Erupsi Gunung Raung Meningkat, Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 2 Km dan Kondisi Terkini Cuaca Berawan dan Mendung

Hidayat Desky

- Redaksi

Senin, 8 Februari 2021 - 18:21 WIB

40456 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 


Banyuwangi, Agaranews.com – Erupsi Gunung Raung meningkat. Asap membumbung hingga 2 kilometer di atas puncak gunung setinggi 3.332 mdpl itu.

Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mengirimkan Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA), kepada otoritas bandara di sekitar Gunung Raung, sebagai dasar penentuan kebijakan keselamatan penerbangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala PPGA Raung, Mukijo membenarkan telah mengirimkan VONA ke otoritas bandara, setelah mengetahui adanya kolom asap yang membumbung tinggi 2 kilometer.

Hasil pengamatan periode 08 Februari 2021 antara jam 6 pagi sampai 12 siang ini, kondisi di sekitar Gunung Raung tampak cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah timur. Suhu udara 21-30 °C. Ujarnya. (8/2/21)

Aktivitas vulkanik Gunung Raung terus meningkat hingga saat ini. PPGA Raung mengamati peningkatan tinggi kolom setiap 6 jam. Minggu (7/2) malam, tinggi kolom asap mencapai 1.200 meter. Selanjutnya, Senin (8/2), tinggi kolom naik menjadi 2.000 meter. Asap yang dikeluarkan berwarna kelabu dan hitam pekat, dengan intensitas sedang hingga tebal.

Baca Juga :  Sukacita di Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif 122/TS Ikut Memeriahkan Perayaan Malam Natal Bersama Masyarakat

“Setiap 6 jam kita lakukan pemantauan aktivitas. Untuk angin mengarah ke tenggara dan timur. Berpotensi hujan abu di beberapa wilayah di Banyuwangi. Tergantung arah angin,” tambahnya.

Sementara kegempaan, kata Mukijo, terus berlangsung berupa tremor menerus dengan amplitudo 3 hingga 16 mm (dominan 6mm). Pihaknya mengimbau masyarakat agar menggunakan masker dan kacamata jika beraktivitas di luar ruangan. Warga juga diminta tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari puncak, pada kondisi waspada Gunung Raung yang erupsi ini.

Baca Juga :  150 Pelajar Ikuti Kompetensi Olahraga Siswa Nasional 2022

“Tetap waspada. Kami harap masyarakat tetap tenang dan waspada. Pakai masker dan kacamata jika keluar rumah,” tambahnya.

Abu vulkanik Gunung Raung membuat Bandara Banyuwangi sempat ditutup sementara. Penutupan dilakukan mulai pukul 08.50 WIB hingga 14.50 WIB dan diperpanjang selama 6 jam pada Hari Minggu, (7/2).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi mengamati melalui citra satelit Himawari, abu mengarah ke timur dan tenggara. Pada pantauan itu, abu naik terbawa angin hingga 5.000 kaki dengan kecepatan 20 knot. Imbasnya, sebaran abu vulkanik terjadi di sebagian kawasan Banyuwangi, Jembrana dan Buleleng, Bali hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berita Terkait

Yonarmed 11/GG/2/2 Kostrad Latihan Mountaineering dan Senam Praktek
Puji Tuhan, Mama Veronica Terima Kasih Bapak TNI Sudah Kasih Obat dan Vitamin Gratis
Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024
Melalui Patroli Malam, Polres Tanah Karo Pastikan Situasi Kamtibmas Malam Hari Kondusif
Babinsa Sertu Sutarman Giat Kumpulkan Data Teritorial Desa Bertungen Julu: Menjaga Ketahanan Wilayah dan Mendukung Pembangunan Desa
Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Lingkungan
Bersama Perangkat Kecamatan, Warga, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Laksanakan Goro Bersama
Babinsa Koramil 02/Sidikalang Berbagi Cerita dan Keakraban di Kedai Ibu Tina Simarmata

Berita Terbaru

HEADLINE

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Rabu, 24 Apr 2024 - 23:12 WIB