

Turut hadir Pada saat di Mapolres Pelabuhan Belawan Kamis siang (31/08/2023) diantaranya Ketua PAC IPK Medan Marelan Adi Baung
Ketua PAC IPK Medan Labuhan E EN, Ketua PAC IPK Medan Deli Umar Dani, Serkertaris Satgas Inti IPK Sumut Rudi Simorangkir (Opung) dan Sartoto Ketua Satgas Inti IPK Sumut.

Direktur LBH IPK Sumut
Dwi Sinaga SH MH didampingi para dewan penasehat, Satgas IPK dan pengurus PAC.IPK Kecamatan lainnya mengatakan, bahwasannya Bapak Kapolres mengatakan sudah mengamankan padahal yang diamankan itu dari pihak kita sementara dari pihak OKP sebelah belum ada diamankan.

Jadi harapan kita disini, kami disini dalam satu organisasi dalam solidaritas kami disini meminta tindak tegas terhadap pelaku penyerangan yang melakukan tindak pidana.

Tidak ada pelarangan terhadap organisasi dimana pun apalagi di Belawan ini apalagi di Indonesia tidak ada pelarangan.

Jadi apabila ini tidak disikapi dalam waktu dekat maka kami akan mengadakan aksi massa disini, kami minta keadilan jangan hanya penegakkan hukum sebelah-sebelah dan jangan hanya melakukan paparan sekedar pencitraan saja.

Lebih lanjut dikatakannya, kehadiran kami disini semua menyatakan dukungan dan meminta Kapolres agar menindak tegas jangan ada pilih kasih, kenapa? Karna pada saat ini kami pertanyakan ada 2 LP.

LP yang pertama itu pada tanggal 23 Agustus yang dimana pelapornya bernama Zamdidin, tadi setelah kami pertanyakan hingga hari ini belum ada satu orang pun yang ditangkap.

Dan kejadian pada tanggal 29 Agustus 2023, perlu kita luruskan disini saya rasa kita sependapat Belawan ini adalah bagian dari NKRI bagian dari Indonesia yang mana Indonesia ini menganut Undang- undang HAM pasal 24 ayat 1 yang menyatakan menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul , berapat dan berserikat untuk maksud damai.

Jadi saya rasa disini kejadian ini kemarin teman- teman kita saat melakukan pemasangan plank yang dinilai tak melanggar undang – undang karena diatur undang- undang untuk berserikat dan berkumpul dimana- mana.

Saat kita dicoba diserang, ya secara manusiawi spontanitas wajar dong kita membela diri, tapi yang sangat kami sayangkan dengan Penjelasan Pak Kapolres sudah mengamankan, biar kita luruskan kawan- kawan disini siapa yang diamankan ? yang diamankan pihak dari kita , sementara pihak yang menyerang tak ada satupun yang diamankan padahal yang menjadi korban adalah dari pihak kita.

Itu ada korban atas nama
Hendra Herman Panjaitan, beralamat jalan Pulau Ambon Lingkungan VII Kelurahan Belawan Bahari yang juga selaku sekretaris PAC.IPK Medan Belawan
yang sekarang dirawat di rumah sakit.

Kita mempertanyakan gimana ketegasannya dan kita minta jangan hanya dari pihak sebelah saja.harapnya.

Saat dipertanyakan upaya hukum apa yang akan dilakukan? Dwi SInaga SH menjelaskan, kalau ada 3 kader kita yang ditahan salah satunya masih dibawah umur ditahan juga.

Padahal Undang- undang ada mengatur anak dibawah umur bahwasannya apa dasar pihak kepolisian melakukan penahanan ? yang kedua apakah ia dibawah umur layak ditahan bersama tahanan dewasa?, Hal itu akan kami lakukan upaya hukum kalau memang tidak ada ketegasan dari Kapolres.

Juga terhadap laporan kami bila mandek dan tidak ditangani dengan cepat maka kami meminta pihak Polda yang menanganinya langsung.

” Karena dari pihak kita yang diserang maka sudah ada 9 laporan kita ke polisi namun hingga kini satu laporan pun belum ada tindak lanjutnya,” Tegas Dwi SInaga.

Ditambahkan Daniel Simbolon, SH mengatakan, kita berharap agar pihak Polres Pelabuhan Belawan mengambil tindakan terhadap orang- orang yang melakukan penyerangan kawan- kawan kita dari IPK, jadi mereka pelaku penyerangan itu masih berkeliaran disini, jadi mohon supaya berimbang dan supaya netral, supaya semua disikapi secara bijaksana, supaya kami juga bisa tenang disini dan keluarga korban juga bisa mendapatkan keadilan.Tutupnya.
(HARIANTO SIAHAAN)

Berita Terkait

Maruli Siahaan Melakukan Kunjungan Duka Cita di Dua Lokasi Diwakili Team Maruli Center
Eksekusi Bangunan Yang Berlokasi Dilahan Eks PTPN, Jalan H Anif, Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, Beberapa Waktu Mengakibatkan sejumlah Petugas Terluka Karena Diserang
Maruli Siahaan Melayat Anggota PPSD Siahaan Sektor-22 Diwakili Team Maruli Center
Dirut PT. Jaguar Inti Perkasa Maruli Siahaan Melaksanakan Beberapa Rangkaian Kunjungan Kerja di Podomoro City Deli Medan
Polda Sumut Jadi Polda Terbaik di Indonesia, Raih Penghargaan Kompolnas Awards 2024
PPSD Berduka ! Maruli Siahaan Melayat Anggota PPSD Sektor-22 Kota Madya Medan
Maruli Siahaan Melayat Anggota PPSD Siahaan Sektor-4 Medan Kota
Maruli Siahaan Melayat Anggota PPSD Siahaan Sektor-9 Medan Denai

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:57 WIB

Memperkenalkan fotokita: Aplikasi Berbagi Foto Terbaik untuk Keluarga

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:53 WIB

Generasi Z & Milenial Mendapatkan Informasi Lebih Cepat dengan Peluncuran Mata Today di Android

Selasa, 23 Juli 2024 - 21:55 WIB

Temukan Lokasi Properti Terbaik di Indonesia

Selasa, 23 Juli 2024 - 20:29 WIB

Bitcoin (BTC) Melesat Tembus $65.000 USD Didukung Elektabilitas Donald Trump

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:55 WIB

Raih Keahlian Manajemen Keuangan pada BRIncubator 2024 Fashion and Beauty, Webinar Online Bersama Dedy Sidarta

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:40 WIB

Mengulik Dampak ETF Bitcoin pada Harga Bitcoin dan Industri Kripto

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:38 WIB

Intip Cara Kerja Workflow Automation di Barantum CRM Yang Bikin Mudah Perkerjaan

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:36 WIB

Limbah Plastik Ancam Lingkungan, MASINDO Dorong Penguatan Edukasi Sadar Risiko

Berita Terbaru

EKONOMI DAN BISNIS

Memperkenalkan fotokita: Aplikasi Berbagi Foto Terbaik untuk Keluarga

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:57 WIB