Warga Kudus siap jadi milyader,Mega proyek pembangunan jalan tol Demak-Tuban dengan panjang 180,58 kilometer akan melewati Kabupaten Kudus

Redaksi Jawa Tengah

- Redaksi

Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:56 WIB

40229 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kudus-AGARANEWS.COMĀ  Mega proyek pembangunan jalan tol Demak-Tuban dengan panjang 180,58 kilometer akan melewati Kabupaten Kudus. Di mana rencananya, ruas jalan tol yang melewati Kudus terbangun sepanjang 8,3 kilometer. Sedangkan luas tapak proyek sekitar 58,2 hektare, melewati 4 kecamatan dengan 13 desa.

 

Atas program tersebut, Kabupaten Kudus rencananya akan mendapatkan jatah exit tol dan rest area. Untuk rest area direncanakan akan dibangun di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo. Luasnya sekitar 5 hektar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

Sementara untuk exit tol sendiri, Pemkab Kudus mengusulkan agar dibangun di dua lokasi. Yakni di jalan lingkar timur dan lingkar selatan Kudus.

 

Hal tersebut disampaikan Bupati Kudus, HM Hartopo dalam rapat konsultasi publik penyusunan Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) pembangunan jalan tol ruas Demak-Tuban di Ruang Rapat Lantai IV Gedung A Setda Kudus, Selasa, 30 Agustus 2022.

 

Pihaknya mengungkapkan, rencana exit tol yang berada di jalan lingkar adalah untuk mengurai kemacetan di wilayah perkotaan.

 

Lalu, untuk rest area, Hartopo mengusulkan akses jalan tol menuju rest area dibuatkan jalan khusus untuk akses sepeda motor. Sehingga masyarakat yang ingin berjualan di rest area tidak harus menggunakan mobil. Serta, bisa dijangkau lebih mudah tanpa harus melewati ruas tol.

Baca Juga :  Mantan KSAD Wismoyo Arismunandar Meninggal Dunia

 

ā€œKalau rencana itu baru mengusulkan. Harapannya memang di sana (rest area) bisa jadi ikon yang bertaraf nasional. Selain bisa jadi ajang berkumpul berbagai komunitas, nantinya akan berdampak terjadinya perputaran ekonomi juga bisa mengangkat potensi UMKM lokal,ā€ jelas Hartopo.

 

Namun di samping itu semua, Hartopo atas nama Pemkab Kudus sangat mendukung rencana pemerintah dalam membangun ruas tol dan melewati Kabupaten Kudus. Hal ini mengingat manfaat jalan tol secara nasional dan khususnya bagi Kabupaten Kudus.

 

 

ā€œPembangunan jalan tol akan berdampak pada kelancaran lalu lintas serta mendukung pertumbuhan ekonomi kira. Di samping itu juga bisa meningkatkan pemerataan pembangunan yang ada di Kabupaten Kudus,ā€ katanya.

 

Kemudian, atas nama Pemkab Kudus pihaknya akan selalu mendampingi langkah yang diambil Kementerian PUPR sebagai leading sector pembangunan ruas jalan tol. Adanya Public Hearing bersama masyarakat kali ini diharapkan bisa memberikan masukan agar pembangunan tol nantinya bermanfaat bagi semuanya.

Baca Juga :  Ā Sat Sabhara Polrestabes Medan Pantau Posko PPKM Mikro Sekaligus Bagikan Makanan Kepada Masyarakat Kurang Mampu.

 

Dukungan dari masyarakat pun sangat diharapkan terkait realisasi pembangunan jalan tol ruas Demak-Tuban.

 

ā€œPeran Pemda melalui Dinas PUPR dan PKPLH pasti selalu mendampingi langkah yang akan diambil kementerian. Semoga terjalin kolaborasi yang baik antara PUPR, PKPLH, BPN, dan masyarakat agar saling mendukung terkait realisasi jalan tol,ā€ pintanya.

 

Sementara itu, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Reni Ahiantini yang hadir secara virtual mengatakan bahwa Kementerian PUPR akan turun langsung ke lokasi. Pihak kementerian akan melakukan survei lapangan terhadap AMDAL atas proyek pembangunan ruas tol Demak-Tuban.

 

ā€œPersiapan pembangunan ini akan kami survei langsung terhadap AMDAL yang berdampak di masyarakat. Jalan tol ini melintas 2 provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Kudus melewati 4 kecamatan dan 13 desa di Kabupaten Kudus,ā€ jelasnya.

 

Dirinya berharap setiap konsultasi publik yang dilakukan mendapat masukan dari pihak terkait khususnya masyarakat, terhadap rencana pelaksanaan realisasi kegiatan pembangunan mega proyek tersebut.

BIRO KUDUS : Suparno ,Sutrisno

Red: Hand

Sutrisno

Berita Terkait

Satgas Yonif 125/SMB Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat
Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Perayaan Paskah – Pantekosta GPDI Se-Tanah Karo
Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan
Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal
Cegah Penyakit DBD Babinsa Banyudono Bantu Fogging di Desa Bendan
Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi
Peringati Hari Kartini Di Medan Tugas, KOOPS HABEMA Bersama Kartini Papua Semarakkan Kegiatan Teritorial
Meriahkan Hardikal Ke-78, Dankodikdukum On Air di Radio SS 100 FM

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 23:07 WIB

Satgas Yonif 125/SMB Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat

Kamis, 25 April 2024 - 22:27 WIB

Satgas Yonif 509 Bagikan Daster dan Layanan Gratis Kesehatan

Kamis, 25 April 2024 - 22:20 WIB

Dankodiklatal Terima Courtessy Call Kadiskesal

Kamis, 25 April 2024 - 22:16 WIB

Cegah Penyakit DBD Babinsa Banyudono Bantu Fogging di Desa Bendan

Kamis, 25 April 2024 - 22:13 WIB

Bersama Warga, Babinsa Gotong Royong Bangun Talud Irigasi

Kamis, 25 April 2024 - 22:10 WIB

Peringati Hari Kartini Di Medan Tugas, KOOPS HABEMA Bersama Kartini Papua Semarakkan Kegiatan Teritorial

Kamis, 25 April 2024 - 22:05 WIB

Meriahkan Hardikal Ke-78, Dankodikdukum On Air di Radio SS 100 FM

Kamis, 25 April 2024 - 21:59 WIB

Mantaaappp,…!!! Tim Intel Kodim 0201/Medan Berhasil Ungkap Home Industri Miras Ilegal

Berita Terbaru