Perhimpunan Pejuang Ekonomi Sejahtera P2ES Sukses Gelar Seminar Kewirausahaan

LIA HAMBALI

- Redaksi

Selasa, 27 September 2022 - 23:46 WIB

40300 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kota Bekasi,AgaraNews.com // Perhimpunan Pejuang Ekonomi Sejahtera (P2ES) menggelar Seminar Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM dengan tema Berdikari, Inovatif dan Berdaya Saing di Balai Patriot, Kantor Walikota Bekasi, Sabtu (24-09-2022) dari awal hingga akhir acara.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi pelaku usaha Mikro Kecil Menengah UMKM yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya sehingga diharapkanĀ  UMKM di Kota Bekasi makin berkembang pesat dan maju.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua pelaksana acara, Sofiyah Prilestari, S.Sos, menjelaskan acara seminar Kewirausahaan ini sudah melalui gladi resik yang dilakukan sehari sebelumnya acara dimulai dengan tim panitia di lokasi Balai Patriot Kantor Walikota Bekasi Jawa Barat.

“Dan tentunya kami berharap para peserta mendapatkan manfaat dari materi yang disampaikan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing didalam acara tersebut balai Patriot Walikota Bekasi,” jelasnya.

Selain itu, Sofiyah Prilestari akrab disapa Sofi yang merupakan Pemimpin Redaksi Media beritajejakfakta.id mengatakan bahwa yang hadir di acara tersebut sekitar 50 orang peserta pelakuĀ  UMKM Kota Bekasi Jawa Barat.

Adapun 4 materi seminar Kewirausahaan yang disampaikan di seminar yakni, pentingnya Riset Pemasaran, Platform Digital Patriot P.O.S, Kiat Sukses Jadi Pengusaha dan Permodalan Kredit Usaha Rakyat KUR Syariah Kota Bekasi.

Para tamu undangan turut meramaikan acara baik dari pejabat dan para sponsor yang hadir memenuhi undangan dari panitia. Tampak hadir anggota DPRD Kota Bekasi, Chairoman Juwono Putro, Ketua Kadin Kota Bekasi, Mohammad Gunawan, Kordinator TWUP4 , Benny Tunggul.

Sementara itu Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto dan Ketua DPRD Kota Bekasi, H.M Saifuddaulah berhalangan hadir selanjutnya sambutan dari tamu undangan sangat mengapresiasi dan menilai hal yang positif dengan langkah perhimpunan pejuang ekonomi sejahtera P2ES membentuk seminar Kewirausahaan dengan materi seminar yang bagus.

Baca Juga :  Kadis Kominfo Tanjungbalai Harapkan Antara Insan Pers dan Pemko Tanjungbalai Terjalin Kemitraan yang Baik

Selain itu juga diramaikan dengan Doorprize dan pembagian Goodiebagi untuk para peserta seminar.

“Saya juga berharap, Pemerintah Kota Bekasi dan Legislatif makin memberikan suport dan perhatiannya yang serius untuk mendorong kemajuan UMKM baik secara kualitas produk dan pemasarannya, sehingga usaha Mikro Kecil Menengah UMKM bisa berdaya saing dengan produk dari luar Kota Bekasi,” ungkap Ketua panitia yang akrab disapa Sofi.

Sofi juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bergabung di Platform digital Patriot P.OS sebagai sarana bagi pengelolaan tata keuangan, persediaan barang dan monitoring pegawai dan bisa mendapatkan akses pembiayaan dari lembaga keuangan.

Seminar kali ini kata Sofi bagian dari Launcing Platform Patriot P.O.S kepada masyarakat bekasi terutama memperkenalkan manfaat dari platform digital ini kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM Kota Bekasi Jawa Barat.

Platform Digital Patriot P.O.S disampaikan langsung oleh Direktur Utama Dirut PT.Iventara, Riatmaja Jamil dengan menjabarkan konsepnya dan peserta pun diberikan kesempatan waktu untuk bertanya kepada para narasumber yang hadir di acara tersebut.

Dalam kesempatan yang sama peminat peserta untuk bertanya jawab soal riset marketing, kiat sukses bagaimana peluang usaha yang ada bisa menghasilkan pundi pendapatan lain selain berjualan produk UMKM yang disampaikan Aji Ali Sabana dan Naiwan.

Tak kalah menariknya adalah materai riset marketing yang membantu pelaku UMKM yang dibawakan oleh Muchrodji Praktisi Konsultan dan Riset Marketing, tujuannya untuk menganalisa dan mengevaluasi kembali usahanya apakah sudah sesuai dengan kualitas yang diharapkan pelanggan, apa sudah sesuai target dan tepat sasaran.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM dari Pegadaian Syari’ah yang disampaikan Taufik Akbar menjadi peluang bagi peserta untuk mendapatkan akses permodalan dengan sistem Syari’ah wilayah Kota Bekasi Jawa Barat.

