Rangkaian Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Sultra

admin

- Redaksi

Selasa, 14 Mei 2024 - 21:11 WIB

4074 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Konawe | Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, pada kunjungan kerja hari ketiga di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendatangi Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Utara.selasa ( 14/05/2024)
Pada kunjungan tersebut, Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara, Menteri PUPR, Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kepala Badan Pangan Nasional, Wakil Ketua Komisi V DPR RI. Presiden pun didampingi langsung Pj. Gubernur Sultra, Dr. Andap Budhi Revianto.

Presiden di Konawe

Presiden tiba di Kabupaten Konawe sekira pukul 09.40 disambut Pj. Bupati Konawe Harmin Ramba dan Direktur RSUD Konawe.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kunjungan di Konawe diawali dengan peninjauan RSUD Konawe. Terkait pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Presiden menekankan, “pastikan layanan rumah sakit disini baik, tadi saya liat di loket pendaftaran BPJS hasilnya baik. Saya juga cek infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan yang ada di RSUD Konawe.”

Merespon arahan Presiden, Pj. Gubernur mengatakan, “peninjauan yang dilakukan Presiden merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia khususnya Provinsi Sultra.”

Agenda Presiden di Konawe dilanjutkan dengan peresmian Bendungan Ameroro. Dalam sambutannya Presiden menyampaikan, “air merupakan kunci bagi kehidupan manusia saat ini dan yang akan datang. Kita tahu bahwa di beberapa negara terjadi krisis air akibat perubahan iklim. Hal ini menyadarkan kita semua air merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan manusia.”

Baca Juga :  Pemdes kampong belegen mulia mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan hari raya idul Fitri 1443 H./20/M./2022

Presiden menjelaskan bahwa Bendungan Ameroro merupakan bendungan ke-40 yang telah dibangun pada masa pemerintahannya.

“Pembangunan bendungan ini selesai pada akhir tahun 2023, dengan memakan biaya sebesar 1,57 T. Volume tampungnya 98,81 juta, ” papar Presiden, “Saya harap manfaat bendungan ini lebih besar dari uang yang telah dikeluarkan.”

Sementara itu, Pj Gubernur berterima kasih mengingat Bendungan Ameroro ini dapat berfungsi sebagai pengendali banjir, sarana penyediaan air baku, dan dapat memenuhi listrik masyarakat karena merupakan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) serta nantinya destinasi wisata yang dapat dinikmati masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya Kabupaten Konawe.

“Alhamdulillah, pembangunan Bendungan Ameroro dan pembangunan berbagai infrastruktur untuk mendukung pariwisata di Wakatobi telah selesai semoga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat dan mendorong Provinsi Sultra menjadi Provinsi yang maju, modern, dan sejahtera”, tegasnya.

Presiden menutup rangkaian kegiatan di Kabupaten Konawe dengan tandatangani prasasti bendungan Ameroro dan pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi serta menebarkan benih ikan di bendungan Ameroro.

Presiden di Kabupaten Kolaka Utara

Masih dalam rangkaian kunjungan kerja hari ketiga di Sultra, Presiden Jokowi hadir di Kabupaten Kolaka Utara, setelah sebelumnya melakukan serangkaian agenda di Kabupaten Konawe.

Baca Juga :  Bila Anda Melihat Gambar Didalam Uang 50.000-an Itulah Wisata Indah Bedugul Bali

Presiden dan rombongan, didampingi Pj. Gubernur Sultra tiba di Kabupaten Kolaka Utara pada pukul 12.46 WITA, disambut Pj. Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding dan Forkopimda Tingkat II Kolaka Utara.

Presiden langsung mengunjungi Pasar Sentral Lacaria untuk mencek langsung ketersediaan dan stabilitas pangan. Presiden juga berkesempatan berdialog dengan pedagang pasar.

Pada kesempatan tersebut Presiden pun menyalurkan kepada para pedagang pasar berupa Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi pedagang kaki lima serta Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada para pedagang yang ada di Pasar Lacaria.

Agenda di Kabupaten Kolaka Utara dilanjutkan dengan penyerahan program negara kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bertempat di Alun-alum Kirambu, Kelurahan Ponggiha.

Agenda di Alun-alun Kirambu mengakhiri seluruh rangkaian kunjungan kerja Presiden selama tiga hari di Provinsi Sultra.

Pj Gubernur mengucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden di Bumi Anoa.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas perkenan Bapak Presiden melaksanakan kunker selama tiga hari di Provinsi Sultra,” kata Andap

“Semoga berbagai progam negara yang disampaikan oleh Bapak Presiden dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat, serta berkontribusi pada upaya mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan di Sultra.” Selanjutnya Presiden dan rombongan kembali ke Jakarta sekitar pukul 16.00 WITA.

(Eric)

Berita Terkait

Penandatanganan MOU Antara BRI BO Cabang Medan Iskandar Muda dan BPJSTK Cabang Medan Kota
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pakpak Bharat, Laksanakan Rapat Pleno Rutin
PC.IPPNU Kota Tanjungbalai Tolak Kehadiran DJ Dinar Candi ke Tanjungbalai
507 Orang PPS Dilantik, Pj. Bupati Dairi Berpesan “Netralitas Penyelenggara Pemilu Harus Ditegakkan Untuk Mengawal Demokrasi”
Bupati Karo Hadiri Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPS Untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Buka Pesparani 2024 : Memperkuat Persekutuan Melalui Suara Gerejani
Walikota Tanjungbalai Hadiri Konfercab Ke VII IPPNU Kota Tanjungbalai
Indriani Manik Dari SMP N 1 PGGS Menjuarai Science Olympiade Karo Tahun 2024

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 20:04 WIB

Polres Simalungun Tangkap Pengedar Sabu Asal Kota Pematangsiantar di Nagori Karang Sari

Senin, 27 Mei 2024 - 20:00 WIB

Wakapolres Tanah Karo Hadiri Pelantikan PPS Pilkada 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 19:53 WIB

KNPI Gelar Silaturahmi Pemuda Lampung

Senin, 27 Mei 2024 - 19:13 WIB

Jurus Yonif 330 Bangkitkan Geliat UMKM di Cicalengka, Undang Band Padi Reborn Meriahkan Gebyar HUT Ke -72

Senin, 27 Mei 2024 - 19:09 WIB

TNI Peduli, Serma Yudhi Bantu Awasi Ujian Siswa-Siswi SMK Farmasi Surakarta

Senin, 27 Mei 2024 - 18:07 WIB

*Pangdam IM Terima Audiensi Dengan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh*

Senin, 27 Mei 2024 - 17:46 WIB

Kapolsek Koja Berikan Piagam Penghargaan Kepada Siswa SMK Cikini

Senin, 27 Mei 2024 - 17:37 WIB

Penutupan Prodi Pendidikan Pembentukan Bintara TNI -AD Program Tahun 2024

Berita Terbaru

HEADLINE

Wakapolres Tanah Karo Hadiri Pelantikan PPS Pilkada 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 20:00 WIB

HEADLINE

KNPI Gelar Silaturahmi Pemuda Lampung

Senin, 27 Mei 2024 - 19:53 WIB