Kapolres Simalungun Hadiri Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu untuk Pemilihan Kepala Daerah yang Jujur dan Adil di Medan

LIA HAMBALI

- Redaksi

Selasa, 9 Juli 2024 - 18:43 WIB

5063 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Medan, AgaraNews. Com // Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., menghadiri acara *“Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu Mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah yang Jujur dan Adil”* se-wilayah Sumatera yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa, 9 Juli 2024, mulai pukul 11.30 WIB di Hotel Adimulya Medan, Jln. Pangeran Diponegoro, No.8 Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi kepolisian dari seluruh wilayah Sumatera, termasuk Kapolda Aceh, Kapolda Sumut, Kapolda Sumbar, Kapolda Kepri, dan Kapolda Riau beserta seluruh jajaran mereka. Susunan acara dimulai dengan makan siang dan registrasi peserta, dilanjutkan dengan pembukaan yang menampilkan tarian pembukaan dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, dilakukan pembacaan doa dan laporan kegiatan oleh Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM, Kemenko Polhukam.

Menko Polhukam memberikan Keynote speech yang menjadi salah satu highlight acara. Selanjutnya, dilakukan penyerahan cinderamata kepada narasumber dan moderator oleh Menko Polhukam, didampingi oleh PJ Gubernur Sumut dan Deputi III, yang diakhiri dengan sesi swafoto bersama semua tamu undangan.

Dalam forum tersebut, narasumber dari Polri, Kejaksaan Agung, dan Bawaslu memberikan paparan mengenai pentingnya kolaborasi dan sinergi antar lembaga dalam mewujudkan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil. Sesi ini diikuti dengan diskusi dan tanya jawab yang interaktif antara narasumber dan peserta.

Acara diakhiri dengan penyampaian kesimpulan dan penutupan oleh panitia. Forum ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar lembaga penegak hukum di Sumatera untuk memastikan terselenggaranya pemilihan kepala daerah yang bebas dari kecurangan dan pelanggaran hukum. Acara tersebut menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proses pemilihan kepala daerah, serta upaya bersama untuk mencegah dan menindak tegas segala bentuk kecurangan dan pelanggaran. Dalam paparannya, Menko Polhukam menekankan bahwa keberhasilan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil sangat bergantung pada sinergi antara berbagai lembaga, termasuk kepolisian, kejaksaan, dan Bawaslu.

Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, dalam kesempatan tersebut menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini dan menegaskan komitmennya untuk berkontribusi dalam upaya penegakan hukum yang tegas dan adil di wilayahnya. “Kami siap bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa proses pemilihan kepala daerah berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Para peserta forum juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam penanganan kasus-kasus pelanggaran pemilihan. Diskusi yang berlangsung menunjukkan keseriusan semua pihak dalam menanggulangi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama proses pemilihan. Dengan adanya forum kolaborasi ini, diharapkan penegakan hukum dalam pemilihan kepala daerah di wilayah Sumatera akan semakin kuat dan terkoordinasi. Para penegak hukum berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka melalui berbagai kegiatan serupa di masa depan.

Acara berakhir dengan penutupan resmi dan apresiasi dari panitia kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi aktif. Forum ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik menuju pemilihan kepala daerah yang lebih bersih dan berintegritas di seluruh wilayah Sumatera.(Joe/Lia Hambali)

#Humas_Polres_Simalungun

Berita Terkait

Kelanjutan Proses Rehab Masjid Baiturrahim, Hari Ke-27.
Peduli Anak Yatim Korban Kebakaran, Babinsa Sidikalang Berikan Bantuan Seragam Sekolah
Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Ajarkan PBB Dalam Rangka Kegiatan MPLS di SMK Pertanian
Satgas Yonif 122/TS Ajarkan Warga Papua Metode Panen Dan Budidaya Sayuran Melalui Program Green House
Melalui Binter Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Bentuk Karakter Murid Sekolah Di Perbatasan Papua Selatan
Dukung Operasional Babinsa , Dandim 0201/Medan Serahkan 120 Unit Sepeda Motor Dinas Kawasaki KLX 150 L Bantuan Kemhan RI
Utamakan Koordinasi Untuk Mewujudkan Kenyamanan Babinsa Koramil 13/P.Brandan dan Bhabinkamtibmas Laksanakan Tatap Muka Bersama Perangkat Desa
Babinsa Garon Gotong-royong Bersama Warga Bangun Saluran Irigasi

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 13:11 WIB

HRD Pakai Data Karyawan untuk Pinjol, Kok Ownernya Bisa Kecolongan?

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:59 WIB

Pebisnis Wajib Tau! Ini 8 Kelebihan Barantum Dibandingkan Vendor CRM Lainnya

Jumat, 19 Juli 2024 - 17:58 WIB

KFC Memimpin Persaingan di Indonesia pada 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 16:42 WIB

Donald Trump dan Ledakan Kripto: Koin-Koin Ini Mengguncang Pasar

Jumat, 19 Juli 2024 - 15:55 WIB

Berita Terbaru Hari Ini: TikTok Kembangkan Ekosistem Bisnis, Bisa Saingi Gojek?

Jumat, 19 Juli 2024 - 03:10 WIB

Manfaatkan Hubungan dengan Pemerintah untuk Mengurangi Dampak Krisis

Kamis, 18 Juli 2024 - 21:24 WIB

Tumbuh Pesat Dua Tahun Terakhir, Bittime Resmikan Kantor Baru

Kamis, 18 Juli 2024 - 21:23 WIB

Strategi untuk Bisnis agar Tetap Patuh terhadap Regulasi yang Berkembang di Indonesia

Berita Terbaru

EKONOMI DAN BISNIS

HRD Pakai Data Karyawan untuk Pinjol, Kok Ownernya Bisa Kecolongan?

Sabtu, 20 Jul 2024 - 13:11 WIB

ACEH

Kelanjutan Proses Rehab Masjid Baiturrahim, Hari Ke-27.

Sabtu, 20 Jul 2024 - 12:59 WIB