Wamen ART/BPN Secara Simbolis Serahkan Sertifikat Tanah Di Kabupaten Bener Meriah

Hidayat Desky

- Redaksi

Kamis, 11 Februari 2021 - 15:29 WIB

40531 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Redelong : Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Dr. Suyra Tjandra, SH. LLM menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah untuk masyarakat Kabupaten Bener Meriah saat melaksanakan Kunjungan kerjanya di Kabupaten Negeri diatas awan, Rabu (10-02-2021)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Penyerahan sertifikat tanah tersebut berlangsung di Aula Pendopo Bupati saat kegiatan temu ramah dengan Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, unsur Forkopimda serta jajaran dilingkungan pemkab setempat.

Tampak hadir dalam rombongan Wamen ART/BPN RI Direktur Pemberdayaan Hak Atas Tanah Masyarakar, Direktur Pengukuran dan Pemetaan dasar Pertanahan dan Ruang Pemetaan, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh serta rombongan. Sementara itu turut mendampingi Bupati Bener Meriah pada acara Kunker Wamen ART/BPN RI adalah Unsur Forkopimda-Forkopimda Plus Bener Meriah, , Para Pejabat Perangakat Daerah Kabupaten Bener Meriah beserta seluruh jajaran, Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah, dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bener Meriah, serta rekan-rekan dari media cetak dan eklektronik.

 

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam temu ramah tersebut kepada Wamen ART/BPN RI mengucapkan selamat datang kepada Wamen dan rombongan di Kabupaten Bener Meriah. “Selamat datang pak Wamen ART/BPN RI Dr. Surya Tjandra beserta rombongan di Tanoh Gayo, negeri diatas awan, negeri kopi. Tiada hari tanpa ngopi, kalau Bahasa ilmiah disini gere ara kupi gere ara cerite, ara kupi dele cerite, len kupi len cerite (gak ada kopi gak ada cerita, ada kopi banyak cerita, lain kopi lain cerita-red),”demikian ucapan awal bupati kepada Wamen beserta rombongan dan disambut dengan tepukan yang menggema di dalam ruangan Aula Pendopo bupati saat itu.
Bupati Bener Meriah tersebut juga menyampaikan kepada Wamen ART/BPN RI terkait efek bila telah meminum kopi Gayo, “Pak Wamen hati-hati kalau minum kopi Gayo, efeknya membuat kopi lain tidak enak lagi,”ucap Bupati yang disambut dengan senyum tawa Wamen dan rombongan ketika itu.

Baca Juga :  Wujud Kepedulian Tali Asih, Satgas Yonif 623 Bagikan Sembako Kepada Warga

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan awal mula terbentuknya Kabupaten Bener Meriah tersebut dari kabupaten induknya Aceh Tengah, serta jumlah kecamatan dan jumlah desa yang saat ini dimiliki oleh Kabupaten Bener Meriah. “Usia Kabupaten Bener Meriah baru 17 Tahun, saat ini kami dalam tahab berbenah, membenahi inprastruktur kabupaten, membenahi perekonomian, kemasyarakatan dan lain sebagainya. Tentu usia 17 Tahun menjadi sebuah kabupaten masih relative muda, banyak sekali PR-PR yang harus kami benahi, disini kami membutuhkan masukan dan bimbingan, nasihat dan saran dari pemerintah atasan termasuk Kementerian agrarian untuk bagaimana mengatur tataruang dan sebagainnya, semuannya itu memerlukan bantuan dan bimbingan dari Kementerian,”kata Bupati.

