oleh

Jemput Obor PeSONas, Bupati Sebut Sejumlah Agenda Menanti Para Peserta

PATI|AGARANEWS.COM Bupati Pati Haryanto menjemput Kirab obor Api Abadi Mrapen Pekan Special Olympics Nasional, (PeSONas) yang diserahkan oleh Wakil Bupati Rembang di Pendopo kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang, Minggu (9/1/2022).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan obor PeSONas, sudah beberapa hari berada di Kabupaten Rembang dan selanjutnya singgah di Kabupaten Pati, yang kemudian akan dikirab untuk berlanjut ke Kabupaten Jepara.

Bupati mengatakan menyambut baik adanya agenda ini, untuk memfasilitasi para atlet disabilitas. Bupati menyebut, sejumlah agenda disiapkan untuk menambah wawasan para atlet. Seperti pondok pesantren untuk nyantri, vihara, di kelenteng dan tempat lainnya.

“Oleh karena itu, nanti pada saat di Kabupaten Pati, kami memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi. Dinporapar tentunya akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan tempat – tempat yang akan dituju,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, saat ini Kabupaten Pati sedang membahas perda yang mengatur tentang perlindungan bagi penyandang disabilitas. Sehingga, sudah sejalan dengan kegiatan PeSONas yang dikirabkan di daerah.

Pada kirab hari ini rombongan akan langsung menuju Pondok Pesantren Rhoudotul Ulum, kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Nantinya akan mengikuti kegiatan Gus Huda yaitu Ngolah rogo ati.

“Nanti kita akan memfasilitasi manakala ada kegiatan yang mestinya dikomunikasikan kepada masyarakat maupun lainnya.
Intinya kami menerima dengan senang hati dan sepenuhnya. Kami tetap menerima dengan baik dan nanti akan kita tindaklanjuti agenda yang ada di Kabupaten Pati,” ungkapnya.

Bupati berharap kirab obor peSONAS tahun 2022 ini dapat berjalan dengan sukses dan bisa menambah ilmu pengetahuan, baik formal maupun non formal yang dapat bermanfaat terhadap anak-anak tersebut, maupun para atlet yang akan yang akan berlaga.

Obor PeSONas akan singgah di Kabupaten Pati selama enam hari. Selama itu juga akan digelar berbagai kegiatan di sejumlah tempat berbeda.

Setelah menerima obor PeSONas 2022 di Kaliori selanjutnya Bupati Haryanto melepas rombongan obor pesonas menuju ke Ponpes Kajen untuk kegiatan Ngaji Roso.

Selama berada di Kabupaten Pati, rombongan obor PeSONas mengikuti beberapa kegiatan diantaranya outbond Dolan Ndeso, Sarasehan dengan materi output dari out bond dolan ndeso, workshop Wayang Langopo ( membuat wayang dari Alang alang dan opo opo) dilanjutkan dengan mendongeng dengan media hasil work shop, acara sarasehan 2 dengan materi hasil work shop wayang langopo dan selanjutnya acara pelepasan obor pesonas 2022 di Pendopo.

Sumber: forkompin Pati

Red: Hans

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed