Praktisi Hukum Kota Medan Meminta Kapolres Toba Segera Menetapkan Oknum Kades Pangombusan Jadi TSK, Jangan Lamban Pak Kapolres !!!

Hidayat Desky

- Redaksi

Senin, 15 Mei 2023 - 17:44 WIB

40170 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TOBA AGARANEWS.COM Bertempat di ruang Restoratif Justice Polres Toba,Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,SH, SIK diwakili Wakapolres Kompol Lamin,S.Pd memimpin kegiatan gelar sidik terkait permasalahan dugaan Penerbitan Surat Keterangan Tanah Palsu oleh Oknum Kepala Desa (Kades) Pangombusan Hardi Manurung, yang sudah hampir dua Tahun lebih belum ada kejelasan nya, Jumat (12-5-2023) siang.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Ir. Manogar Situmorang (pelapor) didampingi kuasa hukumnya Elias Silalahi,SH,MH dan Esna Sinurat (terlapor) didampingi kuasa hukumnya Sahata Situmorang,SH, turut serta Kepala Desa Pangombusan Kec.Parmaksian Kab.Toba.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Agenda gelar sidik mengambil keterangan para pihak dengan disaksikan para penyidik dari Satuan Reskrim beserta jajaran Polres Toba

Sementara itu Manogar Situmorang melalui kuasa hukumnya Elias Silalahi SH.MH, dalam keterangannya kepada awak media ini menegaskan akan terus memperjuangkan hak kliennya atas tanah seluas kurang lebih 6 rante yang diklaim oleh Esna Sinurat dengan surat keterangan tanah (SKT) Nomor: 2006 / 745 / PEM-PG / SK / IX / 2020 yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Pangombusan yang diduga Palsu tersebut.

“Dugaan penyerobotan tanah milik Alm.Nikodemus Situmorang dan Alm.Salome BR. Silalahi ini berawal dari terbitnya SK Tanah Nomor: 2006 / 745 / PEM-PG / SK / IX / 2020 atas nama Esna Sinurat yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Pangombusan di Objek Tanah milik Keluarga Alm.Nikodemus Situmorang, yang telah didiami oleh 5 generasi keturunan dari Alm.Nikodemus Situmorang dan Alm.Salome BR. Silalahi secara terus menerus dan di tanah tersebut juga telah berdiri 9 unit rumah permanen “beber Elias Silalahi,SH.MH.

Baca Juga :  Pangdam I/BB Cek Kesiapan Pengamanan Pembukaan F1H20 di Balige.

Dengan berbekal SKT tersebut Esna Sinurat melakukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) terhadap keluarga pelapor (Manogar Situmorang) selaku salah seorang ahli waris dari Alm.Nikodemus Situmorang dan Alm.Salome BR. Silalahi.

Dikesempatan yang sama, Burju Simatupang,ST,SH yang juga merupakan salah satu anak menantu dari keturunan Alm.Nikodemus Situmorang dan Alm.Salome BR. Silalahi meminta dengan tegas kepada Kapolres Toba usai pelaksanaan gelar sidik agar segera menetapkan oknum Kepala Desa Pangombusan selaku penjabat pemerintahan Desa yang di duga dengan sengaja telah mengeluarkan dan menerbitkan Surat Palsu dengan Obyek Lokasi Tanah yang sudah Ratusan Tahun dikuasai dan ditempati oleh keturunan
Alm.Nikodemus Situmorang dan Alm.Salome BR. Silalahi, atas nama Esna Sinurat, yang pada akhirnya menimbulkan kerugian materil dan non materil dalam jumlah besar akibat berperkara di Pengadilan.

Baca Juga :  Kapolda Sumut Dampingi Menko Marvest RI Tinjau Progres Pembangunan Venue F1H20 Di Balige

“Kita juga meminta kepada Kapolres Toba melalui Satuan Reskrim agar segera menetapkan status tersangka sekaligus melakukan penahanan terhadap Esna Sinurat dan saksi yang sudah membuat kebohongan dalam kesaksiannya. Dengan digelarnya sidik ini ,dirasa sudah cukup terang benderang perkara ini kalau pihak Esna Sinurat diduga kuat dengan sengaja akan melakukan perampasan hak milik tanah yang selama Ratusan Tahun sudah dikuasai dan ditempati keturunan dari opung kami Alm.Nikodemus Situmorang dan Alm.Salome BR. Silalahi,”sebut Burju Simatupang ST yang juga merupakan Pimpinan dan Pemilik beberapa Media Ternama di kota Medan sekaligus Pembina Serikat Pers Republik Indonesia DPD Sumut serta Ketua Persatuan Wartawan Unit Polda Sumut dan Praktisi Hukum Kota Medan.

Selanjutnya kita minta kepada penyidik Sat Reskrim Polres Toba, agar Kades Pangombusan bisa dijerat dengan pasal 263 tentang pemalsuan surat,tutup Burju Simatupang ST.

(HARIANTO SIAHAAN/BS)

Berita Terkait

Pembalap F1H2O Uji Coba Lintasan
Waka Poldasu Brigjen Pol. Rony Samtana Tinjau Pos Pengamanan Lokasi Perhelatan Event F1H20 di Balige
Antisipasi Karhutla, Kapolres Toba : Edukasi Masyarakat Agar Tidak Membakar Hutan dan Lahan.
Masyarakat Toba Apresiasi Kinerja Polda Sumut dan Kodam I/BB Amankan F1 Powerboat Secara Humanis
Masyarakat Toba Apresiasi Kinerja Polda Sumut dan Kodam I/BB Amankan F1 Powerboat Secara Humanis
Semangat Penuh Energik Tak Mengenal Lelah, Kapolda Sumut Selalu Hadir Dibalik Suksesnya Pengamanan F1 Power Boat Danau Toba.
F1 Powerboat Sukses, Kapolda Sumut Ucapkan Terima Kasih Kepada TNI/Polri dan Masyarakat
Pengamanan F1 Powet Boat sukses, wakapolda Sumut Pimpin Konsolidasi”

Berita Terkait

Minggu, 14 April 2024 - 14:59 WIB

Presiden Jokowi Belanja Buah dan Sayur di Pasar Buah Berastagi

Minggu, 14 April 2024 - 14:51 WIB

Cepat tanggap Satgas Yonif 122/Tombak Sakti Bantu Evakuasi Ibu Hamil ke Rumah Sakit

Minggu, 14 April 2024 - 14:47 WIB

 Sat Lantas Polres Tanjung Balai Gelar Blue Light Patrol Cegah Ugal Ugalan dan Kejahatan Jalanan

Minggu, 14 April 2024 - 14:27 WIB

Pos Napan Satgas Yonkav 6/Naga Karimata Berikan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat

Minggu, 14 April 2024 - 14:21 WIB

Sigap,..!!! Anggota Pos Pelayanan Ops Ketupat Polres Tanah Karo Berikan Pertolongan Pertama Laka Lantas

Minggu, 14 April 2024 - 12:09 WIB

Satgas Yonif 509 Kostrad Gerak Cepat Bantu Truck Masyarakat Yang Ambles

Minggu, 14 April 2024 - 12:05 WIB

Pasca Lebaran, Polres Tebingtinggi Tingkatkan Pengamanan Jalur Lintas

Minggu, 14 April 2024 - 12:02 WIB

Polsek Padang Hilir Laksanakan Patroli Dialogis, Cegah Kriminalitas Dan Cek SPBU

Berita Terbaru

HEADLINE

Presiden Jokowi Belanja Buah dan Sayur di Pasar Buah Berastagi

Minggu, 14 Apr 2024 - 14:59 WIB