Kapolres Gayo Lues Bersama Forkopimda Ikuti Apel Siaga Latihan Penanggulangan Tanggap Bencana Tahun 2023

admin

- Redaksi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 01:32 WIB

40108 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues |  Kapolres Gayo Lues Polda Aceh AKBP Efrianza SIK bersama Forkopimda mengikuti Apel Siaga Latihan Penanggulangan Tanggap Bencana tahun 2023 Di Kab Gayo Lues hari Kamis (25/05/ 2023) Pukul 08. 30 Wib, Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Lapangan Pancasila kota Blangkejeren Kec. Blangkejeren Kab. Gayo Lues.

Adapun yang Bertindak Sebagai Pembina Apel, PJ.Bupati Gayo Lues, Drs. H.Alhudri, M.M. dan di ikuti para peserta Apel Dandim 0113/GL, Let. inf. Krismanto, S.Pd, Kapolres Gayo Lues, Akbp Efrianza, S.I.K, Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H., Kasatpol PP Gayo Lues, Syabri, S.Pd., Wakapolres Gayo Lues, Mhd. Rasyid, S.H.,MM, Kalak BPBD Kab. Gayo Lues, Suhaidi, S.Pd, Kadis Pemadam Kebakaran, Suprinadi, STTP., Kadis Perkim Kab Gayo Lues, Zakaria S.hut,MT., Kadis Kominfo Kab. Gayo Lues, Said Winta reza,S.STP, Kadisdinsos Kab. Gayo Lues, Jasiwa Maytense, SE., MM, Kadis Kesehatan Kab. Gayo Lues diwakili oleh Sekretaris Dinas kesehatan Maizuwar, S.Kep.p, Dankie Senapan B Sangir Gayo Lues, Lettu Kukuh Kapolsek Blangkejeren Ipda Irwansyah, S.H.,nKepala Puskesmas kota Blangkejeren, dr. Witono, 2 Pleton Personel Kodim 0113/GL, 1Orang Pleton Personel Kompi Senapan B Sangir Gayo Lues, 1 Pleton Personel Kompi Brimob 4 Batalyon C Pelopor, 1 Pleton Personel Sat Samapta Polres Gayo Lues, 1 Pleton Personel Bhabinkamtibmas Polres Gayo Lues, 1 Pleton Personel Satpol-PP Gayo Lues,1 Pleton Personel BPBD Kab. Gayo Lues, 1 Pleton Personel Pemadam Kebakaran Kab. Gayo LuesPleton Personel Polhut Kab. Gayo Lues, 1 Pleton Personel Dishub Kab. Gayo Lues,1 Pleton Personel Pramuka Gayo Lues, 1 Pleton Team Nakes Kab. Gayo Lues, Insan Pers.

Kapolres Gayo Lues Polda Aceh AKBP Efrianza SIK melalui Kasihumas AKP Zulfikar SH menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun nya guna melatih terus tentang Manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat, ini penting sekali pascabencana harus terus diperbaiki karena kecepatan itu yang juga dinanti rakyat, kecepatan respons yang harus terus-menerus ditingkatkan. Semua rencana kontinjensi dan rencana operasi saat tanggap darurat harus dapat diimplementasikan dengan cepat dan sekali lagi menyelamatkan korban, jelasnya.

Untuk susunan Tata Tertib Acara Apel sbb :
– Persiapan
– Pembina Apel Memasuki Lapangan Apel
– Penghormatan Pasukan Kepada Pembina Apel
– Laporan Komandan Apel Kepada Pembina Apel Dilanjutkan Pemeriksaan Pasukan
– Amanat
– Laporan Komandan Apel Kepada Pembina Apel
– Pembina Apel Meninggalkan Lapangan Apel
– Pasukan Dapat di Istirahatkan Melalui Komandan Apel
– Dilanjutkan :
a. Gladi Peta,
b. Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan
c. Penanggulangan Kebakaran Pemukiman

Sambutan PJ.Bupati Gayo Lues, Drs.H.Alhudri, M.M, dalam kegiatan ini sbb :
– Daerah kita adalah kawasan yang rawan terhadap bencana, baik bencana kebakaran, banjir dan longsor maupun bencana lainnya, Bencana Alam dapat terjadi kapan dan di mana saja. sebagai langkah antisipasi, perlu kesiapan dari seluruh unsur. mulai dari Pemerintah, Jajaran TNI/POLRI, Organisasi Masyarakat seperti (PMI DAN PRAMUKA) serta Stakeholder lainnya.

