PBTI Sukses Gelar Diklat Wasit dan Penguji Nasional, Serta UKT High DAN Kukkiwon

admin

- Redaksi

Senin, 13 Maret 2023 - 19:50 WIB

40445 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Bogor – Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) sukses menggelar Diklat dan Penyegaran Wasit Nasional, Diklat Penguji Nasional dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) High DAN Kukkiwon di Hotel Green Forest, Bogor – Jawa Barat 1 – 12 Maret 2023.

Kegiatan dinamakan Diklat 3 in 1, karena tiga kegiatan menjadi satu rangkaian kegiatan sekaligus. Diklat diikuti oleh 417 peserta yang terbagi dalam dua gelombang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gelombang pertama, diikuti oleh 117 peserta untuk kegiatan Diklat dan Penyegaran Wasit Nasional. Gelombang kedua diikuti oleh 72 peserta untuk kegiatan Diklat dan Penyegaran Wasit Nasional, 85 peserta untuk mengikuti Diklat Penguji Nasional dan sebanyak 35 peserta mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat High DAN.

Acara dibuka oleh Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H. M Thamrin Marzuki.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBTI Thamrin Marzuki mengatakan bahwa, seain atlet, keberadaan para wasit dan para penguji UKT juga menjadi prioritas program pembinaan dan pengembangan prestasi oleh PBTI.

“Sebesar apapun pertandingan dan sebaik apapun peraturan, kejuaraan taekwondo tidak akan menjadi sebuah gelaran berkualitas dan bisa dikenang oleh para atlet apabila tidak dipimpin oleh para wasit yang kompeten dan memiliki kemampuan sebagai pemimpin dan pengadil pertandingan yang baik,” ujarnya melalui keterangan, Senin (13/3).

Baca Juga :  Pakar Politik AS : Khusus Pemilih Latin, Partai Republik Ungguli Demokrat

Begitu halnya dengan penguji, setinggi apapun sabuk atau tingkatan DAN para taekwondoin, kelayakan menyandang sabuk atau tingkatan DAN nya itu tergantung seberapa obyektif penguji melakukan penilaian saat mereka mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat, terang Thamrin.

Dalam kerangka pemikiran itulah, PBTI senantiasa mendudukkan peran dan fungsi wasit dan Penguji sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari program dan pembinaan, serta pengembangan prestasi taekwondo Indonesia.

Ditambahkan oleh Ketua Umum, kapasitas dan kemampuan para wasit dan penguji harus terus adaptif dan menyesuaikan diri dengan kondisi dan perkembangan aturan pertandingan yang dikeluarkan oleh organisasi World Taekwondo (WT). Up grading dan penyeragaman tentang aspek penilaian dalam aturan pertandingan inilah yang menjadi suatu keharusan setiap wasit harus terus melakukan pembinaan dan pengembangan kapasitas keilmuannya tentang perwasitan.

Dalam konteks menjaga dan meningkatkan kompetensi inilah, menurut Thamrin, Diklat dan Penyegaran wasit nasional 2023 dilaksanakan. Apalagi secara khusus Diklat dan Penyegaran ini dikaitkan dengan perhelatan Sea Games dan Asian Games serta Olimpiade Paris 2024 mendatang, dimana di gelaran multi event akbar tersebut, kemungkinan para wasit asal Indonesia akan terlibat memimpin jalannya pertandingan taekwondo di Olimpiade Paris tersebut. Dan terutama untuk pemahaman wasit, Penyegaran kali ini juga difokuskan sebagai sarana sosialisasi amandemen aturan pertandingan Taekwondo Internasional tahun 2022 (WT Competition rules Amandemen 2022). Khususnya peraturan pertandingan WT Poomsae,
Oleh karenanya, dengan makin sering tergelarnya secara reguler dan terprogram, diklat perwasitan, Diklat Penguji Nasional dan UKT High DAN ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM anggota taekwondo Indonesia yang siap pakai dan siap terap di berbagai event yang dilaksanakan di daerah-daerah.

Baca Juga :  Koramil Tipe B 0808/02 Garum Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Bukan cuma itu, yang lebih penting adalah selain menjaga nilai kompetensi, juga adanya pemerataan pemahaman yang sama terhadap parameter penilaian dalam memahami peraturan pertandingan, dan peraturan lainnya yang telah diputuskan dalam SOP wasit maupun SOP penguji yang dikeluarkan PBTI.

Selain itu, khusus mengenai UKT High DAN, yang pelaksanaan ujiannya tidak lagi dilaksanakan di Korea, maka untuk menjaga trust Kukkiwon kepada PBTI, standard atau kualitas UKT High DAN yang diterapkan oleh PBTI sangat ketat dan terukur. Sehingga ekspektasi PBTI atas kualitas peyandang sabuk DAN (tinggi) diharapkan sama atau sesuai dengan standard dan ekspektasi Kukkiwon. (Red).

Berita Terkait

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Saitun GBKP Klasis Kabanjahe Tigapanah
Rasyid Assaf Dongoran Ikuti Proses Penjaringan Bupati Pada Partai Golkar Tapsel
Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborong-borong Gelar Layanan Kesehatan bagi Pegawai dan WBP
Lapas Kutacane Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Pegawai dan WBP Dalam Rangka HBP Ke – 60
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Secara Resmi Launching Podcast ORATI
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Ucapkan Selamat Hari Jadi Provinsi Sumut Ke-76
Bupati Karo Terima Kunjungan Panitia Perayaan Paskah GPDI Se – Tanah Karo
Peringati HBP Ke-60, Petugas Lapas Kutacane Lakukan Aksi Donor Darah
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 00:10 WIB

Satgas Yonif 310/KK Tanamkan Kebersihan Sejak Dini, Begini Caranya,..!!!

Jumat, 19 April 2024 - 22:55 WIB

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Saitun GBKP Klasis Kabanjahe Tigapanah

Jumat, 19 April 2024 - 22:44 WIB

Atasi Serangan OPM Pimpinan Egianus Kogoya Ke Pos TNI, KOOPS TNI HABEMA Sita Senpi dan Puluhan Munisi

Jumat, 19 April 2024 - 22:41 WIB

KASAD Terima Penyerahan Jabatan Ka RSPAD dan Pimpin Sertijab 7 Jabatan Strategis TNI AD

Jumat, 19 April 2024 - 20:57 WIB

Kapolda Kunjungi Polres Pakpak Bharat dan Berpesan “Harus Menjadi Mitra Bagi Masyarakat dan Seluruh Stakeholder

Jumat, 19 April 2024 - 20:23 WIB

Kapolda Sumut Kunker Ke Polres Dairi, Berikan Pelayanan Terbaik Terhadap Masyarakat

Jumat, 19 April 2024 - 19:50 WIB

Kembali Lakukan Anjangsana ke Kampung Yarat Timur, Kedatangan Satgas Yonif 623 Disambut Hangat Oleh Masyarakat

Jumat, 19 April 2024 - 19:43 WIB

Tingkatkan Pemolisian Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Sambangi Masyarakat Desa Binaan

Berita Terbaru