PJ Bupati Bener Meriah Harapan Rakyat

Hidayat Desky

- Redaksi

Kamis, 21 April 2022 - 12:14 WIB

40342 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bener Meriah –agaranews.com. Ada 76 Bupati dan 18 Walikota di yang tersebar di 25 Provinsi diseluruh Indonesia yang akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2022 ini. Di Provinsi Aceh tercatat ada 20 Bupati dan Walikota yang akan segera mengakhiri masa jabatannya.

Kabupaten Bener Meriah, Bupati Sarkawi dan Wakil Bupati Dailami, akan mengakhiri masa jabatannya tanggal 14 Juli 2022 ini.

Sesuai dengan undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati Dan Walikota, bahwa setelah tahun 2020, pelaksanaan Pilkada akan digelar serentak secara keseluruhan pada tahun 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemungutan suara yang akan dilakukan secara serentak dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota di seluruh negara kesatuan Republik Indonesia akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2024, demikian bunyi pasal 201 poin 8.

Untuk mengisi kekosongan seluruh daerah tersebut akan di isi oleh pejabat (Pj) kepala daerah yang akan ditunjuk atau diangkat oleh Menteri dalam Negeri (Mendagri), sesuai UU nomor 10 tahun 2016 yang telah disempurnakan, menjadi UU nomor 6 tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan walikota.

Chaidir Toweren putra gayo yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Moeldoko Center Aceh , Sekretaris Ormas Brigade Anak Serdadu dan ketua OKK DPP Jaringan Wartawan Indonesia menanggapinya, karena akan ada implikasi di bidang politik, dimana pergantian 20 kepala daerah di kabupaten/Kota di Aceh dan salah satunya Kabupaten Bener Meriah legitimate secara politik.

Hal ini karena kepala daerah yang lama dipilih melalui proses Pemilihan sementara kepala daerah yang baru hanya ditunjuk oleh Kemendagri.

Nah, disaat itu akan muncul sebuah pertanyaan dibidang administratif apakah pergantian kepala daerah ini, akan menjamin roda pemerintahan akan berjalan secara efektif ?

Baca Juga :  Kodim 1430/Konawe Utara Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Alam

Lalu kemudian belum tentu kepala daerah yang baru memiliki power yang sama dengan kepala daerah sebelumnya. Satu lagi apakah kepala daerah yang baru akan bersikap netral ?

Bila kita melihat, syarat yang sudah ditentukan oleh Pemerintah untuk para calon Pj kepala daerah, sesuai UU nomor 6 tahun 2020, Pj kepala daerah yang akan ditunjuk oleh Kemendagri adalah sosok yang mempunyai pengalaman dibidang pemerintahan, yang dibuktikan dengan riwayat jabatan, menduduki jabatan struktural esselon I dengan pangkat golongan sekurang-kurangnya IV/C untuk seorang Pejabat Gubernur dan jabatan struktural Esselon II dengan pangkat golongan sekurang-kurangnya IV/B untuk calon Pejabat Bupati/Walikota.

Lalu kemudian sempat ada beberapa wacana untuk mengisi kekosongan pejabat kepala Daerah di kabupaten/kota sebaiknya di isi oleh para sekretaris Daerah Masing-masing karena selain lebih mengetahui secara admnistrasi daerah juga akan mengetahui dan mampu meneruskan program-program yang tertunda atau yang belum terlaksana.

Kemudian muncul lagi sebuah ide dari mantan direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Djohermansyah Djohan mengusulkan lebih baik kepala daerah diperpanjang masa jabatannya. Karena pengangkatan pj itu nantinya akan beresiko menimbulkan jual beli jabatan.

Menurutnya, persoalan kekosongan masa jabatan kepala daerah tidak perlu dijawab dengan pengisian pejabat sementara dari ASN. Pasalnya mereka terbiasa dengan mengurus pelayanan publik bukan birokrasi pemerintah. Oleh karena itu maka solusi singkat adalah mengusulkan perpanjangan masa jabatan menjadi sebuah solusi dan memiliki resiko yang rendah dan lebih aman dari segala hal yang berbau suap dan terhindar dari proses transaksional yang dapat menganggu kualitas pemilu nantinya.

Dari banyak hal usulan dan ide diatas, Chaidir berharap bila memang pejabat yang akan mengantikan seluruh kekosongan dari kalangan pejabat ASN, maka hal terbaik yang dilakukan adalah dengan cara melakukan seleksi terbuka. Karena akan membuka peluang bagi putra daerah sendiri yang akan mengikuti proses pemilihan kepala daerah yang mengalami kekosongan.