– Masih jelas dalam ingatan kita, beberapa bencana kebakaran melanda pemukiman penduduk kita, belum lagi Bencana Longsor dan Banjir. tentunya kita telah diberi pengalaman, dan pelajaran yang sangat luar biasa, bagaimana menangani bencana tersebut, baik saat bencana maupun pasca bencana.

Baca Juga :  Wakil Bupati Gayo Lues Resmi Menutup Bimtek Produksi Pakan Ikan yang Digelar BNNK

– Saya selaku Pimpinan Daerah sangat menyambut baik atas Pelaksanaan Latihan Penanggulangan Tanggap Bencana pada hari ini, Oleh karena itu, maka dalam kesempatan ini, saya ingin menegaskan beberapa hal:

1). Jangan sibuk membuat aturan, tapi yang utama adalah pelaksanaan di lapangan, karena hal itu yang dilihat oleh masyarakat. yang pengendaliannya utama adalah penegakan aspek standar dan standar penanganan bencana di lapangan, segera melakukan koreksi dan penguatan apabila tidak sesuai dengan standar- yang ada.

2). Kebijakan untuk mengurangi risiko bencana harus benar- terintegrasi. Apa yang dilakukan di hulu, di tengah dan di hilir betul- diperhatikan, tidak boleh ada ego sektoral dan juga ego daerah. semuanya harus benar- terintegrasi. Semuanya saling mengisi dan saling menutupi.

3). Manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat, ini penting sekali pascabencana harus terus diperbaiki karena kecepatan itu yang juga dinanti rakyat, kecepatan respons yang harus terus-menerus ditingkatkan. Semua rencana kontinjensi dan rencana operasi saat tanggap darurat harus dapat diimplementasikan dengan cepat dan sekali lagi menyelamatkan korban.

4). Memberikan edukasi dan literasi kepada kebencanaan, masyarakat terkait dengan terus- ditingkatkan, mulai dari lingkup sosial yang paling kecil yaitu keluarga dan melakukan simulasi bencana secara rutin di daerah-daerah yang rawan bencana, sehingga warga semakin siap menghadapi bencana yang ada.

Kegiatan Apel selesai pada Pukul 10:00 Wib dilanjutkan dengan Simulasi Penanggulangan Kebakaran, Jelas Kapolres (Abdiansyah)

Berita Terkait

Satreskrim Polres Gayo Lues Berhasil Amankan Empat Pelaku Perjudian
Kapolres Gayo Lues, Wakapolres, dan PJU Polres Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H/2024 M Bersama Personel
Suasana Libur Lebaran, Babinsa Koramil 06/Tripe Jaya Pantau Obyek Wisata Guna Terjaganya Kondusifitas Wilayah
Putra/Putri Tribrata Gayo Lues (PPTGL) Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Melakukan Pembagian Takjil Kepada Masyarakat
Proyek Peningkatan Struktur Jalan Kedah – Kongbur Diduga Asal Jadi
Satbinmas Polres Gayo Lues Gelar Apel Binkorpolsus dengan Personel UPTD KPH V Gayo Lues
Cegah Tindak Pidana Penyalahgunaan BBM, Kapolsek Kutapanjang Berikan Imbauan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M
Anggota DPRK Gayo Lues Minta Segera Diperbaiki Jika Tidak Sesuai Akan Dibahas Dirapat Dewan
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 26 April 2024 - 11:54 WIB

Sebanyak 145 Calon Lulus Verifikasi Rikmin Panitia Pembantu Penerimaan Bintara Gelombang II TA 2024 Polres Sergai

Jumat, 26 April 2024 - 11:51 WIB

Polres Tebingtinggi Laksanakan Patroli Bersinggungan di Perbatasan Wilayah Antisipasi Kriminalitas

Jumat, 26 April 2024 - 11:49 WIB

Asik Main Game, Pengangguran Ditangkap Sat Narkoba Polres Tebingtinggi Karena Kantongi Sabu

Jumat, 26 April 2024 - 11:46 WIB

Dekatkan Diri, Sat Binmas Polres Tebingtinggi Silaturahmi Kepada Masyarakat

Jumat, 26 April 2024 - 11:44 WIB

Lapas Tebingtinggi Ziarah Taman Makam Pahlawan Sambut Peringatan HBP Ke-60 Tahun 2024

Jumat, 26 April 2024 - 11:34 WIB

Shin Tae-yong Menciptakan Sejarah Untuk Timnas Indonesia Menjadi Lebih Baik

Jumat, 26 April 2024 - 11:30 WIB

Optimalisasi Program Hanpangan, PPAD Sumut Bidani Pembentukan Poktan

Kamis, 25 April 2024 - 23:07 WIB

Satgas Yonif 125/SMB Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat

Berita Terbaru