Lebih jauh diterangkan Tgk. H. Sarkawi, bahwa Kabupaten Bener Meriah setiap tahu mendapatkan kuota untuk PTSL cukup besar, “kami atas masyarakat Bener Meriah menyampaikan terimakasih atas apa yang telah diberikan ke Kabupaten Bener Meriah, termasuk untuk Tahun 2021 ini ada 4000 pengukuran, sertifikat 2500, yang kalau ini dirupiahkan semuanya dananya cukup besar, tentunya kalau pemerintah daerah yang melakukan semua ini kami tidak memiliki anggaran yang cukup itu, maka kami berterimakasih. Kami meyakini bahwa sertifikat dan pengukuran ini adalah bagian dari solusi kita untuk mengatasi konflik masyarakat, bagi yang mendapatkan sertifikat tentu menfaatnya sudah berganda-ganda.
Selain itu Bupati Bener Meriah juga menyampaikan mayoritas masyarakat dikabupaten tersebut bergantung pada kopi yang mana hasilnya 100 % untuk masyarakat, tetapi kendala yang dihadapi terkait Status Lahan. Status tanah yang digunakan sebagian merupakan kawasan hutan, idealnya harus dijaga dan lindungi. Selain itu, Kabupaten Bener Meriah menjadi salah satu dari 5 daerah yang memiliki program penanaman Charvendise, lagi-lagi terkendala pada status lahan. “Untuk itu kami mengharapkan sentuhan dingin tangan Bapak Wamen ATR/BPN, agar permasalahan lahan ini dapat segera terselesaikan, sehingga kepastian lahan tersebut dapat tuntas, karena Bener Meriah ini adalah salah satu daerah yang memiliki tanaman berorientasi ekspor,” demikian sampai Bupati saat itu.

Baca Juga :  Silaturahmi DANREM 062/SK Dengan FORKOPIMDA, Tomas D Tokoh Lintas Agama

Kemudian Dr. Suryo Tjandra dalam sambutannya menanggapi, bahwa apa yang menjadi permasalahan yang ada di Kabupaten Bener Meriah sesuai yang disampaikan oleh Bupati akan ditindaklanjuti oleh pihak Kementerian. “Kami sampaikan catatan dari Bupati Bener Meriah, Kita akan buat Nota dinasnya,” ucap Surya sembari menambahkan bahwa kehadiran Negara dalam konteks Agraria adalah menjawab permasalah-permasalah yang ada di setiap daerah , khususnya Bener Meriah.

Usai melaksanakan temuramah di pendopo bupati, Wamen ART/BPN RI beserta rombongan didampingi oleh Bupati Bener Meriah serta Unsur Forkopimda dan sejumlah undangan lainnya menuju ke perkebunan pisang charvendise di Kecamatan Pintu Rime Gayo.(Irham/Tim HumasBM/Raja)

Berita Terkait

Satgas Yonif 125/SMB Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Perayaan Paskah – Pantekosta GPDI Se-Tanah Karo
Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan
Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal
Cegah Penyakit DBD Babinsa Banyudono Bantu Fogging di Desa Bendan
Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi
Peringati Hari Kartini Di Medan Tugas, KOOPS HABEMA Bersama Kartini Papua Semarakkan Kegiatan Teritorial
Meriahkan Hardikal Ke-78, Dankodikdukum On Air di Radio SS 100 FM

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 23:07 WIB

Satgas Yonif 125/SMB Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat

Kamis, 25 April 2024 - 22:27 WIB

Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan

Kamis, 25 April 2024 - 22:20 WIB

Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal

Kamis, 25 April 2024 - 22:16 WIB

Cegah Penyakit DBD Babinsa Banyudono Bantu Fogging di Desa Bendan

Kamis, 25 April 2024 - 22:13 WIB

Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi

Kamis, 25 April 2024 - 22:10 WIB

Peringati Hari Kartini Di Medan Tugas, KOOPS HABEMA Bersama Kartini Papua Semarakkan Kegiatan Teritorial

Kamis, 25 April 2024 - 22:05 WIB

Meriahkan Hardikal Ke-78, Dankodikdukum On Air di Radio SS 100 FM

Kamis, 25 April 2024 - 21:59 WIB

Mantaaappp,…!!! Tim Intel Kodim 0201/Medan Berhasil Ungkap Home Industri Miras Ilegal

Berita Terbaru