Baca Juga :  Satgas Yonif 122/TS Hadiri Acara Pengucapan Syukur Lepas Sambut Tahun 2023-2024 Ikatan Keluarga Batak di Kabupaten Keerom

Dimana nanti bila hal ini dilakukan maka proses perekrutan pejabat kepala daerah minimal prosesnya sudah menjadi transparan, melibatkan publik dan adanya panitia seleksi dari kalangan independen. Dan yang terpenting bisa membuka peluang dari kalangan ASN yang ada didaerah masing-masing.

Mengapa demikian, setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, pun demikian seandainya pejabat nantinya tetap bersumber dari ASN yang berada di lingkungan pemerintahan tingkat I, maka diikutkanlah para pejabat dari daerah asalnya, untuk para calon pejabat tersebut.

Apalagi kabupaten Bener Meriah, harus ditempatkan oleh orang-orang yang memiliki rasa tanggung jawab dan kecintaan akan kabupaten ini. Karena semua orang pasti tahu, pembangunan di kabupaten Bener Meriah mengalami stagnan selama dua dekade, hal itu terjadi dikarenakan dua pemimpin di kabupaten penghasil kopi dan holtikultura tersebut harus kandas di tengah jalan akibat terganjal kasus yang mengakibatkan adanya pergantian dan peralihan kepemimpinan didaerah tersebut.

Lemahnya tatanan birokasi dan pengawasan birokrasi di sebabkan suhu politik yang selalu memanas sehingga pembangunan dan reformasi birokrasi yang baik menjadi terabaikan. Kami masyarakat sangat merindukan orang yang benar-benar tulus yang akan menjadi pejabat didaerah ini.

Karena yang masyarakat inginkan adalah pembangunan dan layanan publik yang baik dan benar.
Penempatan para pejabat sesuai latar belakang pendidikan adalah tonggak utama untuk kembali menjadikan pemerintahan yang baik, serta menempatkan orang-orang yang benar-benar bekerja sebagai pejabat bukan dikarenakan kedekatan atau keluarga sehingga pemerintahan mengalami kemunduran. Buka ruang terbuka bagi para ASN yang memiliki prestasi bukan malah sebaliknya. (Jend)

Korwil Aceh Mr Padang

Berita Terkait

Gandeng Tiga Partner Bisnis Lokal, Nusantara Star Connect Atasi Kesenjangan Digital Daerah 3T Sumatra Utara Dengan Internet VSAT Starling 
Dandim 0207/Simalungun Hadiri Perayaan Paskah Okuimene Pemerintah Kabupaten Simalungun Bersama Forkopimda Dan Masyarakat Tahun 2024
Babinsa 17/Wonosegoro Kodim 0724/ Boyolali Selalu Hadir dan Menyumbangkan Darahnya
Pantau Persediaan sembako, Babinsa Sidak Kios
Ubah Lahan Kosong Menjadi Produktif, Langkah Kreatif Kodim 0801/Pacitan Melalui Budidaya Ikan Lele
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Ajar Pendidikan Jasmani Kepada Siswa Perbatasan
MTQ Ke-56 Kabupaten Tapanuli Selatan Dibuka, Lombakan 14 Cabang
Jum’at Berkah : Korem 031/Wira Bima Bagikan Makan Siang Gratis Bagi Siswa dan Siswi Sekolah Dasar

Berita Terkait

Sabtu, 27 April 2024 - 06:26 WIB

Gandeng Tiga Partner Bisnis Lokal, Nusantara Star Connect Atasi Kesenjangan Digital Daerah 3T Sumatra Utara Dengan Internet VSAT Starling 

Sabtu, 27 April 2024 - 01:08 WIB

Dandim 0207/Simalungun Hadiri Perayaan Paskah Okuimene Pemerintah Kabupaten Simalungun Bersama Forkopimda Dan Masyarakat Tahun 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 00:22 WIB

Babinsa 17/Wonosegoro Kodim 0724/ Boyolali Selalu Hadir dan Menyumbangkan Darahnya

Sabtu, 27 April 2024 - 00:17 WIB

Pantau Persediaan sembako, Babinsa Sidak Kios

Sabtu, 27 April 2024 - 00:14 WIB

Ubah Lahan Kosong Menjadi Produktif, Langkah Kreatif Kodim 0801/Pacitan Melalui Budidaya Ikan Lele

Sabtu, 27 April 2024 - 00:05 WIB

MTQ Ke-56 Kabupaten Tapanuli Selatan Dibuka, Lombakan 14 Cabang

Jumat, 26 April 2024 - 21:34 WIB

Jum’at Berkah : Korem 031/Wira Bima Bagikan Makan Siang Gratis Bagi Siswa dan Siswi Sekolah Dasar

Jumat, 26 April 2024 - 21:23 WIB

Pangkoarmada I Pantau Keamanan Pelayaran Laut Natuna

Berita Terbaru

HEADLINE

Pantau Persediaan sembako, Babinsa Sidak Kios

Sabtu, 27 Apr 2024 - 00:17 WIB