Akibat Pemerintah AS kirim BTC Senilai USD 240 Juta ke Coinbase, Performa Bitcoin Turun ke Bawah level USD 62.000

Muhpijar

- Redaksi

Rabu, 3 Juli 2024 - 11:00 WIB

4051 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pekan lalu, harga Bitcoin (BTC) kembali merosot mendekati level USD 60,000 setelah alamat wallet milik Pemerintah AS memindahkan sekitar USD 240 juta dari Bitcoin yang disita ke Coinbase Prime. Tindakan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan para trader bahwa aset digital tersebut mungkin akan dijual.

Harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini tergerus akibat aksi jual investor di saat kondisi suku bunga tinggi. Pergerakan Bitcoin juga dipengaruhi oleh rencana untuk mendistribusikan BTC kepada para kreditur Mt. Gox pada awal Juli. Sentimen ini menjadi salah satu faktor yang membuat investor lebih memilih untuk menunggu dan melihat perkembangan kondisi saat ini.

sumber: akun X milik Arkham (@ArkhamIntel)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut informasi di sebuah unggahan pada media sosial, terdapat sekitar 3.940 Bitcoin yang awalnya disita dari seorang penjual Silk Road dipindahkan oleh wallet tersebut. Unggahan media sosial dari Arkham Intelligence menyatakan bahwa Bitcoin tersebut awalnya disita dari pengedar narkoba bernama Banmeet Singh dan disita di persidangan pada Januari 2024.

Pemerintah AS sebelumnya menyita sekitar 50.000 Bitcoin pada 2 April 2022 terkait dengan Silk Road, sebuah situs web yang dikenal sebagai pasar gelap untuk perdagangan ilegal. Tindakan ini merupakan bagian dari upaya penegakan hukum untuk menghapus aktivitas ilegal di pasar aset kripto. Pada Maret 2023, pemerintah mengkonfirmasi penjualan terakhir dengan jumlah 9.861 koin senilai USD 216 juta.

Baca Juga :  Ini Alasan Kenapa WhatsApp Official Centang Hijau Tidak Bisa Untuk Akun Pribadi

Namun, setelah penurunan awal, harga Bitcoin sedikit pulih kembali ke USD 61,100 meskipun masih menunjukkan penurunan sebesar 1% dalam periode 24 jam terakhir.

“Performa dari Bitcoin memang selalu menjadi sorotan apalagi setelah terdeteksinya perpindahan aset dalam jumlah yang besar dari suatu wallet ke dalam wallet crypto exchange, Coinbase senilai USD 240 juta membuat reaksi pasar bersiap untuk melakukan aksi penjualan aset BTC. Penurunan harga BTC sebesar 5% adalah akibat dari aksi jual Pemerintah AS atas BTC yang disita.” Ujar M Yusuf Musa, Head of Strategy Nanovest.

Bagi para investor, peluang ini dapat digunakan untuk berburu aset kripto yang memiliki potensi dan sedang mengalami koreksi karena pengaruh faktor eksternal, meskipun faktor internal dari perkembangan proyek tersebut sebenarnya mengalami peningkatan yang positif. Selain itu, bagi para trader volatilitas yang sedang tinggi baik di Bitcoin maupun altcoin saat ini tentu menarik, terutama bagi trader pemula yang belum terbiasa dengan fluktuasi harga yang besar.

“Aksi jual yang dilakukan oleh Pemerintah AS hanyalah segelintir faktor yang membuat harga BTC turun, akan tetapi, efeknya tidak akan berlangsung lama. BTC masih di atas harga tertingginya dari siklus sebelum bulan April 2024. Para analis yakin BTC masih menjadi aset kripto dengan performa terbaik untuk semester 1 tahun 2024.” Ujar Musa, menambahkan.

Baca Juga :  Hasnul Suhaimi: Dari Tukang Solder Jadi CEO Beromzet 18T

Perlu diketahui, harga Bitcoin mengalami penurunan di pekan lalu, terjun di bawah level USD 62.000 atau sekitar Rp1,01 miliar. Berdasarkan data Coinmarketcap, pada Senin (2/7) pukul 13.00 WIB, Bitcoin terpantau tengah naik ke level harga USD 62.838.

Menjadi momentum dan kesempatan yang cocok untuk para trader pemula yang ingin memulai dan ingin investasi di Bitcoin, Harga Bitcoin bisa kamu lihat melalui aplikasi Nanovest sebagai Aplikasi investasi dengan koin kripto terlengkap, yang memiliki sampai dengan 600 pilihan aset kripto dan para investor dapat memulai investasi hanya dengan modal yang kecil yaitu cukup dengan 5000 rupiah saja.

Bagi investor baru yang ingin memulai, tidak perlu khawatir karena aset yang Anda miliki terlindungi oleh asuransi Sinar Mas agar terhindar dari risiko cybercrime. Nanovest juga telah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, sehingga aman untuk digunakan. Bagi para pelaku investasi yang tertarik menggunakan Nanovest, aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store atau App Store.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Berita Terkait

Mengenal BSP WhatsApp Barantum: Layanan, Fitur, Hingga Biayanya
DOT Token Di Jaringan BSC: Terobosan Baru dari Beli Finance X Cryptowatch!
MiiTel Connect Bedah Strategi Tingkatkan ROI Bisnis dengan Generative AI
Pasar Kripto Anjlok, Akankah Harga Solana Menyusul ke Bawah $100? Ini Analisisnya!
LindungiHutan Adakan Webinar Green Skilling, Kupas Tuntas ESG untuk Bisnis Berkelanjutan
Edward Hartanto, Mahasiswa Berprestasi BINUS UNIVERSITY: Menginspirasi Generasi Muda Melalui Clash of Champions
Sekolah Kebangsaan Putra Jaya Asal Malaysia Berhasil Menangkan Kompetisi Sebagai Sekolah Tersehat Se-Asia Pasifik
Event Fashionpreneur Scale Up, Kolaborasi Plugo dan JFH yang Bahas Inovasi dalam Bidang Fashion

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:06 WIB

Muda dan Berintegritas, Romadona Simbolon Layak Jadi Kepala Daerah

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:52 WIB

Dankodiklatal Hadiri Tupdik 129 Taruna AAL Angkatan Ke-69 Tahun 2024

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:48 WIB

Saya Pastikan Proses Seleksi Berlangsung Transparan Dan Standar Yang Ketat

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:38 WIB

Kapolsek Tanjung Balai Selatan Pimpin Jumat Curhat Dengarkan Saran dan Harapan Warga

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:34 WIB

Antisipasi Masuk Narkoba Melalui Kapal, Sat Polairud Polres Tanjung Balai Periksa Kapal Yang Masuk Perairan Tanjung Balai

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:31 WIB

Jumat Curhat Polsubsektor Datuk Bandar Timur Ingatkan Warga Agar Lapor Apabila Terjadi Gangguan Kamtibmas

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:28 WIB

Guna Mengetahui Situasi di Lingkungan Warga, Personel Polsek Tanjung Balai Utara Melaksanakan Jumat Curhat Guna Cooling System

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:06 WIB

Masyarakat Agandugume Antusias Dan Haru Menyambut Misi Kemanusiaan TNI

Berita Terbaru