Ir. H. Rasyidin Porang Buka Pelatihan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)

admin

- Redaksi

Selasa, 4 Februari 2020 - 11:17 WIB

40663 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

GAYO LUES, AGARANEWS – Asisten II, Ir. H. Rasyidin Porang membuka pelatihan petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret (Susenas) Gelombang I yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Kabupaten Gayo Lues, di Aula Hotel Indah, Blangkejeren, Senin (03/02/2020).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ir. Rasyidin Porang dalam sambutannya menyampaikan, Survei Sosial Ekonomi Nasional merupakan salah satu data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Untuk saat ini, ungkapnya, Susenas sudah menjadi sandaran utama pemenuhan kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan RPJM 2020-2024 serta tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

Rasyidin menerangkan, kuesioner Susenas kor mencakup berbagai indikator diantaranya berkaitan dengan kependudukan, pendidikan, kesehatan fertilitas dan keluarga berencana, perumahan, teknologi informasi dan komunikasi, perlindungan sosial dan kerawanan pangan.” Sementara itu, modul konsumsi dan pengeluaran merupakan sumber data untuk dua dari empat target pembangunan nasional, yakni perhitungan tingkat kemiskinan dan indeks gini,” ujarnya.

Baca Juga :  Korem 011/LW Menggelar Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2023

Rasyidin menyebutkan, dalam rangka mewujudkan one data, Badan Pusat Statistik bersama Kementerian kesehatan melakukan integrasi Susenas dengan studi status gizi Indonesia. Sehingga sampel-sampel yang terpilih secara acak pada kegiatan susenas  akan digunakan juga oleh petugas Kemenkes untuk dilakukan pengukuran status gizi  pada bulan April 2020.

“Pelaksanaan lapangan Susenas dimulai pada tanggal 18 Februari 2020 sampai dengan 29 Maret 2020. Adapun cakupan sampel Susenas Maret 2020 Indonesia: 34.500 blok sensus di 514 Kabupaten/kota, Aceh :1.351 blok sensus di 23 kabupaten/kota dan Gayo Lues, 55 blok sensus di 11 Kecamatan,” terangnya.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gayo Lues, Sardi, SE, MSI dalam laporannya mengatakan,  pelatihan Susenas diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan  peningkatan pemahaman terkait dengan konsep dan definisi bagi petugas pengawas maupun petugas pencacah lapangan.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendataan saat di lapangan. Selain bertujuan memotret karateristik sosial ekonomi dari survei ini nantinya akan lahir beragam indikator sosial dan ekonomi yang sangat penting rumah tangga. Salah satunya adalah angka kemiskinan makro,” ujarnya

Baca Juga :  Polres Tanah Karo Gelar Halal Bihalal dan Pelepasan Purna Bakti Personil Tahun 2023

Sardi menjelaskan, total petugas lapangan yang akan melakukan Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret ada 44 petugas terdiri dari 13 PML dan 31 PCL , dan pelatihan gelombang I akan dilaksanakan 3-5 Februari 2020 dengan total 22 petugas terdiri dari 6 PML dan 16 PCL dan gelombang II dimulai pada tanggal 6-8 Februari dengan total 22 petugas terdiri dari 7 PML dan 15 PCL.

“Perlu kami sampaikan kegiatan ini semua petugas tersebar di 11 Kecamatan. Petugas yang kita turunkan kelapangan adalah petugas yang secara rutin mengikuti kegiatan ini, mereka semua sudah terlatih dan mereka juga yang selama ini membantu kegiatan Badan Pusat Statistik Kabupaten Gayo Lues,” terangnya. (ABDIANSYAH)

Berita Terkait

Pengurus Komisariat UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melaksanakan SIG ( Sekolah Islam Gender
Anggota TNI, Serda Rizal Aiyub Rela Jual Honda Beatnya Untuk Bangun Akses Jalan Ke Kediamannya
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pakpak Bharat Gelar Rapat Paripurna, Dengan Agenda Penyampaian Hasil Reses DPRD Tahun 2024
Di Upacara Penutupan LKPP 2 Methodist Berastagi Kepala Mabigus Sampaikan Pesan Penting
*Pangdam IM mendampingi Rombongan Dulur Brigif 16/WY dan Kodim 0809/Kediri (DBK) Mengunjungi Tempat – Tempat Bersejarah di Banda Aceh*
Babinsa Koramil 02/Sidikalang Komsos Bersama Warga, Antisipasi Bencana Akibat Cuaca Ekstrim
Pangdam I/BB Bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah I/BB Dampingi Rangkaian Bakti Sosial Ketua Umum Dharma Pertiwi di Lokasi Bencana Sumbar 
Upaya Babinsa Dan Dinkes Boyolali Cegah DBD

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:52 WIB

Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan : Jangan Terprovokasi,…!!!

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:58 WIB

WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:49 WIB

Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan: Jangan Terprovokasi!

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:20 WIB

Komunitas OWOJ Indonesia Gelar Halalbihalal, Tausiah Diisi Ketua Dewan Fatwa Al Washliyah Tgk H. Abdul Hamid Usman, Lc., M.A.

Sabtu, 18 Mei 2024 - 07:33 WIB

Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri.

Senin, 13 Mei 2024 - 15:25 WIB

Tangkap R Mahasiswa UNUD, Jika Terbukti Lakukan Kekerasan Terhadap Anak!

Senin, 13 Mei 2024 - 10:16 WIB

Diduga Terlibat Kasus Tanah Munjul, Wakil Ketua DPRD DKI, CIC Minta KPK Usut Kembali

Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:47 WIB

Anniversary 28 Tahun Senapati 2196 Dan Halal Bihalal TA 2024 Diselenggarakan Meriah di TMII

Berita Terbaru