Menanti Kerja Timsel KPU-Bawaslu Opini oleh Ahmadi Ketua Bawaslu Kabupaten Pati, Pemerhati Demokrasi

Redaksi Jawa Tengah

- Redaksi

Kamis, 6 Januari 2022 - 09:59 WIB

40368 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pati-AGARANEWS.COM Saat ini tahapan proses pemilihan calon Anggota KPU-Bawaslu sudah memasuki tahap akhir yaitu wawancara di timsel. Pada awal januari nanti yaitu kalau sesuai rencana tanggal 7 Januari pilihan Timsel Calon Anggota KPU-Bawaslu diumumkan yang berjumlah 24 orang. 24 orang tersebut terdiri dari 14 orang Calon Anggota KPU dan 10 orang Calon Anggota Bawaslu yang selanjutnya ke 24 orang tersebut dari Timsel disampaikan ke Presidien Joko Widodo. Selanjutnya presiden joko Widodo akan menyerahkan ke 24 orang tersebut kepada DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Di lembaga DPR tersebut akan dimulai proses politik yang menentukan nasib dari ke 24 orang tersebut menjadi 7 orang menjadi Anggota KPU dan 5 orang menjadi Anggota Bawaslu. Kasak kusuk dilembaga DPR itu akan diuji apakah suara yang berkembang dimasyarakat Calon Anggota KPU-Bawaslu yang lewat gerbong ini, Calon ini punya kedekatan dengan pejabat ini, Calon ini berafiliasi ke siapa pasti bermunculan dilembaga itu.

Baca Juga :  Hasil Evaluasi Masa Akhir Jabatan, Bupati Peroleh Nilai 90,31

Proses kecurigaaan semacam itu harus disingkirkan jauh-jauh karena proses penelusuran rekam jejak dari para Calon Anggota KPU-Bawaslu sudah dilihat saat di Timsel. Timsel sudah melakukan penelusuran Calon dari latar belakang, masa lalunya, afiliasi organisasi Calon dan ada kedekatan dengan organisasi pejabat dinegeri ini harus sudah tuntas di Timsel. Karena yang dikedepankan oleh timsel adalah komposisi dari 24 itu merupakan komposisi terbaik dari calon yang mendaftar. Komposisi yang terbaik dari independensinya, integritas, kapabilitas dan kompleksitas pelaksanaan pemilu 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dari ukuran parameter yang sudah ditentukan dari Timsel tersebut juga tidak dikesampingkan afirmasi perempuan atau keterwakilan perempuan. Suara perempuan selalu dijaga karena suara perempuan sangat diperhatikan dalam penyelenggaraan pemilu perempuan jangan hanya dijadikan partisipasi politik saja melainkan ikut dilibatkan perempuan dalam pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan.

Timsel juga harus melihat situasi pandemi yang masih ada saat ini menjadi pertimbangan tersendiri agar memperhatikan kemampuan dari calon yang ada dalam rangka mampu membuat inovasi atau terobosan dalam pandemi Covid-19. Karena dalam pelaksanaan pemilu 2024 kita semua tidak bisa memastikan tentang pandemi Covid ini sudah berhenti apa belum. Oleh karena itu penyelenggara dituntut untuk membuat peraturan yang terkait agar dimasa pandemi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tetap berlangsung.

Baca Juga :  Pj Bupati Kukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pati

Kriteria yang mendasar itulah yang sudah dipilih oleh Timsel dalam menentukan ke 24 orang Calon Anggota KPU-Bawaslu, tentunya ke 24 orang tersebut yang diajukan presiden ke DPR sudah tidak masalah karena sudah diseleksi di timsel dengan ketat dan memenuhi kualifikasi sebagai penyelenggara. Tinggal DPR memilih yang mana dari ke 24 orang tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, afiliasi kegiatan masa lalunya serta organisasinya. Saya kira sudah tidak masalah karena sudah memenuhi independensi dan kapabilitas sebagai penyelenggara pemilu dan pemilihan 2024.

Sumber:Sindu

Red: Hans

Berita Terkait

Selaraskan Prioritas Pembangunan, PJ Bupati Pati Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025 dan RPJPD Tahun 2025-2045
Pj Bupati Pati Hadiri Halalbihalal BKPSDM
Halal Bihalal Antarpimpinan OPD Dipusatkan di Pendopo Kabupaten 
Penyerahan bantuan sosial bingkisan lebaran untuk anak panti dan petugas kebersihan tahun 2024
Jalan hancur akibat truk tambang warga demo tuntut perbaikan jalan
Henggar Hadiri Rakor Pengamanan Mudik Lebaran Jateng
Bupati Pati Hadiri PJ Pembukaan TMMD Reguler ke-119
Pj Bupati Serahkan SK Pensiun Periode April – Juni 2024

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 15:36 WIB

Babinsa Sertu Sutarman Giat Kumpulkan Data Teritorial Desa Bertungen Julu: Menjaga Ketahanan Wilayah dan Mendukung Pembangunan Desa

Rabu, 24 April 2024 - 15:33 WIB

Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Rabu, 24 April 2024 - 15:30 WIB

Bersama Perangkat Kecamatan, Warga, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Laksanakan Goro Bersama

Rabu, 24 April 2024 - 15:19 WIB

Babinsa Koramil 02/Sidikalang Berbagi Cerita dan Keakraban di Kedai Ibu Tina Simarmata

Rabu, 24 April 2024 - 15:10 WIB

Mewujudkan Keakraban,Babinsa Komsos dengan Warga Binaan

Rabu, 24 April 2024 - 15:07 WIB

Gotong Royong TNI dan Masyarakat Bangun Kantor Koramil Parbuluan : Wujud Kemanunggalan dan Semangat Membangun Negeri

Rabu, 24 April 2024 - 15:03 WIB

Untuk Menjaga Hubungan Baik, Babinsa Selalu Berkomunikasi Sosial Dengan Warga Binaan

Rabu, 24 April 2024 - 14:55 WIB

Sertu Ramadhani Ramil 0201/-13/PST Ajak Warga Peduli Akan Kebersihan

Berita Terbaru

HEADLINE

Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Rabu, 24 Apr 2024 - 15:33 WIB