oleh

Penyerahan Bantuan ZIS, Bupati Gayo Lues : Jangan Bangga Jadi Mustahiq


GAYO LUES, AGARANEWS | Menutup tahun 2021, Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues laksanakan pentasyarufan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) kepada para mustahik dan Hafiz dan hafizah di kabupaten, Jum’at (31/12/2021).

Sekretaris Baitul Mal Kabuaten Gayo Lues, Ramadhan, SE menginformasikan penyetoran zakat yang berhasil dikumpulkan dari berbagai pihak, mulai dari wirausahawan, pebisnis dan para ASN di kabupaten mengalami penurunan.Menarik benang merah dari situasi ini, terjeratnya kabuaten dengan COVID-19 dilangsir menjadi penyebab besar kondisi tersebut. Menurunnya pendapatan usaha menyebabkan menurunnya penyerahan ZIS ke masyarakat yang membutuhkan.

Walau mengalami penurunan, tidak menurunkan upaya Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues, terbuti dalam acara penyerahan ZIS yang bertempat di Balai Pendopo Bupati Gayo Lues tersebut, Baitul Mal Kabupten Gayo Lues berhasil menyerahkan berbagai bantuan ke masyarakat, berikut rincian penyaluran ZIZ 2021:
1. Biaya renovasi rumah tidak layak huni untuk 100 unit rumah
2. Hafiz Non-Boarding 794 orang
3. Mualif 12 orang
4. Biaya Pendidikan siswa kurang mampu SD dan SMP
5. Santuan anak yatim kepada 986 penerima
6. Beasiswa Luar Negeri untuk 17 mahasiswa
7. Bantuan Modal Usaha Ekonomi kepada 202 pedagang
8. Para guru pengajian kampung dan imam kapung se-Kabupaten.

Bupati Gayo Lues, H.M. Amru dalam sambutannya menyebutkan agar nantinya santunan yang berikan dapat dimanfaatkan dengan bijak oleh para penerima. Lebih lanjut, Bupati Amru menyampaikan agar para penerima untuk tidak berpuas diri atau memiliki kebanggaan diri menjadi penerima ZIS. Bupati Gayo Lues menghimbau agar dengan menerima bantuan ini dapat membantu perekonomian masyarakat dan termotivasi untuk merubah kondisi hidupnya.
“Saya harap dana ini nantinya dimanfaatkan dengan bijak, jangan bangga menerima zakat, malah ini harus kita jadikan hentakan untuk merubah nasib kita kedepan, sehingga bukan lagi menerima tapi memberikan Zakat” Ujar Bupati.

Ketua Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues, Tgk. Kamsah menyebutkan menyabut tahun 2022 pihaknya berjanji akan terus mengembangkan layanan terbaik kepada masyarakat. Untuk itu Tgk. Kamsah mengharapkan agar masyarakat untuk daoat menyetorkan zakatnya langsung ke Baitul Bal kabupaten, dengan sistem satu pintu penyaluran dana akan lebih optimal dan tidak terjadinya tumpang tindih data maupun penerima double. Hal ini tentunya akan membuat dana yang dikucurkan akan tersalurkan secara merata dan adil kepada penerima yang berhak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed