oleh

Pulau Banyak ,Pulau Wisata yang Mempunyai Alam Panorama Yang Indah dan Menarik

Singkil (Agaranews com) – Pulo nyag terletak di pertengahan, disebelah barat daya,pulau simelu,di sebaelah selatan kepulaan Nias,dan disebah timur daratan singki.Jarak tempuh Singkil pulau banyak 26 mil.Jum’at (21/2/20)

Tak heran ,tempat parawisata ini banyak di kunjung oleh turis .Baik dalam negri maupun luar negri.di kepualan ini terdapat dua. Kecamatan. Yaitu kecamatan pulau banyak barat. Dan kecamta pulau banyak dengan 7 desa.

Jugak menyimpan berbagai ke kayaan alam.Hutan nya yang indah. tumbuhan, karang yang mempersenah.bila sese orang yang berkunjung ke pulau ini Akan lalai dan Ter pukau aka keindaha alam nya. Mata pencarian  masarakat nya.75 persen nelayan. Ke laut untuk mencari ikan untuk kebutuhan se hari hari.

Dengang Ke indahan nya pulau bayak, di Aceh Singkil sehingga warga lokal mau pun yang dari luar Berbondong bondong oarang datang untuk menyaksikan keindahan nya .Namu sayang pulau wisata ini.kurang perhatian dari pemerintah setempat.

Bila dibandingkan denga tempat wisata yang lain. jauh sekali perbedaan nya.jalan jalan yang belum terealisasi. bangunan rumah sekaloh yang tidak di perhati kan.

Menyangsi kan ,pulau yang berpehuni ini aka lenyap sikit demi sikit mulai menipis pantai nya . Di kerna ,ancaman ambak maka tetjadi lah abrasi pantai.bilah tidak di perhatika oleh pemerintah

Maka di tahun 30, kedepan diperkira kan pulau akan habis terkikis oleh adanya air laut naik pasang di sertai ombak. yang menerjang pulau tersebut.

Sedih bila di kaji ulang .masarakat tak pernah menginjak kaki ke atas aspal .melain kan ber jalan dia atas batu bata / papingblok. Yang sudah bergolomba glombang.
Reporter (m.khalis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *