Ketua Harian Ormas LAKI Aceh Singkil: Singgung Perusahan Langgar UU dan Permentan RI Pemilik HGU di Wilayah Aceh Singkil

Hidayat Desky

- Redaksi

Kamis, 21 September 2023 - 21:18 WIB

40933 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Singkil |Agaranews.com. Adanya beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam hal ini pengguna HGU, banyak peraturan yang dilanggar oleh pihak perusahaan tersebut (21/9-2023) ungkap Ketua Harian Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Aceh Singkil Jaruddin, MM akrab dipanggil Jarod.

Dalam keterangannya Jarod mengatakan, perusahaan kelapa sawit dalam hal ini pengguna HGU, tidak mengacu kepada Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 dan
Keputusan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor. 9 2 / H G U / K E M – A T R / B P N / X I I / 2 0 2 1 Tentang Pemberian Hak Guna Usaha Atas Tanah di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Begitu juga karyawan perusahaan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Aceh Singkil tidak di lengkapi APD (Alat Pelindung Diri), sehingga bisa membahayakan pekerja ataupun karyawan perusahaan itu sendiri.

Kalau itu tidak di lengkapi oleh perusahaan kelapa sawit yang ada di kabupaten Aceh Singkil, kemana dana pembelian alat pelindung diri tersebut di gunakan oleh pihak perusahaan.

Kita melihat sendiri kepada pemilik perusahaan kelapa sawit, harusnya jarak tanam dari sungai dan alur di atur oleh undang undang, kalau alur kecil jarak tanam kelapa sawit jarak nya 35 meter dari bibir alur, kalau sungai jarak nya harus berjarak 100 meter dari bibir sungai.

Ormas LAKI Aceh Singkil, telah menyiapkan dokumen serta data yg dapat menjerat perusahaan atau pun oknum yang selama ini diduga mempermainkan ketetapan sehingga dapat merugikan keuangan negara.

Baca Juga :  Kodim 0108/Agara Laksanakan Upacara Senin

Data ini nantinya akan kami serahkan kepada pihak tertentu, kalau seandainya perusahaan menjalankan usahanya sesuai di terapkan oleh Pemda Kabupaten Aceh Singkil. jelas angka kemiskinan di Aceh Singkil bisa drastis berkurang, angka stunting pun bisa kita tekan ke angka paling rendah. karyawan perusahaan kita pun terjamin keselamatannya.

Saat ini Ormas LAKI sudah mengantongi bukti-bukti untuk diserahkan ke APH (Aparatur Penegak Hukum) untuk segera di tindak lanjuti, kami sudah punya bukti tinggal menyusun dan melengkapi saja tegasnya Jaruddin.

Berita Terkait

Pengurus Komisariat UIN Ar-Raniry Banda Aceh Melaksanakan SIG ( Sekolah Islam Gender
Anggota TNI, Serda Rizal Aiyub Rela Jual Honda Beatnya Untuk Bangun Akses Jalan Ke Kediamannya
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pakpak Bharat Gelar Rapat Paripurna, Dengan Agenda Penyampaian Hasil Reses DPRD Tahun 2024
Di Upacara Penutupan LKPP 2 Methodist Berastagi Kepala Mabigus Sampaikan Pesan Penting
*Pangdam IM mendampingi Rombongan Dulur Brigif 16/WY dan Kodim 0809/Kediri (DBK) Mengunjungi Tempat – Tempat Bersejarah di Banda Aceh*
Babinsa Koramil 02/Sidikalang Komsos Bersama Warga, Antisipasi Bencana Akibat Cuaca Ekstrim
Pangdam I/BB Bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah I/BB Dampingi Rangkaian Bakti Sosial Ketua Umum Dharma Pertiwi di Lokasi Bencana Sumbar 
Upaya Babinsa Dan Dinkes Boyolali Cegah DBD

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:52 WIB

Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan : Jangan Terprovokasi,…!!!

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:58 WIB

WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:49 WIB

Soal Kasus Vina, Anggota DPR Yakin Polisi dapat Tuntaskan: Jangan Terprovokasi!

Rabu, 22 Mei 2024 - 03:20 WIB

Komunitas OWOJ Indonesia Gelar Halalbihalal, Tausiah Diisi Ketua Dewan Fatwa Al Washliyah Tgk H. Abdul Hamid Usman, Lc., M.A.

Sabtu, 18 Mei 2024 - 07:33 WIB

Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri.

Senin, 13 Mei 2024 - 15:25 WIB

Tangkap R Mahasiswa UNUD, Jika Terbukti Lakukan Kekerasan Terhadap Anak!

Senin, 13 Mei 2024 - 10:16 WIB

Diduga Terlibat Kasus Tanah Munjul, Wakil Ketua DPRD DKI, CIC Minta KPK Usut Kembali

Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:47 WIB

Anniversary 28 Tahun Senapati 2196 Dan Halal Bihalal TA 2024 Diselenggarakan Meriah di TMII

Berita Terbaru