Kapolres Sergai Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba Tahun 2023.

Hidayat Desky

- Redaksi

Selasa, 5 September 2023 - 10:57 WIB

40106 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SERGAI AGARANEWS.COM

Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP Oxy Yudha Pratesta, S.Ik memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba Tahun 2023 di Mapolres Sergai Jalan Negara, Sei Rampah, Sergai Sumatera Utara, Senin 04 September 2023 sekira pukul 08:10 wib

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2023 dilaksanakan dengan Rangka meningkatkan Masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Hukum Polres Sergai dengan mengusung tema Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Kapolres Sergai AKBP OXY Pratesta SIK dalam pidatonya menyampaikan amanat Kapolda Sumut bahwanya Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra tahun 2023 hari ini merupakan bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan operasi Zebra Toba 2023 baik pada aspek personil, sarana, dan prasarana termasuk keterlibatan unsur instansi terkait.

“Sebagaimana kita ketahui bersama permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Sumatera Utara masih sangat memprihatinkan, hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran terhadap peraturan berlalu lintas dan kepatuhan para pengguna jalan”, terangnya

AKBP OXY juga menyampaikan, bahwa berdasarkan data yang ada sepanjang Tahun 2023 telah terjadi 91.841 kasus pelanggaran lalu lintas seperti, Tilang ETLE statis sebanyak 5.282 orang, Tilang ETLE mobile sebanyak 282 orang, Tilang di tempat sebanyak 1.443 orang, dan Tilang teguran sebanyak 83.824 orang

Baca Juga :  Team Gempur Covid-19 Polsek Tanjung Beringin Gelar Ops Yustisi.

Sedangkan untuk data kecelakaan lalu lintas Tahun 2023 telah terjadi 3.855 kasus yang mengakibatkan kerugian materil maupun korban jiwa antara lain, Meninggal dunia sebanyak 884 orang, Luka berat sebanyak 1.246 orang, Luka ringan sebanyak 4.545 orang, Kerugian material sejumlah Rp.11.332.220.000 (Sebelas miliar tiga ratus tiga puluh dua juta dua ratus dua puluh tiga rupiah).

Operasi Zebra Toba 2023 merupakan operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung dengan penegakan hukum secara elektronik dan tilang di tempat serta teguran yang humanis bagi pelanggar lalu lintas, Paparnya membacakan amanat Kapolda Sumut.

“Selain itu operasi Zebra Toba 2023 juga bertujuan sebagai sarana cipta kondisi menjelang pelaksanaan OPS Mantap Brata Toba 2024 di mana dalam pelaksanaannya selain memberikan adaptasi mengenai tata cara berlalu lintas yang baik kepada masyarakat sekaligus membentuk karakter masyarakat yang disiplin dan taat kepada aturan hukum yang berlaku”, Urainya.

Dalam amanat Kapolda Sumut yang dibacakan Kapolres Sergai AKBP Oxy tertuang 8 (Delapan) prioritas pelanggaran lalu lintas yang menjadi target pada Operasi Zebra 2023, Pengendara menggunakan Ponsel di saat berkendara, Pengendara melawan arus, Pengemudi atau pengendara di bawah umur, Pengendara berboncengan lebih dari satu orang, Pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, dan Pengendara Mobil tidak menggunakan Safety Belt, Melebihi batas kecepatan, Pengemudi dengan pengaruh alkohol, serta Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dengan knalpot brong (Tidak standar).

Baca Juga :  Minggu Kasih,Polres Sergai Berikan Bantuan Sembako Kepada Jemaat Gereja Pentakosta Indonesia*

Diakhir amanat Kapolda Sumut berpesan, agar senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah, Utamakan faktor keamanan, dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, Lakukan operasi sesuai prosedural tidak arogan dengan simpatik dan humanis 3 S (Sabar, Sopan dan Senyum).

Kemudian kepada para perwira selaku pengendali dan bit propam serta edwasda selaku pengumuman fungsi pengawasan harus mampu melakukan pengawasan melekat terhadap personil dalam pelaksanaan operasi Zebra Toba 2023, dan Jadilah teladan dalam berlalu lintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat, Ujar Kapolres Sergai mengakhiri.

Turut menghadiri kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sergai Adlin Yusri Tambunan, Mewakili Kajari Sergai Kasi Dedi Darmo L.T Saragih SH mewakili Dandim 0204/DS Danramil Sei Rampah Kapten Inf. Sucipto, Kasat Pol PP Sergai Muhammad Wahyudi, S.STP, M.Si, Kepala BPBD Sergai Frits Ueki Prapanca Damanik, Para PJU Polres Sergai, mewakili Kaban Kesbangpol Ewin Tarigan, dan Perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Sergai.

(HARIANTO SIAHAAN)

Berita Terkait

Gubuk Lokasi Transaksi Narkoba di Dolok Masihul Digerebek Polisi
Pendekatan Sosiologis Peduli Pelajar Guna Pastikan Keamanan Kondusif, Polsek Kotarih Edukasi Pelajar
Mobil Truk Tronton Mogok Ditabrak Kereta Api di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan
Seru ! Shooting Fun Kapolres Cup, Tim Satres Narkoba Digawangi AKP Iwan Hermawan Raih Juara Pertama.
Indahnya Berbagi Rasa Dalam Rangka Jumat Barokah Polsek Perbaungan.
Bravoo ! Tim Reskrim Polsek Teluk Mengkudu Amankan Pria Pelaku 351.
Sinergitas Polsek Kotarih Bersama Wartawan, Guna Dukung Ciptakan Kamtibmas Kondusif
Selamatkan Anak Bangsa ! Kasat Narkoba Polres Sergai Dampingi Waka Polres Pada Paparan Pemusnahan Narkotika Jenis Sabu Seberat 2,7 Kg

Berita Terkait

Minggu, 5 Mei 2024 - 00:19 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK Laksanakan Donor Darah di Perbatasan

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:52 WIB

Pengamanan Malam Minggu, Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:22 WIB

Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho Berpeluang Jabat Pj Gubernur Lampung

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:10 WIB

Panglima TNI Menghadiri Sertijab US Indopacom Commander di Hawaii, AS

Sabtu, 4 Mei 2024 - 23:01 WIB

Polsek Kutabuluh Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Pagi Hari, Untuk Mewujudkan Kamseltibcarlantas

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:30 WIB

Sambang DDS, Bhabinkamtibmas Polsek Mardingding Ajak Masyarakat Tolak Narkoba

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:27 WIB

Sat Pam Obvit Polres Tanah Karo Laksanakan Patroli Siang Sambang Objek Vital

Sabtu, 4 Mei 2024 - 22:23 WIB

Maksimalkan Upaya Preventif Pencegahan Gangguan Kamtibmas Khususnya Narkoba, Polres Tanah Karo Patroli Malam Hari

Berita Terbaru