oleh

Wali Kota Subulussalam Terharu Dan Bersyukur Atas Mendapat Predikat Sebagai Salah Satu Kota Yang Inovatif

Subulussalam Agaranews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Subulussalam Mendapat Predikat Sebagai Salah Satu Kota Yang Inovatif Dari 93 Kota di Indonesia dan dari 5 Kota di Provinsi Aceh.

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 23 Desember 2021 lalu, Melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-5848 Tahun 2021 Tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021, Kota Subulussalam mendapat predikat sebagai salah satu Kota yang inovatif dengan skor indeks sebesar 31,44.

Wali Kota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang, SE mengatakan kepada awak media Agaranews.com “Saya merasa terharu dan juga merasa bangga atas kinerja para Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) yang telah bersungguh – sungguh bekerja, sehingga bisa mengharumkam nama Kota Subulussalam ke seluruh indonesia,” tuturnya, Kamis (30/12/21).

“Inovasi dan terobosan yang dilakukan baik dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19, dan membangkitkan kembali perekonomian, meningkatkan mutu pendidikan serta layanan publik lainnya terbukti menuai hasil yang patut kita banggakan,”

Lanjut Affan “Mendapat predikat ini memang begitu susahnya, namun lebih susahnya lagi untuk mempertahankan nama atau predikat yang di amanahkan oleh masyarakat ini melalui kemedagri, saya tegaskan kepada para SKPK di Kota Subulussalam ini agar selalu menjaga amanah yang kita sandang bersama ini,” imbuhnya

Sosok Wali Kota Subulussalam

H. Affan Alfian Bintang, S.E. (lahir 28 Agustus 1968) adalah politikus yang menjabat Wali Kota Subulussalam periode 2019—2024 sejak 14 Mei 2019, Bersama wakilnya, Salmaza, mereka berhasil memenangkan pemilihan umum Wali Kota Subulussalam 2018, Sebelumnya ia menjabat Wakil Wali Kota Subulussalam periode 2009 —2014, Ia adalah wakil dari Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti Kombih.

Affan Alfian menikah dengan Hj. Mariani Harahap. Istrinya merupakan Wakil Ketua I DPRK Sabulussalam dari Partai Hanura, Mereka dikaruniai 4 orang anak, yaitu Ade Rizky Noviani Br. Bintang, Ade Fadly Pranata Bintang, Ade Lala Affani Br. Bintang, dan Ade Wawa Rahmat Saktian Bintang.

Affan Alfian menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di Kutacane, Aceh Tenggara, yaitu SDN 1 Bambel Kutacane (1982), SMPN 1 Kutacane (1985), dan SMAN 1 Kutacane (1988). Tahun 2007, ia resmi menyandang gelar Sarjana Ekonomi setelah lulus dari Program Studi Manajemen STIE Teladan Medan, yang saat ini menjadi Universitas Setia Budi Mandiri Medan

Pilkada Sabulussalam 2008

Pada Pilkada Subulussalam 2008, Affan Alfian mendampingi Merah Sakti Kombih. Pasangan Merah Sakti Kombih-Affan Alfian (SABIT) mendapatkan Nomor Urut 1 ini menempati posisi kedua dari total 7 pasangan calon (paslon) yang bertarung dengan perolehan 22,78% suara. Karena tidak ada paslon yang memperoleh 30% suara, maka diadakan putaran kedua. Pasangan SABIT, yang menempati urutan kedua, bertarung dengan pasangan Asmauddin-Salmaza (ASSALAM), yang menempati urutan pertama dengan perolehan 27,38% suara. Hasil akhir Pilkada Sabulussalam 2008 ditetapkan KPU tanggal 23 Desember 2008 dimana pasangan SABIT memperoleh 50,39% suara dan pasangan ASSALAM memperoleh 49,51% suara. Pleno KPU Kota Sabulussalam kemudian resmi menetapkan Merah Sakti Kombih dan Affan Alfian sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sabulussalam terpilih periode 2009-2014.

Pilkada Sabulussalam 2013

Pada Pilkada Sabulussalam 2013, Affan Alfian yang berstatus Wakil Wali Kota petahana, memutuskan mencalonkan diri sebagai calon wali kota (cawako). Ia menjadi salah satu penantang wali kota petahana, Merah Sakti Kombih, yang juga pasangannya saat Pilkada Sabulussalam 2008. Affan Alfian berpasangan dengan Pianti Mala, Ketua DPRK Sabulussalam saat itu. Pasangan Affan Alfian-Pianti Mala (AMAL) diusung oleh Partai Hanura dan PKPI bertarung dengan 3 paslon lainnya. Hasil akhir Pilkada Sabulussalam 2013 menempatkan pasangan AMAL di posisi kedua dengan perolehan 32,52% suara di bawah pasangan Merah Sakti Kombih-Salmaza (SAZA) yang meraih 33,38% suara.

Pilkada Sabulussalam 2018

Pada Pilkada Sabulussalam 2018, Affan Alfian kembali mencalonkan diri sebagai calon wali kota (cawako). Ia berpasangan dengan Wakil Wali Kota Sabulussalam petahana, Salmaza, yang juga bekas saingannya pada Pilkada Sabulussalam 2013. Pasangan Affan Alfian-Salmaza (BISA) diusung oleh Partai Hanura, PAN, PKPI, dan PNA. Pasangan BISA mendapat Nomor Urut 5 bertarung dengan 4 paslon lainnya. Hasil akhir menunjukkan pasangan BISA menang dengan raihan 41,60% dan kemudian ditetapkan oleh KPU Kota Sabulussalam sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sabulussalam terpilih periode 2019-2024.

Korlap Aceh – Sumut (Syahbudin Padang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed