Baksoskes, Fun Run & Pameran Alutsista Semarakkan HUT Ke-78 TNI di Medan

LIA HAMBALI

- Redaksi

Minggu, 24 September 2023 - 21:16 WIB

40196 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Medan, AgaraNews. Com // Acara menyambut HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 berlangsung semarak di seluruh Tanah Air, tak terkecuali di Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/9/2023).

Di ibu kota provinsi multi etnik itu, acara yang mensinergikan unsur TNI Trimatra (AD, AL dan AU) serta kolaborasi dengan Polri, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya, dipusatkan di lapangan Benteng, Jalan Pengadilan Medan. Semarak acara dimulai dengan Senam SKJ 88 dan pelepasan ribuan peserta Fun Run oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan didampingi Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Johanes Djarnako Wibowo sebagai penanggungjawab, serta unsur Forkopimda Sumut lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lalu ada juga kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan (Baksoskes) sebagai acara puncak, bazar dan pasar murah, expo UMKM, pameran alutsista dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, serta festival kuliner hingga lomba fashion show anak busana TNI. Pangdam I/BB menjelaskan, berbagai kegiatan yang dihelat terutama bakti kesehatan adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Dengan cara itu, kita terus berupaya meningkatkan rasa kebersamaan TNI dan seluruh lapisan masyarakat serta seluruh komponen bangsa lainnya yang berada di wilayah Sumatera Utara, sehingga TNI semakin dicintai rakyat,” jelas Pangdam. Pati bintang dua itu berharap, berbagai kegiatan untuk menyambut HUT TNI bisa terus berlanjut di masa mendatang.

Baca Juga :  Jajaran Polres Binjai Gelandang Seorang Pemuda Pelaku Pencurian

“Itu harapan kita sebagai implementasi TNI selalu hadir dan memberikan solusi guna mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya,” ungkap Pangdam. Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Johanes Djarnako Wibowo juga menyatakan hal serupa. Bahkan ia memastikan kegiatan pengobatan massal akan terus berlanjut.

“Sampai memenuhi target dari yang direncanakan, bahkan jika melebihi target, tetap dilayani. Karena esensi bakti kesehatan ini adalah wujud pengabdian dan kepedulian TNI kepada Rakyat,” ucap alumni AAL 1993 ini. Adapun kegiatan bakti kesehatan yang dilaksanakan berupa pelayanan kesehatan, donor darah, sunat massal (153 orang), operasi katarak di Lantamal I dan di Lanud Soewondo (132 orang), pengobatan gigi dan pembagian kursi roda serta pembagian sembako kepada warga sekitar yang kurang mampu.

Tak ketinggalan, juga dilakukan pelepasan 78 motor Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga yang membawa 780 paket sembako untuk dibagikan kepada warga kurang mampu di wilayah Mebidang (Medan-Binjai-Deli Serdang).

Semarak acara menyambut HUT Ke-78 TNI di Kota Medan ini diakhiri dengan video conference dengan Panglima TNI didampingi Ketua Umum PMI, Kapolri dan Kepala Staf Angkatan.

Baca Juga :  Satu Unit Kedai Kopi Kebakar, Babinsa Turut Padam Api

Dalam Vidcon kepada para Pangkotama jajaran TNI itu, Laksamana TNI Yudo Margono berharap berbagai kegiatan yang dilaksanakan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan benar-benar memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu.

“Semoga rangkaian kegiatan menyambut HUT Ke-78 TNI tahun ini bisa memberikan manfaat dan kiranya dapat mempererat tali silaturahmi kita sebagai sesama anak bangsa untuk saling menolong dan saling berbagi antar sesama,” ungkap Laksamana TNI Yudo.

Dalam acara ini, Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Anggi Mochammad Hasan bersama Ketua Jalasenastri Korcab I DJA I Lantamal I Belawan, Ny Widhi Johanes Djanarko Wibowo dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 23/DI Kosek I Medan, Ny Reka Budiarsa dan masing-masing pengurus berkesempatan membuka kegiatan bazar dan expo UMKM, serta memberikan bingkisan sembako kepada para Abang Betor.

Tampak hadir di acara, antara lain Pj Gubsu (diwakili), Wakapoldasu, Kajatisu, Kadilmilti, Kabindasu, Kepala PMI Sumut, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi, Lions Club, INTI Sumut, para pimpinan PTPN 2, 3 dan 4, Musim Mas dan STTC, Kasdam I/BB serta para PJU dari Kodam I/BB, Lantamal I Belawan, Kosek I Medan serta Poldasu.(Lia Hambali)

Sumber: Pendam I/BB

Berita Terkait

Tim Patroli Presisi Sat Samapta Polres Tanah Karo Optimalkan Patroli Siang Hari ke Area Publik
Polsekta Berastagi Intensifkan Patroli Malam Antisipasi Gangguan Kamtibmas
*Pangdam IM Bersama PJ. Gubernur Aceh Dampingi Menpora RI Tinjau Veneu PON XXI Tahun 2024*
*Pangdam IM Lepas Rombongan Peserta Bikers IMBI Sumatera Gathering 2024*
Dalam Rangka Hari Buku Nasional, Satgas Yonif 125/SMB Gelar Lomba Mewarnai Untuk Anak PAUD
TNI Polri Bersinergi Cegah DBD Dengan Melakukan Fogging
Habis Ludes, Satgas Yonif 509 Kostrad TK Hololoma ROSITA Mama Papua
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Hadiri Senam Bersama di Polsek Perbatasan

Berita Terkait

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:50 WIB

Didampingi Istri Tercinta, Maruli Siahaan Hadiri Pesta Pernikahan Adat Batak di Tiara Convention Hall Medan

Jumat, 17 Mei 2024 - 09:03 WIB

Maruli Siahaan Melayat Alm. Ev. Dr. Johny Pardede Tutup Usia 70 Tahun

Kamis, 16 Mei 2024 - 20:11 WIB

Maruli Siahaan Melayat Alm. Biden Siahaan Tutup Usia 69 Tahun di Rumah Sakit Adam Malik Medan

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:39 WIB

Maruli Siahaan Menghadiri Pesta Pesta Pernikahan Adat Batak di Wisma Taman Sari Indah Kapten Muslim

Rabu, 15 Mei 2024 - 12:05 WIB

Maruli Siahaan Melayat Anggota PPSD Siahaan Sektor-44 Martubung

Kamis, 9 Mei 2024 - 21:53 WIB

Bahayanya Narkoba, Himbauan Kapolrestabes Medan Saat Ibadah Kenaikan Isa Al Masih Di GKPI Sei Agul Medan Barat

Selasa, 7 Mei 2024 - 13:38 WIB

Maruli Siahaan Menghadiri Ibadah Kebaktian di Gereja HKBP Desa Teladan Ressort Medan Helvetia

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:48 WIB

Gawat..Pemko Medan Tidak Akui SKW ( Sertifikasi Kompetensi Wartawan) dari Negara yang dikeluarkan BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )

Berita Terbaru