Kiprahnya ASPEKSINDO Ketua Dewan Pembina Drs.Sokhiatulo Laoli MM, Mari Terus Kembangkan

LIA HAMBALI

- Redaksi

Minggu, 26 November 2023 - 13:25 WIB

40465 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Jakarta Utara. Agaranews.com //Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menggelar kegiatan ASPEKSINDO Maritime Fest (AMF) 2023. Kegiatan itu dengan mengusung tema “Maritim Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” yang berlangsung di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Danau Sunter, Jakarta Utara. Jumat (24/11/2023).

Ketua Dewan Pembina ASPEKSINDO, Drs. Sokhiatulo Laoli MM dalam sambutannya mengajak para pengurus dan anggota ASPEKSINDO untuk merefleksikan kembali semangat dan komitmen dalam menjadikan laut sebagai sumber potensi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan bagi negara Indonesia. 26/11/2023.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pasalnya, dalam kiprahnya ASPEKSINDO selama enam tahun perjalanan, kita telah bersama-sama berkontribusi untuk memajukan daerah-daerah kepulauan dan pesisir serta mengoptimalkan potensi maritim yang dimiliki Indonesia.

Sokhiatulo Laoli menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan pesisir memiliki kekayaan luar biasa di sekitar lautannya. Maka diperlukannya strategi dan gagasan kreatif dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi maritim ini.

“Gagasan kreatif hanya akan menjadi arsip jika tidak di eksekusi secara matang dan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, daerah, stakeholder industri, dan masyarakat, ” Jelasnya.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Polri-TNI Bantu Warga Bersihkan Masjid di Bandar Khalipah

Diterangkannya, selaras dengan pembangunan berkelanjutan, kita dapat mengoptimalkan sumber daya laut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui kesatuan visi dan langkah nyata untuk mampu menghadirkan inovasi di sektor kelautan dan perikanan, Pariwisata Bahari, energi terbarukan, serta Infrastruktur Maritim.

Ianya memastikan bahwa pelabuhan-pelabuhan menjadi pintu gerbang ekonomi yang tangguh, serta menjadikan kawasan pesisir sebagai pusat kreativitas dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Dengan mengambil inspirasi dari keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang melimpah, kita dapat membentuk jati diri maritim Indonesia yang kuat di mata dunia. Melalui kolaborasi lintas sektor dan sinergi antar wilayah, kita membangun fondasi kokoh bagi masa depan Indonesia yang lebih baik, “Tegas Sokhiatulo.

Menurutnya, Rapat Koordinasi Nasional dan Nominasi Penghargaan ASPEKSINDO AWARDS 2023 menjadi momentum untuk memberikan apresiasi yang berarti dalam mengkonsolidasikan pemikiran politik maritim selama ini.

Berkaitan dengan hal itu, akan ada nominasi penghargaan ASPEKSINDO Awards dengan kategori pengembangan teknologi maritim, penerangan pulau terbaik, inovasi bahari terbaik, penjaga pulai perbatasan, penjaga kedaulatan maritim, teluk pesisir terbaik, peduli lingkungan pesisir terbaik, diplomasi maritim terbaik, tokoh inisiator kebijakan pembangunan daerah kepulauan, tokoh maritim RUU Daerah Kepulauan, dan kategori budidaya perikanan terbaik.

Baca Juga :  Rakerda PD IWO Asahan-Batubara Tahun 2022, Bupati : Saya Tak Alergi Kritik Untuk Kemajuan Kabupaten Asahan

Semua kategori tersebut merupakan hasil dari jerih payah perjuangan dalam menggali gagasan inovatif untuk menghadapi tantangan dan peluang di bidang maritim.

“Terimakasih atas sinergi, kolaborasi, dan semangatnya untuk enam (VI) tahun perjalanan APEKSINDO hinga saat ini, “Pintanya.

Pada akhir Sambutannya, Sokhiatulo Laoli mengajak secara khusus seluruh Kepala Daerah dan jajaran untuk dapat terus aktif di organisasi Aspeksindo ini agar dapat saling bertukar pikiran, pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan saling bekerjasama dalam upaya memajukan bangsa kita cintai ini melalui Daerah Kepulauan dan Pesisir yang berkemajuan.

“Saya berharap semoga potensi maritim akan terus maju dan berdampak selalu untuk kemajuan Indonesia, ” Pungkasnya Mengakhiri.

Untuk diketahui, Kegiatan itu dirangkaikan berbagai said event yaitu Expo UMKM, Coaching UMKM Maritim, Forum Bisnis kemaritiman, Seminar Nasional Kemaritiman, Rapat Koordinasi Nasional, Penebaran bibit ikan danau sunter, Lomba Masak Hasil Laut, Lomba Seni Maritim, Senam Massal dan Konser Musik. (Tim)

Berita Terkait

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Laksanakan Donor Darah di Perbatasan
Pengamanan Malam Minggu, Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan
Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho Berpeluang Jabat Pj Gubernur Lampung
Panglima TNI Menghadiri Sertijab US Indopacom Commander di Hawaii, AS
Unik Diplomasi Peacekeeper Indonesia Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL 2024
Polsek Kutabuluh Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Pagi Hari, Untuk Mewujudkan Kamseltibcarlantas
Sambang DDS, Bhabinkamtibmas Polsek Mardingding Ajak Masyarakat Tolak Narkoba
Sat Pam Obvit Polres Tanah Karo Laksanakan Patroli Siang Sambang Objek Vital

Berita Terkait

Minggu, 5 Mei 2024 - 00:19 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Laksanakan Donor Darah di Perbatasan

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:52 WIB

Pengamanan Malam Minggu, Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:22 WIB

Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho Berpeluang Jabat Pj Gubernur Lampung

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:10 WIB

Panglima TNI Menghadiri Sertijab US Indopacom Commander di Hawaii, AS

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:05 WIB

Unik Diplomasi Peacekeeper Indonesia Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL 2024

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:30 WIB

Sambang DDS, Bhabinkamtibmas Polsek Mardingding Ajak Masyarakat Tolak Narkoba

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:27 WIB

Sat Pam Obvit Polres Tanah Karo Laksanakan Patroli Siang Sambang Objek Vital

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:23 WIB

Maksimalkan Upaya Preventif Pencegahan Gangguan Kamtibmas Khususnya Narkoba, Polres Tanah Karo Patroli Malam Hari

Berita Terbaru