Sedangkan anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS, Chairoman Juwuno Putro dalam sambutannya lebih menekankan lagi peran pemerintah Kota Bekasi dan Legislatif dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Stimulus atau program kerja yang mendorong kemajuan UMKM setelah dua tahun mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Banjir Menyerang, Babinsa 0302-02/KT Bersama Warga Bersatu Padu Menghadang

Ketua Kadin Kota Bekasi, Mohammad Gunawan juga sangat mengapresiasikan kegiatan seminar kewirausahaan yang digagas oleh Komunitas perhimpunan pejuang ekonomi sejahtera P2ES Kota Bekasi Jawa Barat.

“Peran Kadin bersama komunitasĀ  UMKM seringkali berkolaborasi menciptakan kemajuan UMKM melalui berbagai program dari peningkatan kwalitas, Packaging, perizinan yang memudahkan dan akses pembiayaan,” tutupnya.

Seminar Kewirausahaan ini bisa dimanfaatkan dan memberikan motivasi serta dukungannya kepadaĀ  UMKM agar bangkit kembali dan makin ber produktivitas dalam mengembangkan usahanya wilayah Kota Bekasi.

Perhimpunan Pejuang Ekonomi Sejahtera (P2ES) Kota Bekasi bekerjasama dengan PT. Pejuang Ekonomi Indonesia (PEI), PT Inovasi Intermatika Nusantara (INVENTARA) dan PT. KDI ( Kiprah Daya Inovasi).

Seminar Kewirausahaan menghadirkan pembicara dari berbagai narasumber dengan empat materi ; Platform Digital Patriot POS merupakan Platform Digital UMKM yang dibawakan Dirut PT. Iventara, Riset Pemasaran dibawakan oleh Muchrodji, Praktisi Konsultan dan Riset Marketing.

Materi selanjutnya, Peluang Bisnis dan Kiat Sukses menjadi Pengusaha dibawakan Presdir PT. Margajaya Sentosa Abadi dan Naiwan Pengusaha Property dan ke empat pembahasan tentang permodalan Kredit Usaha Rakyat KUR Syari’ah Kota Bekasi.

Seminar Kewirausahaan ini disponsori oleh;

1. JNE Ekspres
2. Dewi Griya Kecantikan
3. Wardah Cosmetics
4. Syahrini Family Karaoke
5. Jus Jambu dari HY
6. Lontong Medan Kedai Ka Tuti
7. Lembaga Pembiayaan Finatra
8. Portal beritajejakfakta.id
9. Percetakan Multikarya
10. Pegadaian Syariah Islamic Center Bekasi
11. Restoran Margajaya
12. KADIN Kota Bekasi
13. Organ tunggal HAZ Plus dan Edo Casanova
14. Muslimmadani/Pexita
15. Maxim. (Luthfi Asshidiq)

Berita Terkait

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Perayaan Paskah – Pantekosta GPDI Se-Tanah Karo
Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan
Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal
Cegah Penyakit DBD Babinsa Banyudono Bantu Fogging di Desa Bendan
Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi
Peringati Hari Kartini Di Medan Tugas, KOOPS HABEMA Bersama Kartini Papua Semarakkan Kegiatan Teritorial
Meriahkan Hardikal Ke-78, Dankodikdukum On Air di Radio SS 100 FM
Mantaaappp,…!!! Tim Intel Kodim 0201/Medan Berhasil Ungkap Home Industri Miras Ilegal

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 22:46 WIB

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Perayaan Paskah – Pantekosta GPDI Se-Tanah Karo

Kamis, 25 April 2024 - 22:27 WIB

Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan

Kamis, 25 April 2024 - 22:20 WIB

Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal

Kamis, 25 April 2024 - 22:16 WIB

Cegah Penyakit DBD Babinsa Banyudono Bantu Fogging di Desa Bendan

Kamis, 25 April 2024 - 22:13 WIB

Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi

Kamis, 25 April 2024 - 22:05 WIB

Meriahkan Hardikal Ke-78, Dankodikdukum On Air di Radio SS 100 FM

Kamis, 25 April 2024 - 21:59 WIB

Mantaaappp,…!!! Tim Intel Kodim 0201/Medan Berhasil Ungkap Home Industri Miras Ilegal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Kasad : Dansat Harus Berinovasi Untuk Kemajuan Satuan

Berita Terbaru

HEADLINE

Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan

Kamis, 25 Apr 2024 - 22:27 WIB

HEADLINE

Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal

Kamis, 25 Apr 2024 - 22:20 WIB

HEADLINE

Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi

Kamis, 25 Apr 2024 - 22:13 WIB